Sabtu, Mei 25, 2024

Setu Patok Cirebon, Spot Asyik buat Nyunset!

Setu Patok Cirebon merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan megahnya pemandangan sebuah danau buatan yang jernih. Pulau-pulau kecil yang hijau terlihat menghiasi danau dengan later belakang panorama Gunung Ceremai yang memesona. Kombinasi alamnya begitu menarik dan menjadi magnet bagi wisatawan untuk beristirahat sejenak dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Apalagi, letak objek wisata ini tidak jauh dari pusat kota, lho.

Bagi Anda yang bermukim di kota udang atau daerah Priangan Timur, objek wisata ini bisa menjadi rekomendasi tujuan untuk liburan. Terutama bagi Sobat Djava yang gemar berburu sunset ataupun sunrise karena tempat ini menjadi salah satu spot nyunset terbaik di Cirebon. Areanya yang luas juga sering kali menjadi tempat para pesepeda atau pecinta olahraga joging melakukan hobinya.

Aktivitas seperti itu memang sangat perlu untuk mengembalikan semangat sebelum kembali bekerja atau melakukan rutinitas yang itu-itu saja. Alam bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menghilangkan penat. Jadi, apakah Anda tertarik untuk berburu sunset di Danau Setu Patok Cirebon? Sebelum berkunjung, simaklah terlebih dahulu uraian berikut ini sebagai referensi!

Baca juga: Curug Cigetruk Cirebon: Harga Tiket, Fasilitas, dan Alamat

Daya Tarik Objek Wisata Setu Patok Cirebon

Sobat Djava butuh healing atau tempat untuk sekadar bisa bersantai? Setu Patok Cirebon bisa menjadi pilihannya. Objek wisata ini menyajikan keindahan danau buatan yang berfungsi sebagai bendungan dengan pemandangan indah yang megah karena begitu luas. Sobat Djava bahkan akan menemukan beberapa pulau kecil di tengahnya dengan panorama Gunung Ceremai yang menjadi latarnya. Air danau yang jernih bahkan selalu memantulkan birunya langit cakrawala, asalkan cuacanya sedang cerah, ya!

Danau ini terbentang luas dengan riak-riak air yang memanjakan mata. Pemandangannya bisa menjadi terapi untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari segala beban yang mungkin terasa berat. Area daratannya pun berupa rumput-rumput hijau dengan beberapa pohon yang tumbuh memenuhi tepian danau sehingga menciptakan udara yang menyegarkan. Duduk di tepian danaunya sembari menikmati semilir angin menanti matahari tenggelam akan menjadi healing yang menyenangkan. Apalagi jika Anda menikmatinya bersama teman, keluarga, atau orang tersayang lainnya.

Ragam Aktivitas Menarik

Selain menunggu momen matahari menghiasi cakrawala dengan cahaya jingganya, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya. Seperti piknik dengan menggelar tikar dan menyiapkan makanan ringan sembari berbincang santai. Namun, jangan lupa untuk tidak membuang sampahnya sembarangan, ya! Anda juga bisa mengelilingi danau pada area ciwalk yang tersedia pada tepian danau dengan berjalan kaki.

Jika ingin merasakan keindahan Setu Patok Cirebon dari dekat, Anda bisa menaiki perahu sebagai salah satu wahana yang tersedia. Area objek wisata ini juga cukup luas dan layak menjadi tempat untuk menyalurkan hobi berolahraga, seperti bersepeda atau joging. Track yang tersedia juga cukup menarik dengan kontur perbukitan yang naik turun. Setelah itu, jangan lupa untuk berburu spot foto terbaik, terutama saat momen sunrise atau sunset tiba.

Harga Tiket Gratis

Menghabiskan waktu memandangi danau ini tak memerlukan biaya yang mahal, Sobat Djava. Hal tersebut karena tidak adanya tarif harga tiket masuk pada objek wisata ini. Anda hanya cukup membayar biaya parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk setiap mobil. Jangan lupa siapkan uang tambahan jika Anda ingin ngopi atau membeli camilan di warung yang tersedia di sekitar lokasi.

Jam operasional Setu Patok Cirebon adalah 24 jam setiap hari, jadi Anda bebas berkunjung kapanpun. Namun, akan lebih baik jika Anda datang pada pagi atau sore hari saat cuaca cerah agar pemandangannya lebih memesona. Berkunjung saat tengah hari khawatir akan membuat Anda kepanasan karena saung atau gazebo yang tersedia untuk berteduh tidak banyak. Jika Anda ingin menikmati pemandangan danau dengan nuansa yang syahdu, Anda bisa berkunjung saat cuaca sedang mendung.

Fasilitas yang tersedia pada objek wisata ini yakni area parkir, warung makanan dan minuman, gazebo atau saung, dan spot foto alami. Tak jauh dari lokasi danau juga terdapat objek wisata Bukit Anti Galau yang bisa Anda jajal. Adapun alamat Setu Patok Cirebon adalah Setupatok, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps sebagai petunjuk jalan menuju lokasinya. (Ris/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya