Selasa, Mei 21, 2024

5 Tips Membuat CV agar Terlihat Lebih Menarik dan Gak Monoton

Tips membuat CV yang menarik ini sangat berguna untuk kalian yang sedang melamar pekerjaan. Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu faktor penting dalam melamar pekerjaan. Pasalnya, untuk bisa menerimamu kerja, para HRD akan terlebih dahulu memeriksa CV-mu. Itulah kenapa kamu perlu tahu bagaimana cara membuat CV yang baik.

CV sering juga kita kenal dengan sebutan daftar riwayat hidup yang berisi informasi diri dari para pelamar kerja. Di sini banyak hal yang harus kamu cantumkan, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, riwayat pendidikan, dan informasi penting lainnya.

Nantinya CV kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar kerja yang lain. Mengingat ketatnya persaingan, membuat CV gak bisa asal-asalan, lho. Kamu harus bisa membuatnya menarik untuk dibaca.

Tips Membuat CV yang Menarik

Berikut beberapa tips membuat CV agar lebih menarik dibanding pesaingmu yang lain.

Pilih desain yang pas

Tips membuat CV yang pertama adalah dari segi desain. Desain menjadi hal yang paling pertama terlihat dari CV seseorang. Saat ini banyak website yang menyediakan template CV secara gratis. Namun kamu juga perlu menyesuaikannya dengan jenis pekerjaan yang hendak kamu lamar.

Hindari menggunakan desain CV yang terlalu ramai karena bisa merusak keindahan tulisan. Perhatikan juga warna dan ukuran hurufnya ya. Pastikan semua tulisannya mudah untuk dibaca.

Tulis identitas seperlunya

CV memang memuat identitas diri kamu. Tapi bukan berarti semua hal perlu kamu cantumkan di sini. Cantumkanlah informasi-informasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Salah satu kesalahan yang masih banyak dilakukan adalah penulisan tingkat pendidikan. Kamu gak perlu menuliskan pendidikan sejak sekolah dasar. Cukup tulis dua tingkat pendidikan terakhir saja. Jangan lupa juga cantumkan nilai ujian akhirmu sebagai hal yang bisa dipertimbangkan HRD.

Cantumkan pengalaman pekerjaan

Tips membuat CV yang berikutnya yaitu menuliskan pengalaman pekerjaan secara jelas. Hal ini berlaku untuk kamu yang pernah bekerja sebelumnya. Jika kamu merupakan seorang fresh graduate maka kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi dan prestasi yang pernah kamu dapatkan.

Hal ini bertujuan agar HRD mampu mengetahui tingkat kompetensi anda. Tulislah pengalaman ini secara berurutan dari yang paling lama terlebih dahulu. Alangkah lebih baik lagi jika pengalaman yang kamu cantumkan ini berhubungan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Cantumkan kemampuan yang kamu miliki

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, melamar pekerjaan di suatu perusahaan pasti akan memiliki pesaing yang banyak. Agar kamu terlihat lebih mumpuni dari mereka, cantumkanlah kemampuan penunjang yang kamu miliki.

Akan tetapi hindari mencantumkan kemampuan yang bersifat umum, seperti jujur, pekerja keras, dan sebagainya. Cukup cantumkan keahlian seperti mengoperasikan Microsoft Word, Excel, PowerPoint, dan kemampuan sejenisnya. Kamu juga boleh menambahkan kemampuan berbahasa sebagai nilai tambah.

Cek tata bahasa

Tips membuat CV yang terakhir yaitu kebahasaan. Apapun jenis pekerjaan yang akan kamu lamar, pastikan bahasa yang kamu gunakan mampu dipahami dengan jelas. Jangan sampai kamu malah membuat HRD kebingungan ketika membaca CV-mu.

Gunakanlah kalimat yang padat, singkat, dan jelas. Tidak perlu berlebihan tapi juga harus tetap memiliki nilai bahasa yang baik serta tidak bertele-tele.

Demikianlah tips membuat CV agar terlihat lebih menarik. Yuk mulai buat CV sekarang. Semoga tips di atas mampu mempermudahmu dalam mencari pekerjaan ya (Khumairoh/Djavatoday).

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa skema, tentunya dengan peluang lolos yang berbeda. Kamu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi...

Rekomendasi Channel YouTube Edukasi, Bikin Kamu Lebih Pintar!

Rekomendasi channel YouTube edukasi bisa menjadi tips mudah untuk meningkatkan kepintaran kita, Sobat Djava. Mempelajari sesuatu memang tidak harus selalu saat di bangku sekolah...

Gunakan Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Meningkatkan fokus saat belajar memang bukan hal mudah bagi kebanyakan orang. Sebagai seorang siswa, belajar merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bisa belajar dengan...

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya