Selasa, April 9, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Perkebunan Kali Klatak, Agrowisata Edukatif Terkenal di Banyuwangi

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Perkebunan Kali Klatak di kenal sebagai perintis agrowisata pertama di Indonesia dan merupakan wisata agro tertua di Banyuwangi. Perkebunan ini terletak di lereng Gunung Merapi, pada ketiggian 450 mdpl dan memiliki luas lahan sekitar 1013 ha.

Di zaman dahulu, perkebunan ini di miliki oleh salah satu perusahaan Belanda bernama Mij Moorman & Co. Namun pada tahun 1957, perkebunan ini akhirnya resmi berpindah tangan kepada seorang pengusaha pribumi yang bernama R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Perkebunan Kali Klatak mengembangkan usaha agrobisnis di bidang tanaman rempah dan buah-buahan seperti cengkeh, pala, kayu manis, lada, vanili, kayu putih, kopi, coklat, karet, kelapa, pisang, jeruk dan yang lainnya.

Agro wisata ini terkenal memiliki panorama alam yang indah. Udaranya juga terasa begitu segar dan sejuk khas daerah pegunungan.

Agro Wisata Kali Klatak beralamat di Gombengsari, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya kurang lebih sekitar 15 km sebelah barat Kota Banyuwangi. Untuk sampai ke lokasi ini kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Banyuwangi.

Baca juga : Nepal Van Java, Wisata Unik yang Recommended di Magelang

Daya Tarik Perkebunan Kali Klatak

Salah satu ciri khas yang ada Kali Klatak adalah keberadaan sebuah gapura berukuran besar yang memiliki ukiran bergaya Bali. Gapura ini terbuat dari batu alam yang memiliki kesan klasik dan khas seperti zaman kerajaan.

Di Agro Wisata Kali Klatak, pengunjung akan melihat dan mengenal berbagai jenis tanaman perkebunan. Mulai dari cengkeh, kayu manis, kayu putih, kopi, lada, pala, cokelat, hingga buah-buahan.

Di sini juga tersedia berbagai kegiatan seru dan menarik. Para pengunjung akan diberikan edukasi mengenai pertanian, perkebunan hingga belajar untuk beternak.

Selain bisa menikmati panorama alam yang mengagumkan, salah satu daya tarik Agro Wisata Kali Klatak yang menarik minat pengunjung adalah proses pengolahan kopi. Di sini pengunjung bisa melihat dan belajar cara mengolah kopi. Mulai dari penanaman, pemeliharaan, hingga pengolahan biji kopi siap konsumsi.

Selain pengolahan kopi kamu juga bisa belajar dan melihat proses pengolahan karet, mulai dari proses pengambilan getah karet sampai menjadi bahan dasar produk karet.

Di kawasan wisata Kali Klatak terdapat tempat yang bernama Hargosonyo. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan kota Banyuwangi, Selat Bali dan Semenanjung Blambangan yang berpadu indah di depan mata. (Willy/Djavatoday)

Bukit Strawberry Lembang, Rekomendasi Wisata Keluarga yang Unik

Bukit Strawberry Lembang merupakan sebuah objek wisata sekaligus spot stay cation yang unik dan recommended. Objek wisata ini berada di atas perbukitan dan menawarkan...

Curug Belot Rempoah Banyumas: Daya Tarik hingga HTM

Curug Belot Rempoah Banyumas merupakan salah satu objek wisata alam yang indah dan masih jarang terjamah. Letaknya yang berada di pegunungan membuatnya seolah tersembunyi...

Curug Cidadap Semaya, Spot Healing Terindah di Banyumas

Curug Cidadap Semaya merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot healing di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun ini menawarkan keindahan jatuhan air dengan...

Telaga Merdada Banjarnegara: HTM, Fasilitas, hingga Keindahannya

Telaga Merdada Banjarnegara merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang memiliki panorama perbukitan yang mengelilinginya. Objek wisata menjadi telaga terluas di Dataran Tinggi...

Terpopuler

Lainnya