Senin, Juni 17, 2024

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang terletak di antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Menyaksikan keindahan danau pun akan sekaligus menikmati eksotisme dari pegunungan. Begitu memanjakan mata, bukan?

Objek wisata Semarang ini bisa menjadi solusi bagi Sobat Djava yang bosan berwisata ke tempat yang itu-itu saja. Berbagai aktivitas seru pun bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menjajal wahana hingga mencoba kelezatan kulinernya. Tempat ini pun sangat cocok menjadi destinasi liburan bersama keluarga.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke danau ini, terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebagai referensi. Tak perlu jauh-jauh mencari info, cukup pantengi artikel ini hingga akhir saja. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar Wisata Rawa Pening Semarang dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Wisata Rawa Pening Semarang 

Objek wisata ini merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan untuk sekadar bersantai atau berswafoto. Harga tiketnya pun masih murah meriah, hanya sekitar Rp10.000 per orang saat weekday dan Rp15.000 saat weekend. Terdapat tiket terusan sebesar Rp90.000 per orang saat weekday dan Rp100.000 saat weekend. Tiket terusan ini termasuk dengan berbagai wahana menarik dan juga menantang, lho.

Untuk tarif sewa perahu bebek, besarannya adalah Rp30.000 per 30 hingga 40 menit. Begitupun dengan wahana-wahana seru lainnya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp30.000 saja per orangnya. Perlu Sobat Djava ingat bahwa tarif-tarif tersebut bersifat sementara. Pihak pengelola Wisata Rawa Pening Semarang bisa saja mengubahnya sewaktu-waktu. 

Fasilitas Wisata

Sebagai objek wisata populer dan favorit wisatawan, tempat ini tentu telah memiliki berbagai fasilitas. Mulai dari fasilitas umum seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, gazebo, tempat duduk, hingga tempat berteduh. Tersedia juga ragam pilihan warung, rumah makan, maupun pedagang kaki lima. 

Bagi yang ingin berswafoto, tersedia banyak spot instagramable yang bisa menjadi latar fotomu. Wisata Rawa Pening Semarang juga menyediakan wahana seru seperti ATV, jet ski, balon air, dan perahu bebek. Perahu motor, perahu kayu, becak mini, perahu karet, hingga terapi ikan pun tersedia. Termasuk spot untuk memancing.

Jam Operasional

Danau ini bisa kamu kunjungi sedari pagi hingga petang. Pastikan kamu datang saat kondisi cuaca cerah agar pemandangan yang tersaji sedang indah-indahnya. Jangan lupa untuk berburu sunrise dan sunset di danau ini yang memesona.

Alamat Lengkap

Wisata Rawa Pening Semarang tak tanggung-tanggung berada di antara empat kecamatan sekaligus. Empat kecamatan tersebut adalah Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota. 

Daya Tarik  Wisata Rawa Pening Semarang 

Wisata Rawa Pening Semarang menyajikan keindahan danau seluas 2.670 hektare dengan kedalaman sekitar 5 meter. Dari tepian danau yang telah terbangun jembatan kayu aesthetic, kamu akan menyaksikan eksotisnya pegunungan yang mengelilingi danau inni. Potretnya akan makin ciamik saat momen sunrise atau sunset tiba dengan cahaya jingganya. 

Jika mendengar namanya, kamu mungkin berpikiran bahwa danau ini akan membuat pening alias pusing. Namun, kata pening sendiri berasal dari kata “wening” atau hening, sunyi, tenang. Memandangi danau ini sembari menikmati kesejukan udaranya memang tak jarang menghadirkan ketenangan dalam diri. Agar lebih seru, kamu bisa meneliti keindahan setiap inci danaunya dengan berjalan kaki atau menyewa perahu.

Jangan lupa untuk mencoba warung apung yang menyajikan ragam olahan lezat dari ikan yang masih fresh. Menyantapnya di tepi danau sembari terapung-apung dengan nyaman menikmati semilir angin akan menjadi healing yang asyik. Jika kamu berjalan ke sebelah Utara, kamu akan menemukan padang rumput hijau yang biasanya menjadi spot foto wisatawan.

Masih banyak lagi hal yang bisa kamu eksplorasi di Wisata Rawa Pening Semarang. Tunggu apa lagi? Segera jadwalkan untuk liburan ke sini, ya! (Rismawati/Djavatoday)

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya