Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Air Terjun Madakaripura: HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Air Terjun Madakaripura merupakan sebuah objek wisata dengan suguhan panorama air yang jatuh dari ketinggian. Tak tanggung-tanggung, air tersebut jatuh dari ketinggian tebing setinggi 200 meter dengan aliran yang lebih dari satu. Coban ini menjadi yang tertinggi se-Pulau Jawa dan menjadi tertinggi kedua di Indonesia, lho! Meskipun membutuhkan perjuangan ekstra untuk mencapai lokasinya, pesona alamnya akan membayar semua rasa lelah yang terasa.

 Coban ini berada di Kabupaten Probolinggo, masih satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Nuansa alamnya pun masih sangat asri dengan pemandangan tebing tinggi yang megah. Cocok bagi Anda yang ingin healing, menenangkan diri, atau sekadar ingin menghirup udara segar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Air Terjun Madakaripura, Anda bisa mendapatkannya dengan menyimak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi terbaru yang menarik dan penting tentang objek wisata ini. Yuk, simak uraian berikut ini sebagai referensi!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Air Terjun Madakaripura 

Objek wisata alam yang populer ini mematok harga tiket masuk sebesar Rp22.000 per orang, sedangkan untuk turis asing sebesar Rp45.000. Sebaiknya Anda menyiapkan dana untuk biaya retribusi parkir yang biasanya tarifnya mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000. Jika Anda tidak ingin terlalu lelah berjalan kaki, Anda bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp15.000 sekali jalan. Siapkan juga dana untuk keperluan lainnya, seperti membeli jas hujan, keperluan toilet, atau keperluan bersantap nikmat.

Adapun jam operasional objek wisata Air Terjun Madakaripura ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Kami sarankan datang saat pagi hari dengan kondisi cuaca cerah. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat akhir musim penghujan, sekitar bulan Mei atau Juni. Harga tiket masuk dan jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan kebijakan pihak pengelola wisata.

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura Tertinggi Sepulau Jawa

Sobat Djava, ingin melihat pesona air terjun atau coban yang sesungguhnya? Maka coban inilah jawabannya. Anda akan menyaksikan air yang jatuh dari ketinggian tebing megah setinggi 200 meter. Aliran airnya tidak tunggal, melainkan banyak dengan aliran yang berasal dari sela-sela tebing sehingga panoramanya menyerupai tirai putih. 

Keelokan Air Terjun Madakaripura juga terlihat dari tebingnya yang berbentuk seperti lingkaran dengan kemegahan yang nyata. Anda akan merasa seperti berada di lembah dan negeri dongeng yang damai. Tebing tersebut juga berhiaskan pepohonan hijau yang menambah aura keasrian alam yang membawa ketenangan. Udaranya yang segar melengkapi kombinasi alam yang memesona ini.

Namun, Anda harus siap basah-basahan karena air yang jatuh dari atas akan terasa seperti hujan. Hal tersebut terjadi karena tingginya titik jatuh air sehingga nampak seperti tetesan air hujan gerimis saat sampai ke bawah. Inilah yang juga menjadi sebab hawa dingin pada area coban, angin akan membawa tetesan air. Wisatawan yang datang pun sering kali memakai jas hujan atau payung saat berkunjung ke coban ini.

Yang menarik lagi dari Air Terjun Madakaripura  adalah keberadaan kolam alaminya yang indah berwarna biru kehijauan. Warna airnya sebenarnya transparan, tetapi saking jernihnya, air kolam mampu memantulkan warna sekelilingnya. Anda bisa bermain air di kolam ini dan merasakan sensasi dingin sekaligus segar.

Fasilitas dan Lokasi

Objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas, tetapi berada pada gerbang masuk. Seperti area parkir kendaraan, toilet, warung makan, penjual jas hujan, pelindung hp, hingga penitipan helm. Sementara di lokasi wisatanya, tidak ada fasilitas apapun selain keindahan alam yang tersuguh dengan epiknya. 

Lokasi Air Terjun Madakaripura adalah Branggah, Sapih, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67183. Berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Probolinggo atau bisa Anda tempuh dalam waktu 1 jam lebih. Akses jalannya sudah cukup baik.

Namun, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari pintu masuk wisata. Jika tidak ingin lelah, Anda bisa menggunakan jasa ojek meskipun tetap harus berjalan sejauh 2 kilometer lagi. Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang sesuai karena medannya cukup licin. Anda akan melewati jalan setapak, berbatu, hingga sungai dengan suguhan panorama alam yang fantastis.

Tetaplah berhati-hati saat menuju ke Air Terjun Madakaripura. Jangan lupa membawa jas hujan dan menggunakan alas kaki yang sesuai untuk treking. Agar lebih aman, Anda bisa menyewa jasa tour guide dengan bayaran seikhlasnya. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya