Senin, Oktober 25, 2021

Selain Meragukan Kemampuan Diri, Inilah Fakta Lain Mengenai Self Doubt

Self doubt merupakan istilah dalam psikologi yang merujuk pada perasaan ragu terhadap kemampuan diri sendiri. Perasaan ragu ini bisa saja dialami semua orang bahkan oleh seorang pebisnis yang sukses sekalipun.

Self doubt ini terkadang menjadi penghalang bagi seseorang untuk berkembang. Mereka seringkali menjadi kurang percaya diri. Berikut sejumlah fakta mengenai self doubt yang perlu kamu ketahui.

Baca juga:

Baca juga : 5 Manfaat Mengabaikan Komentar Negatif Orang Lain

Kritik dalam diri yang berimbas pada keyakinan di masa depan

Setiap orang pada hakikatnya memiliki inner voice, atau yang disebut dengan suara batin. Inner voice ini ada yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif. Jika inner voice yang bersifat posiitf biasanya berupa harapan dan keyakinan yang membangkitkan semangat, maka inner voice yang bersifat negatif biasanya berupa ingatan akan kegagalan ataupun kesalahan yang pernah dialami di masa lalu.

Hal inilah yang seringkali membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri dan membuat rasa takut yang berlebihan sehingga mereka merasa ragu akan masa depan.

Merasa tidak cukup baik

Self doubt salah satunya disebabkan oleh perasaan ‘tidak cukup baik’ yang terjadi secara berulang. Menganggap diri sendiri ‘tidak cukup baik’ akan menyebabkan penurunan motivasi atau bahkan ketidakstabilan emosi. Selain itu, menganggap diri sendiri ‘tidak cukup baik’ malah akan membuat dirimu semakin terpuruk yang pada akhirnya kamu benar-benar tidak mampu mewujudkan sesuatu.

Sumber keraguan diri

Sumber keraguan diri setiap orang memang tidak akan sama persis. Namun kebanyakan dari mereka memang memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan di masa lalu. Misalnya berkaitan dengan cara seseorang dibesarkan, orang tua yang terlalu kritis atau keraguan diri itu muncul sebagai imbas rasa stress yang pernah dialami akibat suatu kejadian.

Sisi positif dari self doubt

Sebenarnya self doubt juga memberikan dampak positif. Beberapa diantaranya adalah kamu bisa mengenali kapasitas diri sehingga terpacu untuk berusaha menjadi lebih baik. Selain itu, kamu juga lebih waspada dalam sesuatu sehingga bisa meminimalkan kesalahan yang akan kamu perbuat.

Cara mengatasi self doubt

Jika self doubt sudah membuat hidupmu semakin terpuruk, alangkah baiknya jika kamu mengatasinya dengan beberapa cara. Pertama, bersikap baiklah pada diri sendiri. Setiap orang wajar melakukan kesalahan, namun kamu harus punya cara untuk bangkit. Kedua, ingatlah setiap prestasi yang kamu peroleh di masa lalu, dengan begitu kamu akan mudah termotivasi. Ketiga, mintalah dukungan orang lain sehingga kamu bisa lebih percaya diri. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU