Sabtu, Juli 20, 2024

Tips Interview Online Agar Berjalan Dengan Lancar

Akhir-akhir ini kita sudah tidak asing dengan istilah interview online. Sejak pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem perekrutan dan interview karyawan secara online. Untuk itu kamu harus tau beberapa tips saat akan melakukan interview online.

Sebenarnya tidak banyak perbedaan antara interview biasa dengan interview online. Namun jika kamu baru pertama kali interview online, berikut kami sajikan beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat interview online :

8 Tips Interview Online

  • Perhatikan koneksi internet

Koneksi internet adalah sesuatu hal yang perlu dipersiapkan saat menjalani interview online. Pastikan koneksi dan kecepatan internet di rumahmu stabil.

Jika kamu tidak menggunakan wifi dan menggunakan kuota data, pastikan terlebih dahulu bahwa kuotanya mencukupi untuk sesi interview.

Selain itu kamu juga perlu mengecek handphone atau laptop yang digunakan untuk interview. Pastikan baterainya sudah dicharge penuh karena durasi interview biasanya berlangsung lama.

  • Mengenakan pakaian formal

Walaupun interviewnya dilakukan secara online, kamu tetap harus mengenakan pakaian formal seperti pada umumnya.

Biasanya pakaian yang dipakai untuk interview berupa seragam hitam putih, pakaian batik atau pakaian formal lainnya.

Pastikan pakaian yang kamu kenakan rapi  dan bersih. Walaupun interview online secara teknis hanya melihat setengah badan saja, tetapi kamu wajib memerhatikan penampilanmu agar tetap terlihat sopan dan profesional.

Pada kenyataannya, banyak sekali HRD yang bisa menilai karaktermu hanya dengan melihat dari bagaimana cara kamu berpakaian.

  • Siapkan tempat untuk interview online

Menyiapkan tempat tertentu untuk melaksanakan interview online adalah salah satu upaya agar interviewmu berjalan dengan lancar.

Pilihlah ruangan khusus di rumahmu dengan nuansa tenang dan jauh dari keramaian agar interviewmu tidak terganggu oleh hal-hal sepele dan jauh dari suara-suara bising.

Selain itu perhatikan background tempat saat kamu akan melaksanakan interview. Pilihlah background polos, warna atau background rak buku agar interview kamu masih tetap memberikan kesan formal.

  • Atur pencahayaaan dengan tepat

Pastikan bahwa HRD yang akan melakukan wawancara bisa melihat wajahmu dengan jelas di layar. Untuk itu, kamu perlu mengatur pencahayaan saat melakukan interview online.

Jika hari sedang cerah, kamu bisa memilih untuk menghadap jendela saat melakukan interview online.

Namun jika hari sedang mendung, kamu bisa menggunakan lampu belajar atau ringlight untuk untuk menambah pencahayaan jika memang dirasa kurang.

Tips Interview Online

  • Melihat ke arah kamera

Saat melakukan interview, kamu harus melihat ke arah kamera, bukan melihat ke layar monitor. Anggaplah ketika kamu melihat ke arah kamera, kamu sedang menatap wajah seorang HRD. Jika tidak ada kontak mata, ditakutkan akan terjadi kesalahpahaman dan kamu malah dianggap tidak sopan karena tidak menghargai lawan bicaramu.

  • Menampilkan wajah yang segar dan energik

Saat melakukan wawancara, pastikan wajahmu terlihat segar dan tidak menampilkan ekspresi wajah seperti baru bangun tidur.

Kamu harus terlihat energik dan antusias saat wawancara, agar HRD bisa memberikan respon yang positif. Kamu juga harus bisa menunjukkan sikap yang ramah dan hangat dengan tetap fokus memberikan jawaban terbaik saat wawancara.

  • Fokus saat interview

Saat interview kamu tidak boleh membuka website lain yang bisa memecah konsentrasi. Tetaplah fokus pada interview yang akan kamu jalani, apalagi jika pekerjaan ini sudah kamu idam-idamkan sejak dulu.

Baca juga : Tips Agar Tetap Disiplin dan Fokus Saar WFH
  • Latihan interview terlebih dahulu dan jangan lupa berdoa

Latihan interview terlebih dahulu bisa mengurangi ketegangan dan rasa gugup saat interview yang asli berlangsung. Oleh karena itu persiapkan jawaban terbaik agar HRD merasa terkesan dan tidak ragu untuk merekrut kamu sebagai karyawan baru.

Selain itu perbanyak doa agar interview kamu berjalan dengan lancar. Karena bagaimana pun juga, kegagalan atau keberhasilan yang kamu raih tidak lepas dari campur tangan Allah SWT.

Itulah beberapa tips interview online yang bisa kami paparkan. Tetap tenang dan optimis saat menjalankan interview online ya! Semoga beruntung!

7 Jenis Aksesoris Wanita yang Bisa Bikin Kamu Curi Perhatian Banyak Orang

Jenis aksesoris wanita di bawah ini cocok banget buat menunjang penampilan kamu karena mampu mempercantik dengan menyelaraskan busana yang kamu kenakan. Dari ujung kaki...

Tips Memadukan Warna Baju dan Celana Supaya Kelihatan Matching dan Lebih Kece

Warna baju dan celana menjadi poin utama dalam penampilan seseorang. Setiap individu memiliki fashion yang berbeda, style yang beragam, atau cara berpakaian masing-masing. Salah...

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya