Jumat, Mei 31, 2024

5 Tips Solo Travelling untuk Pemula, Jadikan Pengalaman Pertamamu Menyenangkan!

Tips solo travelling sangat dibutuhkan untuk para traveller pemula. Solo travelling adalah istilah yang digunakan untuk kamu yang melakukan perjalanan jauh sendirian. Jalan-jalan sendirian cocok untuk kamu yang ingin menikmati waktu sendiri.

Terkadang, kamu memang perlu menyendiri untuk sejenak beristirahat dari kehidupan yang penuh dengan pekerjaan. Solo travelling menjadi salah satu hal yang bisa kamu pilih. Karena kamu melakukannya secara sendiri maka kamu dituntut untuk mandiri. Tapi jangan khawatir, agar kamu bisa menikmati perjalanan pertamamu ini kamu bisa melakukan tips-tips berikut.

Tips Solo Travelling untuk Pemula

Berikut tips solo travelling yang bisa kamu pelajari sebelum berangkat menelusuri jalanan sendirian. Yuk simak!

Tetapkan tujuan

Tips solo travelling yang pertama yaitu dengan menetapkan tujuan. Tidak mungkin kan kamu berjalan tanpa adanya tempat tujuan? Kamu harus menetapkan kemana kamu akan pergi. Ke kota mana dan ke tempat apa. Tentukan sedetail mungkin.

Disarankan untuk memilih tempat yang mudah kamu jangkau. Karena ini pengalaman pertama kamu, maka kamu harus belajar dari hal kecil terlebih dahulu. Pilihlah tempat yang aman dan tidak berisiko.

Pastikan akomodasi aman

Dalam melakukan solo travelling, kamu tidak hanya membutuhkan nyali saja. Kamu juga perlu menyiapkan akomodasi berupa tempat penginapan. Carilah tempat yang aman dan nyaman karena kamu perlu istirahat setelah melakukan perjalanan panjang.

Bepergian sendiri perlu keamanan yang ekstra, jadi pastikan kamu mendapatkan tempat penginapan yang sudah terjamin keamanannya. Jangan lupa pula untuk melihat budgetnya, ya. jangan mudah tertipu dengan penawaran palsu.

Buat agenda

Tips solo travelling yang berikutnya yaitu membuat agenda pribadimu selama di tempat kamu berkunjung. Jangan sia-siakan kesempatan ini dengan hanya berdiam diri di tempat penginapan. Lakukan hal yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan.

Buat setiap detik menjadi momen berharga yang tidak terlupakan. Satu lagi yang tidak kalah penting, abadikan momen-momen tersebut agar kamu bisa melihat dan mengenang kembali. Bebaskan dirimu sebebas mungkin, tapi tetap tidak boleh berlebihan, ya.

Interaksi dengan penduduk lokal

Seorang traveller adalah tamu di tempat travellingnya. Di sini kamu mungkin menemukan perbedaan budaya ataupun adat. Apalagi jika kamu menuju daerah yang berbeda pulau atau justru berbeda negara.

Berinteraksilah dengan orang-orang di sana. Biasanya mereka akan memuliakan tamu yang datang dengan mengajak ke tempat-tempat khas yang ada di sana. Namun, kamu juga perlu berhati-hati ya. Jangan mudah percaya dengan orang asing.

Cobain makanan atau budaya di sana

Tips solo travelling yang terakhir yaitu berani mencoba. Mencoba di sini merujuk pada semua hal, mulai dari mencicipi makanan, melakukan budaya setempat, dan sebagainya. Kegiatan baru akan membuat suasana hatimu menjadi lebih senang. Kamu juga pasti akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang pastinya seru banget.

Itu dia tips solo travelling yang perlu kamu perhatika. Semoga perjalananmu menyenangkan, ya. (Ume/Djavatoday)

Curug Gurau Banyumas, Spot Ngadem yang Penuh Pesona

Curug Gurau Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang santer menjadi spot ngadem karena memiliki ragam pesona alam. Tempat ini berlokasi di kawasan wisata...

The Landen Lembang, Wisata Alam Gratis yang Eksotis!

The Landen Lembang merupakan sebuah objek wisata alam baru yang tidak memungut biaya tiket masuk, alias gratis. Objek wisata yang dulunya merupakan D'Ranch ini...

Embun Lawu Tawangmangu: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Embun Lawu Tawangmangu merupakan sebuah objek wisata populer di Karanganyar yang menyuguhkan keindahan lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini menghadirkan beragam keseruan dengan banyaknya...

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya