Minggu, Oktober 17, 2021

Cara Menolak Ajakan Teman Tanpa Menyakiti Perasaannya

Cara menolak ajakan teman yang baik adalah dengan menolak tanpa menyakiti perasaannya. Agar hubungan pertemanan Anda bisa langgeng seterusnya. Menolak ajakan apalagi dari teman atau sahabat dekat memang menjadi hal yang terkadang sulit dilakukan. Apalagi bagi Anda yang memiliki sifat “enggak enakan”.

Sebagian dari Anda mungkin takut akan dijauhi teman Anda jika menolak ajakannya. Bahkan mungkin takut dibully atau malah merusak pertemanan. Anda ingin menolaknya tetapi takut menyakiti perasaannya sehingga muncullah perasaan bersalah.

Baca juga:

Namun, Anda juga tidak bisa selamanya mengatakan “iya” setiap diajak oleh teman, bukan? Sewaktu-waktu Anda juga pasti mempunyai kegiatan lain yang tak bisa ditinggalkan. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara menolak ajakan teman tanpa menyakiti perasaannya. Seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Menolak Ajakan Teman

Untuk Anda yang ingin menolak ajakan teman tanpa menyakiti perasaannya, berikut caranya. Simak selengkapnya, ya.

Beri Pujian

Sebelum Anda menolak ajakan teman, ada baiknya untuk memujinya terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memperlihatkan sikap menghargai ajakan teman. Misalkan, Anda sedang diburu menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaan, tetapi teman Anda mengajak menonton konser idola. 

Anda bisa menolaknya dengan mengatakan “Wah, bakalan seru nih kayaknya, apalagi ini idola kita. Tapi maaf banget nih, aku lagi dikejar deadline ngerjain tugas sekarang”. Nah, itulah contohnya. Tolaklah dengan memujinya terlebih dahulu dengan sesopan mungkin.

Beri Opsi Lain

Cara menolak ajakan teman yang kedua yaitu dengan memberi opsi lain. Misalkan, teman Anda mengajak pergi berlibur akhir pekan ke sebuah destinasi wisata. Namun, Anda masih harus bekerja lembur di akhir pekan. Anda bisa menawarkan opsi lain, misalkan menawarkan pergi berlibur di akhir pekan depan.

Ada yang perlu diperhatikan ketika kita memberikan tawaran atau opsi lain. Kita harus benar-benar memilih jadwal yang kosong agar bisa menepati janji pergi bersama teman. Agar hubungan pertemanan tetap terjaga dengan baik. (Halaman 2)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU