Minggu, Mei 26, 2024

Cara Merawat Kelinci dengan Benar Agar Tidak Stres

Sebagian orang memilih untuk memelihara kelinci karena dianggap menggemaskan dan disenangi anak-anak. Meski begitu, banyak orang tidak tahu cara merawat kelinci yang benar agar kelinci memiliki umur panjang.

Jika tidak tahu cara memelihara dan merawatnya, kelinci rentan stres sehingga menyebabkan usia kelinci menjadi lebih pendek. Berikut tips merawat kelinci yang benar, antara lain :

Baca juga : 5 Cara Menghilangkan Infeksi Jamur pada Kucing

Kandang kelinci

Pemilihan kandang menjadi faktor utama kesehatan kelinci. Agar kelinci berumur panjang, sebaiknya kamu memerhatikan pemilihan kandang kelinci. Pemilihan kandang yang tepat dapat menghindarkan kelinci dari stres atau ketakutan.

Pilihlah kandang yang tidak terlalu kecil agar kelinci aktif berlari-lari dalam kandang. Setidaknya kandang tersebut harus berukuran minimal lima kali dari tubuh kelinci, sehingga memudahkan kelinci untuk beraktivitas di dalam kandang.

Makanan kelinci

Ketika memutuskan untuk mempunyai hewan peliharaan di rumah, kamu harus merawatnya dengan penuh cinta. Salah satu caranya dengan memperhatikan makanan kelinci.

Kelinci memiliki sistem perncernaan yang cukup rumit. Untuk itu, kelinci haus mendapatkan makanan bernutrisi dalam porsi yang seimbang. Kamu bisa memilih rumput sebagai makanan utama, wortel yang kaya vitamin A, selada, kangkung hingga tomat. Beri kelinci makan secara teratur.

Untuk menjaga kebersihan kandang, kamu juga bisa menyiapkan wadah khusus untuk makanannya.

Cara menggendong kelinci

Menggendong kelinci tidak boleh dilakukan sembarangan karena kelinci termasuk hewan yang cukup sensitif. Hindari mengangkat kelinci dengan memegang kedua telinganya atau mengangkat kedua kaki belakang. Cara ini hanya akan membuat kelinci merasa takut bahkan stres.

Jika ingin menggendong, caranya sama seperti kamu menggendong kucing. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati agar kelinci merasa nyaman.

Menyediakan kotak untuk kotoran

Sama seperti hewan lainnya, kamu harus menyediakan kotak dalam kandang sebagai tempat untuk membuang kotoran kelinci. Kebersihan kandang kelinci amat penting agar kelinci terhindar dari penyakit dan bisa berumur panjang. Meski tidak sepenuhnya bersih, setidaknya ini bisa menghindari banyaknya kotoran di sudut-sudut kandang.

Biarkan kelinci bermain di luar kandang

Kelinci merupakan hewan yang aktif sehingga mereka butuh waktu bermain. Agar tidak stres, kamu tidak boleh mengurung kelinci dalam kandang dalam waktu yang lama. Ajaklah ia bermain di luar kandang agar bisa merasakan alam bebas.

Saat berada di luar kandang, kamu harus mengawasi kelinci dengan baik. Kamu juga bisa mengajak anak kecil untuk bermain bersama kelinci, karena rata-rata anak kecil menyukai hewan yang satu ini. (Willy/Djavatoday)

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya