Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips Menjadi Produktif Supaya Wishlistmu Bukan Sekadar Wishlist

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips menjadi produktif ini bisa kamu implementasikan agar daftar keinginanmu terkabulkan. Umumnya, seseorang pasti ingin membidik target yang telah dirancang dengan segala macam alternatif agar hasratnya tercapai. Tapi kadang pula sebagian orang tak sadar hanya menganggap itu sebuah daftar sehingga menunda-nunda untuk menunaikannya. Hal ini biasanya disebabkan oleh pribadi yang terlalu rileks, yang menganggap semuanya mudah teratasi dan menutup kemungkinan yang bisa kapan saja terealisasi. Padahal, jadi produktif memiliki banyak sekali dampak positif lho, salah satunya ialah terciptanya kekonsistenan seseorang dalam beraktivitas.

Dalam KBBI, produktif sendiri diartikan sebagai kemampuan menghasilkan sesuatu dalam tenggat yang telah dibuat. Selain berkesempatan mewujudkan daftar keinginanmu, jadi produktif juga bisa mengantisipasi keberhasilan hidupmu, sob. Nah! Sekarang, bagaimana sih, caranya jadi produktif?

Tips Menjadi Produktif

Berikut merupakan kiat-kiat menjadi produktif yang bisa kamu coba agar wishlistmu terlaksana.

Dare to say no

Tips menjadi produktif kali ini diawali dengan berani mengatakan tidak kepada apa yang hanya akan membuatmu hanyut dalam kesenangan. Misalnya, ajakan bermain yang menyita waktu dan melelahkan. Dalam beberapa situasi, kamu memang perlu membatasi diri untuk mencegah kelalaian yang bisa kapan saja terjadi tanpa kamu sadari. Bukan sebuah kesalahan ketika kamu menolak panggilan orang lain demi bisa melanjutkan pekerjaan yang belum dan harus kamu tuntaskan.

Tahan godaan

Dibanding melanjutkan pekerjaan yang melelahkan, bukankah lebih asyik bermain ponsel dan mencari tahu siapakah publik figur yang saat ini tengah menjadi trending topik? Atau membaca komik, bahkan merebahkan diri di kasur sambil mendengarkan lagu akustik? Nyatanya, tak hanya faktor eksternal, faktor internal pun bisa menjadi penghambat seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Seperti godaan bermalas-malasan, suka menunda-nunda, bahkan tergiur melakukan perbuatan yang berdampak negatif.

Merancang rutinitas

Dimulai dari bangun tidur, kamu bisa mencoba membiasakan diri untuk cepat-cepat melakukan rangkaian aktivitas tanpa bermain ponsel terlebih dahulu. Lalu dilanjut dengan agenda-agenda yang sudah kamu catat. Memperhatikan rutinitas sehari-hari bisa membuat kamu konsisten dalam memanajemen waktu, lho. Kamu tidak akan lagi merasa sukar ketika kamu telah terbiasa.

Evaluasi

Setelah seharian beraktivitas, cobalah melihat hasil dan mencatatnya. Pertimbangkan apa saja yang perlu dibenahi untuk kamu lakukan di kemudian hari. Mengevaluasi diri sudah biasa dijadikan metode dalam meminimalisir kegagalan agar tidak terulang kembali. Kamu juga bisa mengadakan jadwal diskusi dengan temanmu apabila kamu membutuhkan saran. 

Istirahat dengan cukup

Tips menjadi produktif yang terakhir adalah berehat guna membebaskan diri dari perasaan gelisah dan tanpa tekanan emosional. Gunakan sisa waktumu dengan baik untuk menenangkan diri setelah seharian berkegiatan. Kamu memerlukan energi dan konsentrasi untuk kembali beraktivitas di esok hari.

Itulah beberapa cara menjadi produktif yang bisa kamu jadikan patokan dalam hidupmu. Mulailah membiasakan diri melakukan secebis tips di atas untuk pribadi yang lebih tertata.

(Karin)

5 Ciri Teman Toxic yang Perlu Kamu Waspadai

Ciri teman toxic pada artikel kali ini bisa menjadi gambaran buat kamu yang sedang mengalami masalah dalam pertemanan. Sebab bisa jadi masalah tersebut terjadi...

Resep Ketupat Lebaran yang Empuk dan Nikmat

Resep ketupat lebaran ini siap memanjakan lidah sekaligus bikin perut kenyang supaya kamu tidak tampak lemas di hadapan para tamu yang akan datang. Makanan...

5 Tips Memilih Pasangan di Usia Dewasa, Jangan Asal Pilih!

Tips memilih pasangan ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Di usia dewasa tentunya kita menginginkan pasangan yang serius dan bisa diajak menua bersama. Memilih...

4 Keutamaan Idul Fitri; Hari Suci Umat Islam

Keutamaan Idul Fitri menjadi salah satu hal ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di hari yang suci ini menjadi perayaan setelah satu bulan berpuasa. Maka tak...

Terpopuler

Lainnya