Sabtu, September 28, 2024

Mitos Larangan Rumah Bertingkat di Karangkamulyan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis mempunyai banyak sekali mitos yang saat ini masih dipercaya warga.

Seperti salah satunya yakni mitos rumah bertingkat. Konon bagi masyarakat di Dusun Karangkamulyan itu dilarang membangun rumah tingkat dua.

Hal tersebut, konon dapat membawa kesialan dari mulai rezeki sampai kesehatan bagi warga yang membangun rumah tingkat dua tersebut.

Kepala Desa Karangkamulyan, U ygus Uswandi mengatakan, bahwa mitos rumah bertingkat di Dusun Karangkamulyan itu memang sudah ada sejak dulu, bahkan turun temurun.

“Jadi mitos tersebut kembali lagi ke masyarakat itu sendiri ada yang percaya dan ada juga yang menganggap itu hanya sugesti,” katanya, Senin (14/8/2023).

Menurutnya, mitos tersebut hanya ada di Dusun Karangkamulyan saja atau yang sekarang di sekitar Situs Ciung Wanara Karangkamulyan sampai Saketeng.

“Jadi tidak semua Dusun hanya dari sekitar Situs sampai Saketeng. Karena dulu di Saketeng itu adalah pintunya Kerajaan,” tuturnya.

Uus menjelaskan, bahwa mitos larangan membangun rumah bertingkat di Karangkamulyan, Ciamis.

Jika mengharukannya katnya nanti akan terjadi sesuatu terhadap warga yang membangun rumah bertingkat tersebut.

“Iya konon katanya kalau membangun rumah tingkat dua itu akan susah rezeki dan juga kesehatan, serta sampai kematian,” jelasnya.

Tapi, kata Uus mitos tersebut juga tidak semua warga mempercayainya, ada juga beberapa warga yang tetap berani membangun rumah tingkat dua.

“Iya karena mereka mungkin berfikir itu hanya sugesti saja. Karena itu juga kembali lagi kepada kepercayaan warga itu sendiri,” pungkasnya.(Ayu/AA/Djavatoday.com)

Bawaslu Ciamis Jelaskan Soal Pilihan Kotak Kosong di Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilkada Ciamis 2024 hanya diikuti calon tunggal yakni pasangan Herdiat-Yana dan akan berhadapan dengan kotak kosong. Bawaslu Ciamis menegaskan memilih kotak...

Lansia Tewas Tersambar Kereta Api di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang lansia yang diduga pikun, Madrasum (76) tewas tersambar kereta api, Jumat (27/9/2024) pagi. Warga Dusun Cibodas, Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok,...

Anggota Satlantas Polres Ciamis Bantu Dorong Mobil Warga yang Mogok di Tengah Jalan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis membantu mendorong mobil milik warga yang terhenti di tengah jalan karena mogok di Jalan...

Begini Penjelasan KPU Soal Kampanye Kotak Kosong di Pilbup Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh calon tunggal yakni pasangan Herdiat-Yana yang akan melawan kotak kosong. Kemudian apakah kotak kosong boleh dikampanyekan? Komisioner...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya