Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Situ Cihaniwung Bandung, Wisata Danau dengan Sunrise Point Terbaik

Situ Cihaniwung Bandung merupakan wisata alam yang menyuguhkan keindahan hijaunya pegunungan dan sebuah danau. Situ atau danau ini berada di kawasan Pangalengan, surga kebun teh yang menyejukkan. Wisatawan akan dimanjakan dengan hijaunya pegunungan dan pesona matahari terbit yang mengintip dibaliknya. Pemandangan instagramable-nya tak kalah dengan wisata dari daerah Bandung Barat dan Bandung Timur.

Sekilas Tentang Situ Cihaniwung Bandung

Situ Cihaniwung merupakan sebuah danau buatan yang asalnya berupa kumpulan kolam ikan milik masyarakat yang membendung pusat aliran pembuangan. Danau dengan luas genangan sekitar 1,5 hektare ini juga terkenal dengan nama Situ Santosa karena lokasinya di Desa Santosa. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1.627 mdpl dengan hamparan kebun teh khas Pangalengan. Tak heran jika wisata alam ini memiliki udara yang sejuk, bahkan hingga berkabut tipis.

Daya Tarik Situ Cihaniwung Bandung

Baca juga:

Situ Cihaniwung Bandung juga memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya adalah danaunya yang jernih dan asri. Pesona danau tersebut lengkap dengan background pegunungan dan perbukitan hijau dengan teh yang menyebar. Lokasinya yang berada di ketinggian pun membuat wisawatan bisa menikmati indahnya sunrise. Semburat fajar selalu mengintip dari balik perbukitan dan memantulkan cahaya di air danau.

Wahana di Situ Cihaniwung

Selain menikmati pesona alamnya dengan duduk bersantai, ada beberapa aktivitas lain yang bisa membuatmu kembali bersemangat. Seperti mengelilingi danau dengan menaiki perahu bebek atau mencoba wahana flying fox. Situ Cihaniwung juga menyediakan fasilitas camping ground bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di sana. 

Spot Foto Instagramable

Berwisata ke Situ Cihaniwung Bandung tanpa berfoto agaknya kurang lengkap, Sobat Djava. Apalagi pemandangan memesonanya. Anda juga bisa berfoto di jembatan kayu yang iconic dengan background danau dan perbukitan yang menjulang. Para pecinta fotografi harus banget hunting di wisata yang keren ini!

Fasilitas dan Lokasi

Fasilitas di objek wisata ini di antaranya ada area parkir, toilet, mushola, warung makan, dan sunrise/sunset point. Anda juga bisa mencoba fasilitas wahananya, seperti perahu bebek, flying fox, jembatan kayu, dan camping ground. Lokasinya berada di Desa Santosa, Kecamatan Kertasari, Bandung Selatan, Jawa Barat 40386.

HTM

Harga tiket masuk ke Situ Cihaniwung Bandung hanya berkisar Rp20.000. Tiket parkir untuk kendaraan bermotor adalah Rp3.000, sedangkan untuk mobil Rp5.000. Untuk menaiki perahu bebek, biaya Rp10.000, flying fox Rp20.000, dan camping ground Rp25.000 per orang.

Situ Cihaniwung Bandung ini pun bisa menjadi destinasi wisata tujuan untuk me-refresh pikiran. Hawanya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah membuat tubuh rileks dan santai. Anda juga bisa menggunakan Google Maps untuk mengakses lokasinya. Wisata lain di dekat Situ Cihaniwung di antaranya ada Situ Cisanti, Perkebunan Teh Purbasari, Pemandian Cibolang, dsb. (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU