Minggu, Juli 14, 2024

Manfaat Menggunakan Siwak dan Keutamaannya

Siwak atau miswak akhir-akhir ini semakin dikenal masyarakat luas. Beberapa pasta gigi di Indonesia sekarang sudah menambahkan kandungan siwak dalam formula pasta gigi mereka. Sebenarnya apa saja manfaat jika kita menggunakan siwak?

Siwak berasal dari ranting atau batang pohon Salvadora Persica.  Batang siwak biasanya berukuran kecil dan berwarna coklat muda. Siwak sudah dikenal dari zaman Nabi sebagai alat untuk membersihkan mulut.

Berikut Manfaat Menggunakan Siwak

  • Membantu mencegah munculnya plak pada gigi.

Siwak berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat mencegah penumpukan bakteri pada gigi dan gusi yang dapat menyebabkan plak.

  • Menjaga warna gigi agar tetap terlihat putih alami

Siwak mengandung natrium bikarbonat. Manfaat menggunakan siwab membantu menjaga warna gigi agar tetap terlihat putih dan bersih.

  • Mencegah kerusakan pada gigi seperti risiko gigi berlubang

Gigi berlubang biasanya terjadi akibat bakteri jahat yang merusak enamel gigi, dan menyebabkan terjadinya pembusukan pada gigi.

Siwak dikenal dapat meningkatkan pembentukan air liur dalam mulut untuk mengurangi pembusukan dan  membantu melawan kerusakan gigi

  • Menghilangkan bau mulut

Siwak mempunyai senyawa tertentu yang menciptakan aroma khas. Manfaat menggunakan siwak berfungsi untuk menghilangkan bau mulut.

Baca juga : Jenis Pekerjaan yang Banyak Dicari di Tahun 2021

Keutamaan Bersiwak Dalam Islam

Selain bermanfaat untuk kesehatan mulut, siwak mempunyai beberapa keutamaan dalam Islam karena termasuk bagian dari sunnah Nabi SAW.  Beberapa keutamaannya antara lain :

  • Shalat dengan bersiwak itu lebih utama daripada 70 shalat tanpa bersiwak
manfaat menggunakan siwak

Hadis ini diriwayatkan oleh Iman Ad-Daruquthi dari sahabat Ummu Darda dengan sanad hasan.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membuat Allah SWT ridha.

Bersiwak pada hakikatnya membuat seorang hamba semakin dekat kepada Allah SWT. Hal ini dikarenakan karena bersiwak merupakan amalan yang paling dicintai oleh Nabi Muhammad SAW.

Segala sesuatu yang dicintai Nabi tentunya dicintai oleh Allah SWT, dan dapat mendatangkan keridhaan dari Allah SWT.

  • Membuat setan marah

Setan akan selalu membenci dan memusuhi setiap orang yang mengamalkan sunnah Nabi termasuk dalam hal bersiwak.

  • Meningkatnya pahala

Semakin seseorang bersiwak, semakin besar pula pahala amalan sunnahnya. Ketika kita bersiwak secara terus-menerus, maka secara tidak langsung perbuatan tersebut dapat melipatgandakan pahala kita.

  • Setan akan merasa paling rugi

Bagi setan, manusia yang selalu menjalankan sunnah Nabi sudah tentu ia tidak akan lalai dalam melaksanakan perintah agama yang lainnya. Oleh karena itu, setan akan merasa paling rugi karena ia tidak berhasil membuat manusia menjadi lalai.

  • Mudah mengucap syahadat dikala sakaratul maut

Seseorang yang selalu bersiwak akan selalu diridhai oleh Allah SWT. Keridhaan Allah SWT akan menjadikan ia seseorang yang teguh dalam agama. Hal inilah yang akan mengantarkan dia mudah mengucapkan syahadat dikala sakaratul maut datang.

Itulah beberapa manfaat menggunakan siwak dan juga keutamaan siwak dalam Islam. Mulai sekarang, biasakan diri untuk menggunakan siwak ya, karena selain baik untuk kesehatan mulut ternyata siwak juga memiliki banyak keutamaan. (Willy/Djavatoday)

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya