Minggu, Juni 16, 2024

Tebing Watu Mabur Mangunan: HTM, Fasilitas, hingga Alamat

Tebing Watu Mabur Mangunan merupakan sebuah objek wisata alam dengan konsep ‘negeri di atas awan’ yang indah. Seperti halnya Bukit Panguk Kediwung, objek wisata ini menawarkan ragam spot foto dengam background pegunungan dan lautan awan. Tempat ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit maupun matahari terbenam.

Objek wisata alam ini juga menjadi tempat untuk melihat lanskap pegunungan Yogyakarta yang hijau memanjakan mata. Jaraknya pun tak begitu jauh dari pusat kota, kurang dari 1 jam perjalanan saja. Bagi Anda yang ingin berlibur menikmati suasana alam dari ketinggian, tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan.

Untuk referensi sebelum berkunjung, sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu uraian berikut ini. Kami akan memberikan ragam informasi menarik dan penting tentang Tebing Watu Mabur Mangunan. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Baca juga: Karang Pramuka Yogyakarta, Spot Skuteran dengan Nuansa Hutan

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Tebing Watu Mabur Mangunan

Untuk bisa berlibur di objek wisata alam ini, Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal. Cukup mengeluarkan biaya Rp2.500 per orang sebagai tarif tiket masuk. Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp5.000 per unit mobil.

Bagi yang ingin berkemah di Tebing Watu Mabur Mangunan dengan membawa tenda sendiri, biayanya adalah Rp15.000. Lokasi mendirikan tendanya adalah di atas tanah. Jika ingin mendirikan tenda di atas area beton, biayanya adalah Rp25.000. Anda bisa menyewa tenda dengan alat-alat perkemahan lainnya secara langsung secara on the spot. Siapkan juga biaya untuk beberapa spot foto tambahan yang instagramable.

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah 24 jam setiap harinya. Jadi, Anda bisa bebas datang kapan saja. Namun, kami sarankan untuk datang sekitar pukul 05.00-07.00 WIB agar mendapatkan momen sunrise yang indah. Datang saat sore hari juga tak kalah sejuknya, pastikan saja cuacanya sedang cerah, ya.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Tebing Watu Mabur Mangunan memiliki beragam fasilitas untuk para pengunjungnya. Seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, warung atau kantin, glamping, camping ground, penyewaan tenda dan alat-alatnya, serta campervan. Tersedia ragam spot foto, seperti lintasan pacu, gardu pandang, batu tepi jurang, hingga spot foto perahu kayu.

Jika Anda berminat berlibur ke objek wisata ini, segeralah bertandang ke Yogyakarta. Alamatnya adalah Lemahbang RT28, Lembah Bang, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Berjarak sekitar 20 kilometer dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Arahkan kendaraan menuju Jalan Imogiri dan ikuti petunjuk melalui Google Maps.

Kontur jalannya naik-turun karena menuju ke puncak perbukitan. Anda bisa memarkirkan kendaraan hingga ke area wisatanya, terutama Anda yang ingin campervan. Jadi, tidak perlu lelah mendaki terlebih dahulu.

Daya Tarik Wisata Tebing Watu Mabur Mangunan

Objek wisata alam memang tak pernah berhenti menawarkan pesonanya. Salah satunya adalah Tebing Watu Mabur Mangunan yang menyuguhkan keindahan pegunungan dan lautan awan dari ketinggian perbukitan. Objek wisata ini cocok menjadi pilihan bagi Anda yang gemar berburu momen sunrise dan sunset yang eksotis.

Wisatawan biasanya datang untuk sekadar bersantai menikmati kemegahan alam yang menawan. Juga sembari menghirup udara segar dengan hawa sejuk yang menenangkan. Mayoritas dari wisawatan juga datang untuk mengabadikan potret indahnya alam dengan lensa kamera. Tak heran jika wisata ini memiliki konsep top selfie dengan spot foto instagramable berlatarkan lanskap alam.

Anda tinggal memilih spot foto mana yang paling bagus dan angle terbaiknya. Pastikan Anda datang saat cuaca cerah agar pemandangannya lebih epik. Namun, jika datang saat mendung pun Anda tidak rugi karena panorama berselimutkan kabut yang syahdu akan memanjakan diri. Menikmati kesegaran alam Tebing Watu Mabur Mangunan sembari menyesap secangkir kopi akan menjadi healing yang menarik.

Jangan lewatkan untuk berkemah atau menyewa glamping di sini. Anda akan merasakan sensasi alam yang asri selama 24 jam penuh. Agar tidak terlalu ramai wisatawan, sebaiknya Anda datang saat hari biasa. Jangan lupa mengajak teman atau keluarga untuk healing bersama agar liburanmu lebih bermakna.

Itulah beberapa informasi menarik dan penting tentang Tebing Watu Mabur Mangunan. Apakah Sobat Djava tertarik untuk berkunjung ke sini? (Rismawati/Djavatoday)

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.

Curug Tengah Puraseda Bogor, Miliki Bentuk Unik Bak Perosotan!

Curug Tengah Puraseda Bogor merupakan sebuah objek wisata yang memiliki bentuk unik meliuk layaknya sebuah perosotan. Air terjun yang sempat viral saat tahun 2019...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya