Senin, April 22, 2024

Wisata Arung Jeram Sungai Elo Magelang, dijamin Seru dan Bikin Puas!

Wisata Arung Jeram merupakan aktivitas pengarungan sungai yang riam dengan menggunakan perahu karet. Tidak hanya darmawisata, arung jeram menautkan unsur-unsur edukasi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental yang baik. Kamu yang hobi berpetualang di alam terbuka pasti sangat suka dengan hal-hal yang menantang kan, sob? Tapi, sudah sejauh mana sih?

Petualanganmu kurang lengkap kalau belum pernah mencoba wisata yang dapat memacu adrenalin. Ada banyak sekali spot arung jeram di Indonesia dengan tingkatan arus yang berbeda. Nah, kalau Sungai Elo Magelang, arusnya cukup deras nih teman-teman. Bahkan bisa dibilang ekstrem karena harus mengarungi sungai yang panjangnya 12 kilometer.

Wisata Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Harus kamu masukkan ke wishlist holidaymu, review skor bintangnya sudah sampai ribuan! Berikut penjelasan singkat mengenai Sungai Elo Magelang yang bikin kamu nggak sabar buat berkunjung.

Panduan sebelum mengarungi sungai

Wisata arung jeram yang berada di Jawa Tengah ini sudah ada sejak tahun 1994, beroperasi mulai pukul delapan pagi hingga pukul empat sore. Sama seperti wisata arung jeram pada umumnya, saat pertama kali tiba di lokasi kamu akan mendapatkan pelampung dan helm yang berfungi untuk melindungi dirimu seandainya hal-hal yang tidak diinginkan tiba-tiba terjadi karena pengaruh cuaca atau sebagainya. Sebelum mulai mengarungi sungai menggunakan perahu karet sambil mendayung, akan ada instruktur yang menjelaskan syarat dan ketentuan selama arung jeram. Perhatikan baik-baik ya.

Didampingi pemandu yang profesional

Kamu akan mendapatkan instruksi dari pemandu yang sudah pakar. Selain fasilitasnya yang memadai, mereka juga sangat mengutamakan keselamatan para pengunjung. Mereka mengajarkan bagaimana caranya menaiki perahu, seperti apa mendayung dan duduk yang benar, dilarang bercanda saat melewati arus, himbauan untuk tidak panik saat ada temanmu yang jatuh ke sungai, sampai bagaimana caranya turun dari perahu. Nggak usah khawatir, selama di perahu kamu akan mendapatkan pengarahan dari pemandu yang bakal menemani perjalananmu sampai selesai. 

Minum kelapa sekaligus makan snack di Rest area

Usai setengah perjalanan yang melelahkan, kamu akan diajak beristirahat supaya tenagamu tidak terkuras habis karena masih ada arus yang harus dilalui. Rest area di Sungai Elo Magelang menyediakan kelapa muda yang menyegarkan dan makanan ringan yang enak-enak, lho. Kamu harus coba! Setelah merasa istirahatmu sudah cukup, kamu dapat kembali melanjutkan perjalanan mengarungi sungai untuk menuju finish.

Wisata arung jeram memang mengasyikkan! Itulah sedikit penjelasan tentang wisata arung jeram Sungai Elo Magelang. Dijamin bisa memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Saat ingin mewujudkan daftar keinginan wisata arung jeram, jangan lupa lihat kondisi ya. Pastikan cuacanya tidak curam sehingga aman untuk mengarungi sungai. (Karin/Djavatoday)

Wisata Banyu Bening Tinapan: Daya Tarik hingga Alamat

Wisata Banyu Bening Tinapan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep desa wisata yang asri dan indah. Tempat ini menyuguhkan ragam kegiatan seru untuk...

Pijar Park Kudus, Spot Healing di Tengah Hutan Pinus

Pijar Park Kudus merupakan sebuah objek wisata alam yang memadukan konsep bumi perkemahan, kafe outdoor, hingga wahana outbound. Tempat ini cocok menjadi spot healing...

Curug Orak Arik Banyumas: Info HTM hingga Alamat

Curug Orak Arik Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang menawan. Air terjun ini masih perawan alias belum banyak...

Umbul Besuki Klaten: Info HTM, Fasilitas, Lokasi

Umbul Besuki Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang memiliki fasilitas lengkap. Objek wisata ini telah ada sejak 2019 dan menjadi favorit...

Terpopuler

Lainnya