Rabu, Juni 19, 2024

Tips Mencatok Rambut dengan Benar dan Hasil Tahan Lama

Tips mencatok rambut pada artikel kali ini perlu kamu terapkan agar rambutmu tidak rusak. Bagi sebagian orang, terutama para wanita, mencatok adalah salah satu rutinitas wajib sebelum bepergian. Dengan mencatok, rambut kamu akan lebih terlihat rapi. Kamu pun akan semakin percaya diri dengan penampilan tersebut.

Nah, mencatok rambut tidak bisa sembarangan dilakukan begitu saja. Ada cara khusus yang perlu kamu pahami. Kamu juga pasti mengingkan hasil catokanmu ini tahan lama, bukan? Kamu pasti tidak ingin waktu yang kamu habiskan untuk mencatok sia-sia begitu saja.

Tips Mencatok Rambut

Berikut tips mencatok rambut agar dapat awet dan tahan lama.

Gunakan conditioner

Tips mencatok rambut yang pertama adalah dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Pastikan rambut dan kulit kepalamu benar-benar bersih.

Untuk membersihkan kulit kepala dengan optimal, kamu tidak hanya membutuhkan sampo. Kamu juga perlu menggunakan kondisioner untuk hasil yang lebih maksimal. Kondisioner dapat membuat rambut menjadi lebih lembap sehingga akan mudah diatur. Catokanmu pun akan lebih tahan lama.

Gunakan heat protector

Heat protector adalah produk yang digunakan untuk melindungi rambut dari paparan panas yang ekstrem, termasuk pada saat mencatok rambut. Penggunaan heat protector akan membuat rambutmu tidak rusak meski sering dicatok.

Ada banyak jenis produk heat protector yang bisa kamu pilih. Produk-produk tersebut bisa kamu dapatkan baik di online store maupun di offline store. Gunakanlah heat protector seperlunya dan jangan berlebihan karena akan membuat catokan menjadi mudah lepas dari rambut.

Keringkan rambut

Tips mencatok rambut yang berikutnya adalah dengan mengeringkan rambut terlebih dahulu. Langkah yang satu ini sering kali disepelekan oleh orang-orang. Padahal ini adalah bagian terpenting yang tidak boleh kamu skpi.

Pastikan rambutmu sudah kering sempurna. Hindari mencatok dalam keadaan rambut masih basah karena akan membuat rambut menjadi mudah rusak dan kering. Hasil yang dikeluarkannya pun tidak serapi yang kamu inginkan.

Catok rambut sedikit demi sedikit

Agar memudahkan proses mencatok, bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Kamu bisa menguncinya dengan jepitan rambut atau sejenisnya. Kamu bisa membagi rambut menjadi 3 bagian utama yaitu di pangkal dekat tengkuk, rambut bagian tengah, dan di atas dekat ubun-ubun.

Dari bagian-bagian utama tadi, kamu bisa membagi kembali menjadi beberapa bagian kecil untuk memulai proses mencatok. Catoklah rambutmu sedikit demi sedikit agar rapihnya merata. Semakin tebal rambutmu maka kamu juga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencatoknya.

Lakukan treatment rambut

Tips mencatok rambut yang terakhir yaitu kamu lakukan demi menjaga kesehatan rambutmu. Seperti yang kita ketahui, terlalu sering mencatok rambut akan meningkatkan risiko rambut kering, bercabang, bahkan rusak. Maka dari itu, kamu perlu melakukan perawatan rambut agar rambutmu tidak rusak. Gunakanlah vitamin atau masker rambut agar rambutmu tetap sehat dan mudah diatur.

Tips mencatok rambut di atas bisa kamu praktekkan, ya. Selamat mencoba tips di atas, semoga berhasil! (Ume/Djavatoday)

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...

Rekomendasi Gamis Pria untuk Idul Adha, Bikin Kamu Kelihatan Stylish!

Rekomendasi gamis pria di bawah ini bikin kamu kelihatan pangling dengan tampilan islami yang sejuk di mata. Supaya fashion lebaran kamu nggak hanya itu-itu...

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya