Sabtu, Mei 25, 2024

Curug Tujuh Cibolang, Pesona Air Mata Raja

Curug Tujuh Cibolang merupakan objek wisata alam berupa air terjun yang berlokasi Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Seperti namanya, air terjun ini benar-benar terdiri dari tujuah buah air terjun dalam satu kawasan yang bisa memanjakan wisatawan. Masing-masing air terjunnya berada pada titik lokasi yang berdekatan, dengan rentang 2 meter hingga kurang dari 1 kilometer. Tiap air terjun tersebut juga memiliki nama dan daya tariknya tersendiri yang memesona.

Wisata di Ciamis memang tak sebanyak di daerah lain seperti Bandung, Bogor, ataupun daerah lainnya di Jawa Barat. Namun, siapa sangka tiap objek wisata di daerah yang memiliki julukan ‘kota istirahat’ ini menyimpan keindahan yang eksotis. Sobat Djava yang ingin healing dan berpetualang menikmati keindahan alam harus mencoba mengunjunginya.

Rekomendasi objek wisata Ciamis pertama yang harus kamu kunjungi adalah Curug Tujuh Cibolang. Sebelum berkunjung, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu informasinya di bawah ini sebagai referensi.

Baca juga: Hutan Pinus Jahim Ciamis dan Situs Batu Panjang

Daya Tarik Curug Tujuh Cibolang

Setiap air terjun pastinya memiliki keindahannya tersendiri yang membuat wisatawan ingin berkunjung kembali. Entah itu berasal dari ketinggian air terjunnya, warna airnya, atau dari panorama di sekitarnya. Namun, berbeda dengan Curug Tujuh Cibolang yang memiliki keistimewaan tujuh air terjun sekaligus! Wisatawan yang berkunjung tidak akan bosan selama berlibur di sana.

Setiap air terjunnya memiliki ketinggian yang berbeda, mulai dari yang sekitar 30 meter hingga yang 120 meter. Air terjun setinggi 120 meter tersebut berada paling dekat dengan gerbang masuk wisata, sehingga menjadi yang paling banyak wisatawan kunjungi. Tingginya air terjun ini membuatnya terlihat begitu gagah nan eksotis. Debit airnya pun cukup deras mengalir pada dinding tebing datar yang sebagian tertutup tumbuhan hijau.

Suara gemuruh air terjunnya begitu menenangkan, berkolaboarasi dengan damainya suasana alam yang begitu asri. Udara yang menggantung terasa sangat menyegarkan. Membuat tubuh rileks dan meringankan beban pikiran. Air terjun yang berikutnya berada di area bawah dan jika kamu berjalan lebih jauh akan menemukan air terjun hingga yang ketujuh.

Pesona Air Mata Raja

Seperti namanya, wisata ini memiliki tujuh air terjun dalam satu kawasan, hanya terpisan jarak 2 meter hingga kurang dari 1 kilometer. Setiap air terjunnya memiliki nama, yakni Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh. Tak hanya indah, air terjun tersebut ternyata menyimpan sebuah cerita sejarah. Masyarakat sekitarnya percaya bahwa air terjun ini berasal dari air mata raja (Cimantaja).

Konon, dahulu di daerah tersebut terjadi kekeringan yang sangat parah. Tak ada air dan membuat masyarakat kelaparan, raja yang memerintah saat itu sangat sedih melihat rakyatnya menderita. Berada dalam kepiluan, raja pun akhirnya berdoa dan menangis. Air matanya ternyata menjadi keajaiban yang memunculkan mata air hingga terbentuklah air terjun ini.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita ini, keindahan objek wisata alam di Ciamis ini tetap tak terbantahkan. Tempatnya yang asri, panorama yang hijau menanjakan mata, hingga pesona tiap air terjunnya tetap menarik. Lanskapnya bahkan patut untuk kita abadikan menggunakan lensa kamera terbaik.

Lokasi dan Akses Jalan

Curug Tujuh Cibolang berada di kawasan Gunung Sawal. Tepatnya di Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46264. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota atau setara 30-60 menit perjalanan. Kontur jalannya sedikit menanjak, jadi tetaplah berhati-hati, ya!

Saat sampai di area parkir, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju gerbang curug. Dari sana, kamu melanjutkan lagi hiking sekitar 30 menit menuju Curug Satu. Sepanjang perjalnan kamu akan melihat suguhan alam yang indah terutama hutan pinusnya. Kera-kera terkadang bergelantungan di antara dahannya.

Biasanya wisatawan hanya mengunjungi Curug Satu dan Curug Dua. Air terjun yang lainnya memiliki akses jalan yang lebih sulit sehingga tak begitu banyak wisatawan jajal. Namun, bagi Sobat Djava yang ingin berpetualang, treknya akan sangat menyenangkan.

Fasilitas, HTM, dan Jam Operasional

Curug Tujuh Cibolang memiliki fasilitas area parkir, warung-warung makan, toilet, musala, dan bumi perkemahan. Harga  tiket masuknya sendiri hanya Rp10.000 per orang dan tambahan biaya parkir Rp5.000. Kamu bisa berkunjung mulai pukul 08.00-18.00 WIB setiap hari. (Ris/Djavatoday)

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya