Minggu, Mei 26, 2024

Mengenal Tipe Kepribadian Manusia, Kamu Tipe yang Mana?

Dalam dunia psikologi, ada 4 tipe kepribadian manusia. Setiap orang pasti memiliki karakternya masing-masing dan inilah yang kita sebut sebagai kepribadian. Kepribadian manusia merupakan kumpulan sifat seseorang yang terbentuk sejak lahir. Namun hal ini juga memungkinkan seseorang memiliki kepribadian yang berbeda seiring berjalannya waktu.

Melansir studi yang tertera dalam International Conference on Robotics and Smart Manufacturing, karakter manusia dapat berubah sesuai situasi. Inilah yang menyebabkan adanya pengaruh waktu dan lingkungan. Sebabnya, kita bisa memiliki lebih dari satu kepribadian tapi tetap dengan dominasi salah satunya.

4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi

Tipe kepribadian manusia terbagi menjadi empat kelompok, yaitu sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis. Masing-masing tipe kepribadian tersebut memiliki karakteristik yang membedakannya antara satu dan yang lainnya. Berikut penjelasan lengkap dari tipe-tipe kepribadian manusia tersebut.

Tipe Sanguinis

Tipe kepribadian manusia yang sanguinis adalah mereka yang suka bersosialisasi, berpetualang, dan mencari kesenangan serta tantangan. Untuk ipe sanguinis terkenal dengan pembawannya yang ceria dan optimis. Biasanya mereka menjadi sosok yang berperan dalam membangun suasana agar menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, mereka juga senang menjadi pusat perhatian.

Ciri-ciri orang yang memiliki tipe sanguinis adalah mudah bergaul, optimis, humoris, ekspresif, dan kompetitif. Sanguinis juga memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Mereka pun senang berkumpul bersama teman-temannya. Orang dengan kepribadian ini cocok bekerja di bagian yang berhubungan dengan travel, hiburan, fashion, dan kuliner. 

Tipe Koleris

Tipe kepribadian manusia yang berikutnya adalah koleris, yaitu mereka yang memiliki pembawaan emosional, logis, dan kerasa kepala. Untuk ipe koleris adalah tipe kepribadian seorang pemimpin karena mereka memiliki sifat sangat suka mengatur, suka petualang, dan suka tantangan baru. Tipe koleris dapat kita lihat dari orang yang ambisius, kompetitif, dan fokus pada tujuannya.

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya