Senin, September 16, 2024

Ciamis Segera Berlakukan Parkir Berlangganan Khusus di Tepi Jalan Umum

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis akan segera berlakukan parkir berlangganan khusus. Hal itu sesuai dengan amanat Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2022 kaitan dengan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum.

Kadis Perhubungan Kabupaten Ciamis Achmad Yani mengatakan kebijakan parkir berlangganan itu, setiap kendaraan memiliki tarif setiap tahun. Seperti kendaraan sepeda motor Rp 20 ribu, mobil Rp 40 ribu, bus dan kendaran besar lain Rp 60 ribu.

“Jadi parkir ini setahun sekali sesuai masa berlaku pajak kendaraan,” ungkap Achmad Yani, Kamis (24/11/2022).

Kebijakan parkir berlangganan khusus tersebut masih dalam tahap awal. Dengan demikian, juru parkir untuk yang berlangganan maupun reguler akan berjalan. ke depan ada 2 pemberlakuan kebijakan parkir.

“untuk titiknya yang dikelola oleh dinas perhubungan ditepi jalan umum kecuali yang dikelola oleh pihak swasta,” lanjutnya.

Menurut Achmad, mekanisme pendaftaran parkir berlangganan tersebut akan pihaknya sediakan tiga loket pendaftaran. Yakni di Dinas Perhubungan, Samsat, dan di Bank BJB.

Parkir berlangganan khusus ini harapannya akan meningkatkan kas daerah dari target normal sebelum pelaksanaan parkir berlangganan.

“Jadi masyarakat bisa mendaftar ke 3 loket yang sudah kami sediakan. Kita akan kasihkan formulir tinggal isi dan lampirkan KTP serta STNK, sesudah melakukan pembayaran. Kita berikan stiker untuk ditempelkan di kendaraannya yang mudah terlihat. Juga kartu untuk apabila stikernya nanti lepas atau hilang dan sebagainya,” ujarnya.

Achamd menjelaskan, rencana pemberlakuan parkir berlangganan khusus tersebut berlaku juga untuk kendaraan dengan plat nomor luar daerah Ciamis.

“Mudah-mudahan pertengahan Desember akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan insyaallah akan kita launching awal Januari,” pungkasnya. (Ibay/CN/Djavatoday)

KPU Ciamis Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan Rakor Persiapan Pembentukan Anggota KPPS untuk Pilkada tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu...

Disdukcapil Ciamis Buka Layanan Adminduk untuk Pemilih Pemula di Kawali

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil (Disdukcapil) Ciamis membuka layanan administrasi kependudukan (Adminduk) terutama perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Kecamatan...

Muncul Destinasi Wisata Dadakan di Bendungan Leuwikeris, Begini Imbauan Dispar Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan Presiden Joko Widodo, muncul sejumlah destinasi wisata dadakan di sejumlah titik sekitar bendungan. Destinasi wisata dadakan itu ramai...

Pengembangan Potensi Wisata Bendungan Leuwikeris, Ini Upaya Dispar Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bendungan Leuwikeris memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Dinas Pariwisata (Dispar) Ciamis pun menyambut baik potensi itu dan berencana melakukan pengembangan. Kepala...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya