Kamis, September 19, 2024

Bapenda Ciamis Ajak Warga Bayar Pajak Bumi Bangunan Pakai QRIS

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Ciamis mengajak masyarakat bayar pajak bumi dan bangunan (PBB) menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard).

Salah satu upaya Bapenda dengan melakukan sosialisasi dalam acara Galuh Digital Festival di Taman Lokasana. Kegiatan itu berlangsung dua hari mulai Sabtu (10/6/2023).

Sekretaris Bapenda Ciamis Angga Yusman mengatakan kini pembayaran PBB tidak hanya dengan uang tunai ke pengumpul pajak. Namun bisa transaksi menggunakan uang digital dengan QRIS. Menurut Angga, ke depan masyarakat harus terbiasa melakukan transaksi dengan QRIS.

“Dalam event ini kesempatan kami memberikan sosialisasi sekaligus simulasi kepada masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan. Sehingga ke depan masyarakat bisa terbiasa membayar pajak menggunakan QRIS,” ungkapnya.

Bagi yang melakukan transaksi pajak menggunakan QRIS, Bapenda Ciamis telah menyediakan merchandise untuk para wajib pajak. Hal itu sebagai upaya untuk menarik minat masyarakat.

“Bayar pajak langsung di stand kami pakai QRIS akan dikasih merchandise dari Bapenda Ciamis,” ungkap Angga.

Ke depan masyarakat tidak lagi menitip bayar pajak bumi dan bangunan kepada pihak tertentu. Mengingat hal tersebut sangat rentan penyalahgunaan dan penyelewengan. Warga bisa lebih aman dan tenang bila menggunakan QRIS.

“Pembayaran dari QRIS ini langsung masuk ke kas daerah. Jadi lebih aman dan efisien,” jelasnya.

Angga menuturkan layanan pembayaran PBB menggunakan QRIS tersebut atas kerja sama antara Pemkab Ciamis dan Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Tasikmalaya.

“Event Galuh Digital Festival ini terselenggara berkat kolaborasi Pemda Ciamis dengan Bank Indonesia,” kata Angga.

Angga menyebut kerja sama tersebut sebagai salah satu upaya percepatan perluasan digitalisasi daerah dalam penggunaan pembayaran digital. (Ayu/CN/Djavatoday)

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...

Upaya Koramil 1307 Kawali Dampingi Petani Ciamis Selamatkan Tanaman Padi saat Kemarau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah lahan pertanian di Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengalami kekurangan air dampak kemarau. Hal ini membuat tanaman padi terancam....

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun...

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya