Jumat, April 12, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Curug Arga Tasikmalaya: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Curug Arga Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun dengan pesona alam yang memukau. Objek wisata ini terbilang baru dan merupakan hidden gem yang kini tengah populer di kalangan wisatawan. Lokasi air terjun ini berdekatan dengan air terjun populer Tasikmalaya, yakni Curug Badak dan Curug Batu Hanoman yang masuk dalam Kecamatan Cisayong. Bagi Anda yang ingin melihat banyak air terjun dalam satu kawasan, maka objek wisata ini bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat.

Apalagi jika Sobat Djava merasa bosan dan penat dengan aktivitas sehari-hari yang penuh dengan tumpukan pekerjaan atau lalu lintas yang padat. Melipir sejenak ke alam dan menikmati keindahannya sembari bersantai bisa menjadi solusi yang tepat. Anda bisa menghirup udara bersih dan merasakan hawa sejuk sepuasnya sembari berburu spot foto berlatarkan pesona alam.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan objek wisata yang satu ini atau tengah mencari tempat healing di Tasikmalaya, simak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang Curug Arga Tasikmalaya untuk Anda sebagai referensi. Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Asal-usul Curug Arga Tasikmalaya

Air terjun merupakan sebuah keindahan alam yang bertabur di tanah nusantara. Selain Bogor yang terkenal dengan julukan “Kota Seribu Curug”, ternyata masih ada daerah dengan hidden gem air terjun yang memesona. Daerah tersebut adalah Kabupaten Tasikmalaya, sebuah kabupaten yang mendapat julukan sebagai “Kota Santri”. 

Salah satu hidden gem curug yang populer di kabupaten ini adalah Curug Arga Tasikmalaya yang kini banyak wisatawan kenal sebagai Arga Hot Spring. Objek wisata curug ini masih terbilang baru dan ditemukan oleh kepala desa setempat, yakni Anton Raksadiwangsa. Mulanya, warga setempat tak asing dengan cerita dari nenek buyutnya yang mengatakan bahwa dulu ada seorang penggembala bernama Arga yang sering kali mandi di air terjun. Anton dan rekan-rekannya pun ingin membuktikan keberadaan air terjun yang selama ini hanya mereka kenal dalam cerita saja.

Ternyata, air terjun tersebut memanglah ada dan memiliki keindahan yang memesona. Pada akhirnya, nama penggembala tersebut tersemat dalam objek wisata ini. Hingga kini, masih banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi air terjun ini.

Daya Tarik Curug Arga Tasikmalaya

Curug Arga Tasikmalaya memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan aliran yang melebar mengikuti dinding cadasnya. Air terjun ini begitu jernih dengan dinding berbatu yang menonjol sehingga airnya seolah keluar dari celah bebatuan. Warna putih airnya begitu kontras dengan warna bebatuan yang gelap serta vegetasi alam yang hijau. Ketiganya menjadi kombinasi warna yang cantik dan memanjakan mata.

Aliran air yang jatuh akan membentuk kolam di bawahnya secara alami yang biasanya menjadi tempat bagi wisatawan untuk mandi atau sekadar bermain air. Rasakanlah sensasi kesegaran airnya yang cenderung bersuhu dingin. Warga sekitar percaya bahwa airnya dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang. 

Curug Arga Tasikmalaya terapit oleh dua tebing berbatu dengan lumut hijau yang memenuhi beberapa bagiannya. Membuatnya nampak lebih asri dengan pohon-pohon rimbun yang hijau sejauh mata memandang. Daya tarik lainnya dari objek wisata ini adalah Anda dapat menikmati keindahan hutan pinus yang eksotis. Anda bisa bersantai, piknik, hingga piknik dan berendam dalam air panas di tengah hutan, lho.

HTM dan Jam Operasional

Objek wisata ini hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orangnya. Kemudian terdapat biaya parkir senilai Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap harinya. Harga tiket masuk dan jam operasional ini tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu, ya.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Curug Arga Tasikmalaya berdekatan dengan Curug Badak sehingga memiliki beberapa fasilitas lengkap yang bisa Anda gunakan. Seperti area parkir kendaraan, musala, toilet, warung-warung, hingga camping ground. Adapun alamat lengkap curug ini adalah Curug badak, Kec. Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46155. Anda hanya perlu tracking selama sekitar 15 menit saja dari area parkir. (Rismawati/Djavatoday)

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Curug Cijalu Subang, Spot Healing yang Recommended!

Curug Cijalu Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun dengan ketinggian 70 meter. Objek wisata curug atau dalam bahasa Indonesia...

Terpopuler

Lainnya