Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Melawan Rasa Insecure Dengan 6 Cara Ini

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Merasa insecure itu sesuatu hal yang normal kok. Namun jika terus dibiarkan, lama-lama hal tersebut bisa menghambat potensi dirimu dan membuat kamu tidak merasa percaya diri. Sebenarnya bagaimana sih cara untuk melawan rasa insecure itu?

Insecure merupakan istilah yang menggambarkan perasaan khawatir yang membuat seseorang menjadi gelisah, malu, takut dan tidak percaya diri. Rasa insecure itu bisa disebabkan oleh dua faktor. Faktor dari luar dan dari dalam.

Faktor dari luar bisa disebabkan oleh perlakuan sebelah mata atau perasaan overprotective dari orang sekitar. Sedangkan faktor dari dalam biasanya disebabkan karena adanya perasaan kesepian dan sifat perfeksionist.

6 Cara Melawan Rasa Insecure

  • Jadilah kawan untuk diri sendiri

Terkadang kita bersikap terlalu keras pada diri kita sendiri. Padahal ketika kita merasa insecure, kita harus lebih mencintai diri sendiri, bukan malah terlalu keras menghakimi diri.

Berkatalah yang baik-baik dan tetaplah berpikir positif agar kepercayaan dirimu kembali pulih. Kamu tidak boleh terus menyalahkan dirimu ketika kamu berbuat kesalahan atau ketika kamu merasa gagal.

Misalnya ketika kamu tidak kunjung mendapatkan pekerjaan katakanlah kalimat ini kepada dirimu : “Terima kasih, hari ini kamu telah berusaha. Besok kita coba lagi!”. Mudah bukan?

  • Jauhi teman toxic dan perbanyak teman yang bisa mendukungmu

Terkadang rasa insecure itu disebabkan karena kita dikelilingi oleh teman yang selalu melontarkan hal-hal negatif kepada kita. Pertemanan seperti ini tidak akan membuat hidupmu berjalan dengan baik. Keadaan seperti ini justru malah akan membuatmu semakin insecure dan overthinking sepanjang waktu.

Pilihlah lingkup pertemanan yang sehat dan bertemanlah dengan orang-orang yang bisa menerima kelebihan dan kekuranganmu. Dukungan yang positif dari berbagai pihak perlahan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantumu melawan rasa insecure.

  • Bangun kepercayaan diri

Lakukanlah hal-hal kecil yang bisa membuat kamu lebih percaya diri karena melawan rasa insecure itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Apabila penyebab insecure itu berasal dari dalam diri maka kita harus lebih mencintai diri sendiri dengan menerima diri kita sepenuhnya. Apabila penyebabnya berasal dari luar (social insecurity) maka beranikanlah diri untuk menyapa dunia luar dengan bertemu orang-orang baru.

6 Cara Melawan Rasa Insecure

  • Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Mengoreksi diri sendiri bukan ditempuh dengan cara terus membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang pada hakikatnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Di era digital seperti sekarang, banyak sekali orang yang menampilkan ‘kelebihannya’ di berbagai sosial media. Jika kamu terus membandingkan kelebihan mereka dengan keadaan dirimu sendiri, tentu hal ini dapat membuat kamu merasa insecure.

Mulai dari sekarang, biasakanlah untuk selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini. Kalau perlu, kurangi penggunaan sosial agar tidak terlalu fokus pada kehidupan orang lain.

  • Berikan reward ketika kita berhasil melawan rasa insecure

Berikanlah penghargaan kepada diri sendiri ketika kamu berhasil melawan rasa insecure yang selama ini menghantuimu. Kamu bisa menghadiahi diri sendiri dengan membeli eskrim, coklat, atau skincare yang kamu inginkan sejak lama.

Sadar atau tidak, momentum seperti ini bisa membuat rasa percaya dirimu semakin meningkat.

  • Jangan terlalu bergantung pada orang lain

Kamu harus bergantung pada dirimu sendiri, bukan kepada orang lain. Berdasarkan laman Good Therapy, rasa insecure itu salah satunya bisa disebabkan karena sikap terlalu bergantung kepada orang lain untuk membuat diri kita bahagia.

Percayalah pada dirimu sendiri. Kamu adalah orang yang bisa diandalkan pada setiap situasi dan kondisi. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : Cara Menghadapi Kritikan dan Komentar Negatif Haters

6 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan agar Ibadah Lebih Maksimal

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim. Menjalani puasa di bulan Ramadhan ialah ibadah yang memiliki keistimewaan yang besar....

Tips Membuat Taman Rumah yang Sederhana dan Minimalis

Tips membuat taman rumah pada artikel ini cocok banget nih buat kamu yang lagi kepingin membangun suasana tempat tinggal yang adem. Jika kamu memiliki...

Cara Mencerahkan Kulit Ketiak secara Alami, Dijamin Aman!

Cara mencerahkan kulit ketiak barangkali menjadi hal yang paling dicari oleh sebagian orang. Pasalnya menjaga kulit ketiak agar tetap cerah cukup sulit dilakukan. Kulit...

5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi kulit kusam bisa juga kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan alami, loh. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang tak luput dari perhatian...
spot_img

Terpopuler

Lainnya