Sabtu, Juli 20, 2024

Wisata Batu Alien Merapi: Harga Tiket hingga Lokasi

Wisata Batu Alien Merapi merupakan sebuah destinasi wisata alam sekaligus kekinian karena menawarkan ragam spot foto. Objek wisata ini cukup populer, baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri. Keindahan Gunung Merapi yang gagah dan panorama lerengnya yang memesona menjadi daya tarik tersendiri yang menjadi magnet bagi wisatawan. Tak heran jika objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat akhir pekan atau libur nasional tiba.

Kawasan Merapi memang selalu menjadi spot favorit bagi para wisatawan untuk berpetualang. Mengeksplor gunung api yang pergerakannya selalu menarik perhatian publik, apalagi saat terjadi letusan pada 2006 silam. Sebuah letusan bersejarah yang meluluhlantahkan pemukiman terdekat karena serangan aliran lavanya. Namun, di balik sejarah kelam tersebut, muncul sebuah keunikan yang juga menarik perhatian masyarakat.

Keunikan tersebut adalah adanya sebuah batu dari perut bumi Merapi yang besar dan bentuknya mirip dengan alien. Hm, apakah benar? Mari simak uraian berikut ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya!

Baca juga: Bukit Klangon Jogja, Spot Terbaik Menikmati View Merapi

Keunikan Wisata Batu Alien Merapi

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah keberadaan sebuah batu besar dengan bentuk yang unik karena menyerupai wajah manusia. Batu ini persis memiliki bentuk dua mata, hidung, dan mulut, bahkan dagu yang mirip dengan manusia. Namun, bentuk wajahnya tentu tidak mulus sehingga jika kalian lihat baik-baik, batu ini lebih mirip dengan alien. Makhluk luar angkasa yang keberadaannya masih dan terus menjadi misteri dengan segala teori dan konspirasi.

Namun, menurut masyarakat setempat, penamaan Wisata Batu Alien Merapi ini berasal dari kata ‘alihan’. Maksudnya adalah batuan ini merupakan alihan atau pindahan dari dalam Gunung Merapi dan terbawa lahar hingga ke lokasinya saat ini. Lokasinya sendiri dekat dengan perkampungan mati karena menjadi korban dari keganasan gunung api ini. Batu tersebut menjadi keunikan tersendiri yang akhirnya menarik perhatian pengunjung hingga menjadikannya sebagai background untuk berfoto.

Ramainya pengunjung yang penasaran dengan batu tersebut membuat lokasinya ditata sedemikian rupa sehingga menjadi objek wisata. Muncul lah spot foto lainnya yang tak kalah menarik. Seperti spot foto berupa dek berbentuk cinta yang terbuat dari kayu dengan latar belakang menawannya Gunung Merapi. Kemudian terdapat batuan spot foto berbentuk perahu yang terbuat dari kayu dengan latar alam yang masih sama.

Pelataran yang menghadap gunung api tersebut juga menjadi spot foto favorit wisatawan. Bahkan dari titik ini, Anda bisa menyaksikan lanskap lereng Merapi yang hijau dengan udaranya yang sejuk. Berikut dengan tanaman dan bunga langka, salah satunya adalah edelweis. Wisata Batu Alien Merapi juga cocok menjadi spot untuk berburu matahari terbenam alias sunset yang eksotis, lho.

Agar lebih seru, sebaiknya Anda mengeksplor tempat ini menggunakan mobil jeep lava tour. Jangan lupa membawa topi karena area ini rentan dengan sengatan matahari, terutama saat siang hari.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Wisata Batu Alien Merapi telah memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan. Seperti area parkir yang luas, toilet umum, tempat sampah, spot foto, hingga kios-kios yang menawarkan makanan dan minuman yang lezat.

Untuk harga tiket masuknya, tempat ini hanya mematok biaya Rp5.000 per orang sebagai tarif tiket masuknya. Bagi yang membawa kendaraan, siapkan uang untuk biaya retribusi parkir. Besarannya adalah Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, Rp10.000 untuk minibus, dan Rp20.000 untuk setiap bus. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola wisata.

Jam Operasional dan Alamat Wisata Batu Alien Merapi

Objek wisata alam Wisata Batu Alien Merapi beroperasi setiap hari selama 24 jam penuh. Adapun waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi atau sore hari dengan kondisi cuaca cerah. Agar pemandangannya terlihat bagus dan mataharinya tidak terlalu terik.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung, Anda bisa mengetik alamat wisata ini pada Google Maps. Alamatnya adalah Jambu, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja dan bisa Anda lalui dengan kendaraan kecil maupun besar.

Demikian informasi wisata tentang Wisata Batu Alien Merapi. Apakah Sobat Djava tertarik untuk berkunjung? (Rismawati/Djavatoday)

Coban Srikandi Malang: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Coban Srikandi Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang masih asri.

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan...

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya, Bisa Camping dan Renang!

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam baru yang cocok menjadi tempat untuk healing atau sekadar refreshing. Tempat ini juga menyediakan fasilitas...

Kebun Durian Sangiang Bedil, Wisata Sumedang Bernuansa Bali

Kebun Durian Sangiang Bedil merupakan sebuah objek wisata sekaligus spot staycation di Sumedang yang cukup lengkap. Tempat ini menyediakan berbagai macam fasilitas liburan yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya