Rabu, Oktober 27, 2021

Tips Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis Paling Efektif

Tips menghilangkan mata bengkak setelah menangis sebenarnya cukup sederhana dan terdiri dari beberapa cara yang bisa Anda coba. Berbicara mengenai menangis, sebenarnya itu adalah hal yang lumrah bagi setiap orang. Menangis merupakan salah satu cara untuk meluapkan emosi yang tersimpan dalam diri. Ketika bibir tak mampu lagi menyampaikan perasaan emosionalnya, menangis adalah jalan yang ditempuh selanjutnya.

Menangis juga sebenarnya ada dampak positifnya. Selain bisa menenangkan diri, sebuah riset membuktikan bahwa menangis bisa menghadirkan hormon oksitosin dan endorfin. Keduanya berfungsi untuk membuat perasaan kita lebih baik dan lebih tenang.

Baca juga:

Namun, jika kita menangis terlalu larut dengan emosional yang penuh, biasanya akan meninggalkan jejak berupa mata bengkak. Ini tentunya sangat menggangu karena pasti dari kita tak ingin orang lain tahu bahwa kita menangis. Untuk Anda yang harus bekerja atau bertemu orang banyak tetapi kondisi mata bengkak karena menangis, ini adalah masalah serius.

Tips Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis

Nah, untuk Anda yang menangis emosional semalaman dan keesokan harinya harus bekerja tetapi mata Anda bengkak. Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips menghilangkan mata bengkak setelah menangis yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Kompres Air Dingin

Tips yang satu ini adalah yang paling umum dilakukan. Caranya cukup mudah. Siapkan handuk atau kain lalu rendam dengan air dingin atau air es. Pejamkan mata Anda, lalu letakkan handuk atau kain yang sudah direndam tadi. Pastikan kain menutup mata dan diamkanlah selama 10 menit.

Tips menghilangkan mata bengkak dengan kompres air dingin ini ampuh untuk menyempitkan pembuluh darah. Juga ampuh mengurangi aliran cairan ke jaringan lunak di sekitar mata Anda. Bengkak pun akan berangsur hilang.

Kompres dengan Irisan Timun Dingin

Tips yang kedua yakni menggunakan irisan timun dingin. Caranya sederhana, cukup iris timun dingin yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Iris dengan bentuk bulat dan jangan terlalu tipis tetapi jangan terlalu tebal pula. Pejamkan mata, lalu letakkan irisan timun dingin tadi pada mata.

Pastikan timun menempel dengan benar dan biarkan selama beberapa menit. Untuk hasil yang maksimal lakukanlah dengan rutin agar mata bengkak cepat hilang.

Tidur dengan Meninggikan Kepala

Tips menghilangkan mata bengkak dengan meninggikan kepala ini bisa dilakukan jika Anda memiliki waktu luang. Tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Hal ini bisa mengurangi bengkak pada mata dan bisa lebih menenangkan suasana hati.

Kompres dengan Kantung Teh Dingin

Tips menghilangkan mata bengkak yang selanjutnya adalah dengan melakukan kompres menggunakan kantung teh dingin. Kandungan flavonoid pada teh hitam dan teh hijau berkhasiat untuk mengatasi mata bengkak. Kandungan flavonoid ini yaitu tanin dan salah satu antioksidan. Kandungan kafeinnya juga mampu menyempitkan pembuluh darah dalam jaringan sehingga mengurangi pembengkakan.

Caranya yakni peras kantung teh celup agar tidak terlalu basah. Diamkan selama 10 sampai 20 menit dalam lemari pendingin. Letakkan kantung teh yang dingin tadi pada mata tertutup selama beberapa menit. Lakukan juga pijatan kecil di sekitar mata.

Tutupi dengan Concealer

Tips ini sangat cocok untuk para perempuan yang mengalami mata bengkak setelah menangis. Anda bisa menggunakan concealer untuk menutupi mata yang bengkak atau agak kehitaman karena menangis. Tutupi dengan mengaplikasikan concealer secara merata membentuk segitiga terbalik dengan rapi, ya. Meskipun cara ini tidak menghilangkan bengkak sepenuhnya, setidaknya bisa menyamarkannya.

Tips-tips Tambahan

Ada beberapa tips tambahan untuk menghilangkan mata bengkak akibat menangis. Seperti dengan menggunakan scincare malam setelah menangis atau pijat lembut daerah mata yang bengkak. Bisa juga dengan menempelkan sendok dingin pada mata tertutup, minum air hangat, atau menggunakan pelembab bersensasi dingin seperti aloe vera.

Nah, itulah beberapa tips menghilangkan mata bengkak setelah menangis. Yang terpenting lagi adalah jangan langsung tidur setelah menangis, ya. Itu hanya akan membuat mata makin membengkak dan memerlukan waktu lebih lama untuk mengatasinya.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU