Selasa, September 17, 2024

Prestasi Akhir Tahun, Sakip dan RB Pemkab Ciamis Raih Predikat B

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis kembali meraih prestasi di penghujung akhir tahun 2022. Kali ini berdasarkan hasil evaluasi Sakip (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) dan Indeks Birokrasi (RB), Ciamis meraih predikat B untuk RPJMD periode 2021-2022.

Kepala Inspektorat Ciamis Ika Darmaiswara memantau langsung hasil evaluasi tersebut dari siaran YouTube Kemenpan RB di Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Ika Darmaiswara menjelaskan capaian ini merupakan kemajuan bagi Pemkab Ciamis. Hasil evaluasi capaian indeks Reformasi Birokrasi Pemkab Ciamis sebelumnya hanya masuk predikat CC.

“Capaian ini menunjukan ke arah lebih baik, sebelumnya Ciamis hanya meraih predikat CC. Tapi pada akhir tahun ini prestasi kita meningkat, Sakip dan RB Ciamis sudah masuk predikat B,” ujar Ika Darmaiswara.

Ika menjelaskan pada tahun 2022 ini, Pemkab Ciamis menyelesaikan 3 strategi. Pertama melakukan penguatan zona integritas. Kedua penguatan sistem evaluasi terutama untuk perangkat daerah. Ketiga yakni komitmen pemimpin dan jajaran dalam mengubah pola pikir dengan budaya kerja berakhlak.

Menurut Ika, capaian ini merupakan kinerja dan kolaborasi dari seluruh SKPD Pemkab Ciamis. Tujuannya untuk mewujudkan reformasi birokrasi Pemkab Ciamis. Dengan prestasi Ciamis ini juga harapannya untuk lebih memotivasi lagi dalam meningkatkan kinerja. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Alhamdulilah Ciamis meraih predikat B dari sebelumnya CC. Ini semua berkat kinerja serta kolaborasi seluruh SKPD Kabupaten Ciamis dalam mewujudkan reformasi birokrasi,” katanya.

Sekadar informasi, evaluasi dari Kemenpan RB ini untuk memastikan kemajuan implementasi SAKIP dan RB. Sekaligus memberikan saran perbaikan bagi seluruh lembaga pemerintah di setiap tingkatannya.

Kemenpan RB melakukan penilaian dan evaluasi terhadap 79 Kementerian dan lembaga, 34 pemerintah provinsi untuk Sakip dan RB serta 495 kabupaten/kota (Sakip), 441 Kabupaten/Kota (RB). Total keseluruhan evaluasi mencapai 22.000 unit kerja. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mengenal Tradisi Merlawu Situs Patapan Dipakusumah Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Merlawu di Situs Patapan Dipakusumah di Dusun Citamiang Wetan, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, kembali dilaksanakan. Kegiatan budaya ini...

Wisatawan Serbu Bendungan Leuwikeris Ciamis saat Libur Maulid Nabi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan wisatawan menyerbu destinasi wisata dadakan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka memilih Bendungan Leuwikeris tujuan alternatif wisata menghabiskan...

KPU Ciamis Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan Rakor Persiapan Pembentukan Anggota KPPS untuk Pilkada tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu...

Disdukcapil Ciamis Buka Layanan Adminduk untuk Pemilih Pemula di Kawali

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil (Disdukcapil) Ciamis membuka layanan administrasi kependudukan (Adminduk) terutama perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Kecamatan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya