Minggu, Juli 14, 2024

Coban Ringin Gantung Malang: Daya Tarik hingga Lokasi

Coban Ringin Gantung Malang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang indah dan memesona. Air terjun atau dalam bahasa Jawa disebut “coban” memang menjadi destinasi favorit wisatawan saat hari libur tiba. Terutama bagi mereka para pecinta alam dan gemar berpetualang dengan track yang tak biasa. Keasrian alam di sekitar air terjun juga biasanya menjadi incaran para wisatawan yang berasal dari perkotaan.

Kini, Anda bisa menghabiskan liburan di Kabupaten Malang karena terdapat banyak pilihan wisata alam yang menarik. Kabupaten yang satu ini memang memiliki gugusan pegunungan yang indah dengan garis pantai yang panjang. Berbagai wisata kekinian dan wisata kulinernya pun tak henti menjadi perhatian khalayak ramai. 

Nah, bagi Anda yang ingin healing atau gemar berpetualang, Coban Ringin Gantung Malang bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, sebelum berkunjung sebaiknya Anda simak terlebih dahulu informasi berikut ini sebagai referensi. Kami akan menyajikan ragam informasi penting, seru, dan menarik tentang objek wisata ini hanya untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya, Sobat Djava!

Alamat Lengkap dan Rute Menuju Coban Ringin Gantung Malang

Informasi penting tentang objek wisata ini adalah alamat lengkapnya yang berada di Krajan, Duwet Krajan, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156. Lokasinya dekat dengan Coban Sumber Pitu Tumpang, bahkan berada dalam satu desa dan satu pintu masuk. Wisatawan pun bisa mengunjungi dua coban ini sekaligus agar lebih seru. 

Untuk menuju ke lokasinya, arahkan kendaraan Anda menuju Pasar Tumpang atau menuju ke Kompleks Wisata Gunung Bromo. Dari pasar tersebut, ambil arah menuju Gubuk Klakah hingga tiba di Balai Desa Duwet Krajan. Biasanya wisatawan memarkirkan kendaraannya di balai desa ini dan melanjutkan perjalanan ke Coban Ringin Gantung Malang dengan berjalan kaki.

Terdapat beberapa rute menuju air terjun yang bisa Anda pilih dengan jarak tempuh sekitar 1 hingga 2 kilometer. Jalannya cukup sempit dengan jurang dalam pada tepi jalannya sehingga wisatawan harus berhati-hati. Anda akan melewati perkebunan sayur milik warga dan melewati jembatan kayu untuk sampai di air terjunnya. Jangan malu untuk bertanya petunjuk jalan ke warga sekitar yang ramah agar tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata ini memang tak sepopuler Coban Sumber Pitu ataupun Coban Rondo sehingga pengelolaannya masih belum maksimal. Harga tiketnya pun masih terjangkau, yakni Rp5.000 per orang dengan biaya parkir kendaraan yang murah meriah. Namun, jika tidak ada yang berjaga biasanya Anda akan masuk dengan gratis.

Pengelolaan yang belum maksimal juga membuat Coban Ringin Gantung Malang belum memiliki fasilitas yang baik. Fasilitas seperti musala, toilet, dan warung sederhana hanya tersedia di dekat pemukiman warga dan area parkir. Untuk kenyamanan yang lebih, sebaiknya Anda mempersiapkan perbekalan dan kebutuhan pribadi secara mandiri.

Jam Operasional

Objek wisata alam ini beroperasi setiap pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau dengan kondisi cuaca cerah. Hindari berkunjung saat hujan karena akses jalannya akan licin dan air terjunnya akan mengeruh. Jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu karena tidak bersifat permanen.

Asal Usul Nama Coban

Nama Coban Ringin Gantung Malang tidak serta-merta tersemat tanpa sejarahnya. Menurut cerita yang beredar, pada area tebing coban ini terdapat banyak pohon beringin yang hidup. Beringin atau “ringin” dalam bahasa Jawa ini tumbuh subur dan rindang sehingga terlihat seperti menggantung di dinding tebing. Tercetuslah nama coban ini menjadi “Ringin Gantung”.

Daya Tarik Coban Ringin Gantung Malang

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan air yang mengalir dari ketinggian tebing berbatu. Warna dinding tebing yang gelap begitu kontras dengan warna airnya yang seputih kapas. Dinding tebing tersebut tak sepenuhnya berwarna gelap karena banyak tertutupi oleh lumut dan ragam vegetasi alam yang subur menghijau. Panoramanya pun menjadi kombinasi yang memanjakan mata dan menciptakan nuansa yang asri.

Air yang jatuh pun akan membentuk kolam alami dengan warna air yang berubah menjadi kebiruan. Hal tersebut membuat pemandangan air terjun menjadi lebih memesona. Cocok menjadi tempat bersantai dan bermain air sembari merasakan kesegaran alamnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dengan latar indahnya Coban Ringin Gantung Malang. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya