Selasa, Mei 28, 2024

Bukan Pemalu, Ini Tipe Kepribadian Introvert yang Sebenarnya

Ada beberapa tipe kepribadian yang dijelaskan dalam ilmu psikologi. Salah satunya tipe kepribadian introvert. Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang identik dengan menyendiri untuk mengisi energi. Namun, banyak yang menyalah artikan introvert sebagai orang yang pemalu padahal keduanya berbeda 

Pemalu adalah salah satu gangguan kecemasan sosial yang tergolong ringan. Orang pemalu cenderung merasa tidak nyaman bahkan cemas saat berada di keramaian. Sedangkan orang introvert sebenarnya tidak masalah dengan keramaian. Hanya saja, mereka lebih menyukai situasi yang sepi untuk menyendiri.

Untuk lebih mengetahui bagaimana sebenarnya orang dengan tipe kepribadian introvert, berikut penjelasannya untuk Anda.

Ciri-ciri Tipe Kepribadian Introvert

Mengenali tipe kepribadian introvert bisa dilakukan dengan mengidentifikasi cirinya, yakni sebagai berikut.

Lebih Suka Menyendiri

Orang dengan kepribadian introvert lebih menyukai sendiri daripada harus bertemu orang banyak. Hal ini dilakukan dalam rangka mengisi kembali energinya. Orang introvert tak masalah jika harus berinteraksi dengan orang lain. Hanya saja itu akan menguras banyak tenaganya.

Suka menyendiri bukan berarti menjadikannya pemurung. Tetapi orang introvert justru menemukan kebahagiaannya dengan menyendiri. Mereka bebas melakukan hal yang mereka sukai saat sendiri tanpa gangguan apapun.

Sedikit Berbicara, Banyak Berpikir

Tipe kepribadian introvert, banyak mendedikasikan waktunya untuk berpikir. Orang lain mungkin memandangnya sebagai orang yang pendiam dan tidak banyak bicara. Padahal dalam pikirannya ia ramai memikirkan banyak hal. Sehingga orang introvert akan berpikir matang sebelum bertindak bahkan mengambil keputusan.

Pandai Berintrospeksi Diri

Karena sikapnya yang cenderung banyak berpikir, para introvert menjadi peka akan dirinya sendiri. Ia akan menyelami pikirannya, mengaitkan dengan hal yang telah dilaluinya hari ini. Apakah itu baik, apakah itu buruk, apakah itu menyakiti orang lain, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah menemukan solusi untuk memperbaiki diri. Oleh karena itu, orang introvert dianggap perencana yang baik.

Teman Sedikit, Tetapi Berkualitas

Kepribadian introvert memang sulit untuk menerima orang baru dalam hidupnya. Meraka akan berhati-hati dalam memilih circle pertemanan. Tak masalah jika sedikit, yang terpenting adalah mampu memahaminya dan ia merasa nyaman dengan orang tersebut. 

Orang introvert pun dikenal pandai merawat pertemanannya. Mereka menghargai kebersamaan. Hanya saja mereka lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas dalam hubungan.

Pengamat yang Baik

Tipe kepribadian introvert akan melakukan pengamatan terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Ia akan menentukan apakah sesuatu itu harus begini atau begitu. Setelah ia yakin dengan hasil pengamatannya, barulah ia mencoba untuk melakukannya. Dalam hal belajar pun, para introvert lebih memilih untuk tidak diketahui orang.

Banyak yang keliru dalam mengartikan bentuk pengamatan ini sebagai sikap yang sombong dan antisosial. Perlu ditekankan bahwa para introvert hanya akan berbicara jika diperlukan. Mereka akan lebih memperhatikan orang-orang disekitarnya. Atau tenggelam dalam diskusi dengan dirinya sendiri.

Tidak Suka Menjadi Pusat Perhatian

Bagi para ekstrovert, menjadi pusat perhatian adalah hal yang menyenangkan. Namun, bagi para introvert itu adalah sebuah ketidaknyamanan. Para introvert lebih senang berbicara dengan satu orang terpercaya untuk menyampaikan pendapatnya. Namun, bukan berarti para introvert tidak bisa berbicara didepan umum, ya.

Mudah Terdistraksi

Tipe kepribadian introvert tak jarang mengalami kesulitan saat berkonsentrasi di keramaian. Sehingga itu akan menggangunya. Tipe seperti ini lebih suka mengerjakan tugas individu daripada tugas kelompok. Namun, tipe introvert juga bisa menjadi hidden leader bagi kelompoknya, keren bukan?

Cara Menghadapi Orang Introvert

Banyak orang mengira orang introvert sulit didekati. Padahal untuk menjadi temannya, kamu hanya perlu membuatnya nyaman dengan memahaminya. Jangan memaksanya untuk keluar dari kepribadiannya atau mengubahnya agar cepat berinteraksi. Biarkan para introvert untuk menyendiri dan memperhatikan sekitarnya, sebelum memulai interaksi.

Sudah tahukan, bagaimana tipe kepribadian introvert yang sebenarnya? Jangan menyamakannya lagi dengan pemalu, ya. By the way, apakah kamu termasuk tipe kepribadian introvert ini?

(Rismawati/djavatoday)  

4 Lagu Ulang Tahun Bahasa Inggris yang Antimainstream, Gak Bikin Bosan

Ganti lagu ulang tahun dengan lagu-lagu yang jarang orang pakai. Kamu pasti bosan kan dengerin lagu ulang tahun yang itu-itu saja? Nah, biar gak...

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya