Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Srengenge Malang, Air Terjun 3 Tingkat yang Memikat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Srengenge Malang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun dengan tiga tingkatan air. Masing-masing tingkatan air terjun memiliki pesonanya tersendiri yang memikat para wisatawan. Letaknya memang cukup tersembunyi di kaki Gunung Sewu, berada di perbatasan Malang dengan Lumajang.

Kabupaten Malang ternyata memiliki banyak air terjun sebagai daya tarik wisatanya, lho. Beberapa air terjun yang populer adalah Coban Rondo, Coban Pelangi, Coban Nirwana, dan masih banyak lagi. Jadi, untuk Anda yang ingin ngadem dengan nuansa alam alami dan panorama air terjun yang indah, segeralah bertandang ke Malang.

Salah satu air terjun yang harus Anda kunjungi adalah Coban Srengenge Malang. Untuk informasi lebih lanjut, simaklah artikel berikut ini selengkapnya!

Daya Tarik Alam Coban Srengenge Malang

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, air terjun ini memiliki 3 tingkatan. Tingkat pertama berada di paling atas dan paling dekat dengan area parkir motor, hanya berjarak sekitar 100 meter. Akses jalannya pun sangat mudah karena berupa jalan cor dan tangga saja. Anda akan menemukan jembatan tepat di depan aliran air terjunnya.

Tingkatan pertama Coban Srengenge Malang ini memiliki dua air terjun dengan aliran yang cukup deras, tetapi tidak begitu tinggi. Namun, pesonanya tidak berkurang sedikitpun. Nuansa alam yang asri begitu terasa karena banyaknya pohon-pohon rindang yang mengelilinginya. Anda bisa mendekati air terjun dan berfoto, tetapi tidak boleh berenang karena alirannya deras.

Aliran dari air terjun tingkat pertama ini akan mengalir ke tingkat kedua di bagian bawah. Sebenarnya, Anda bisa melihat sedikit air terjun tingkatan kedua tersebut dari atas jembatan kayu tadi. Jika ingin lebih jelas, lanjutkan perjalanan dengan menuruni tangga yang cukup curam.

Anda akan menemukan Coban Srengenge Malang dengan panorama yang lebih memesona. Air terjun ini memiliki aliran yang deras dan cukup tinggi. Menariknya, aliran airnya melebar menutupi tebing sehingga nampak seperti tirai putih. Terdapat spot foto dan gazebo untuk bersantai di dekat air terjunnya.

Jika cuaca sedang cerah, kolam penampungan air terjunnya akan berwarna kebiruan. Dari kolam alami tersebut, air akan mengalir lebih jauh dan menjadi air terjun tingkat ketiga. Air terjun ini adalah yang paling tinggi dan deras dengan aliran vertikal tunggal yang gagah. Cipratan airnya bahkan bisa mengenaimu meskipun jaraknya cukup jauh.

Namun, untuk bisa menuju ke tingkatan ketiga Coban Srengenge Malang ini, Anda butuh perjuangan ekstra. Letaknya yang berada pada dasar jurang membuat Anda harus menuruni perbukitan dengan jalan yang masih alami. Sobat Djava juga harus memutar arah dari tingkatan kedua tadi. Kondisi jalannya cocok untuk para pendaki dan petualang karena cukup curam dan menantang.

Perjuangan sekitar 40 menit yang melelahkan akan terobati dengan indahnya lanskap air terjunnya yang megah. Lagi-lagi, Anda sebaiknya tidak berenang karena airnya begitu deras. Cukup nikmati pemandangan dan suara deburannya sembari bersantai atau bersantap lezat. Jangan lupa membawa bekal makanan jika menuju tingkatan ketiga karena tidak ada fasilitas apapun yang tersedia.

Harga Tiket Masuk, Jam Operasional, dan Fasilitas

Harga tiket masuk Coban Srengenge Malang sebenarnya tidaklah pasti. Sebagian wisatawan mengatakan gratis, tetapi sebagian mengatakan membayar Rp5.000-Rp10.000. Kemudian siapkan juga untuk biaya parkirnya, ya!

Jam operasional objek wisata ini adalah pukul 07.00-18.00 WIB setiap hari. Sebaiknya Anda berkunjung saat cuaca cerah dan jangan saat musim hujan. Fasilitas yang tersedia di antaranya area parkir, warung, gazebo, hingga spot foto yang kini tidak begitu terawat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungu nomor 081333183380. 

Alamat Lengkap Coban Srengenge Malang

Coban Srengenge Malang berlokasi di Area Sawah/Kebun, Tirtomarto, Kec. Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65183. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Malang atau bisa Anda tempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Gunakan Google Maps sebagai petunjuk jalan agar tidak tersesat. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya