Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Menghadapi Kritikan dan Komentar Negatif

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Apakah kamu termasuk orang yang mudah tersakiti saat mendengar kritik tentang dirimu sendiri? Kalau iya, berarti kamu termasuk orang yang mempunyai sifat melankolis. Lalu bagaimana cara menghadapi kritikan dan komentar negatif agar tidak membuatmu sakit hati?

Sebenarnya kritik itu tidak sepenuhnya bersifat negatif. Begitupun cibiran, caci maki maupun komentar negatif yang ditunjukkan haters padamu. Asal kamu bisa mengelola perasaanmu dengan baik, tentu itu semua tidak akan menjadi beban.

5 Cara Menghadapi Kritikan dan Komentar Negatif

  • Lihat kritik dan cercaan dari perspektif yang berbeda

Ketika orang lain berkomentar negatif terhadapmu, lihatlah komentar tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Kata-kata yang bertujuan untuk melemahkan diri kita justru harus dapat menguatkan kita. Komentar negatif maupun komentar yang membangun pada dasarnya bertujuan untuk memberikan evaluasi tersendiri bagi kita, namun memang pemilihan katanya berbeda.

Komentar negatif sebenarnya kalau kita pahami lebih dalam bisa dijadikan sebagai ajang evaluasi diri secara gratis dari orang lain. Hanya saja pemilihan katanya cenderung menimbulkan perasaan sakit hati. Disinilah kita harus bersikap bijak dan tidak boleh terbawa perasaan, sehingga bisa memandang komentar negatif sebagai sesuatu hal yang positif.

  • Komentar negatif adalah sampah yang bisa didaur ulang

Komentar negatif dan caci maki haters memang terdengar buruk seperti sampah. Namun sampah yang didaur ulang pada akhirnya akan bernilai. Misalnya saja ketika orang lain mengatakan bahwa : “Gini aja gak bisa, dasar bodoh!”. Bukankah kata-kata itu terdengar menyakitkan? Cobalah daur ulang kata-kata menyakitkan itu menjadi motivasi.

“Kamu memang belum bisa melakukannya hari ini, namun bukan berarti selamanya kamu tidak akan bisa melakukannya. Kamu harus terus belajar, supaya esok kamu bisa melakukannya dengan mudah”. Bagaimana? Terdengar lebih ramah di hati, bukan?

Baca juga : Cara Mengatasi Bad Mood Dengan Benar
  • Pahami maksud di balik komentar negatif

Ketika mendapat komentar negatif, jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa itu adalah sesuatu hal yang menyakitkan. Namun pahamilah terlebih dahulu maksud di balik komentar negatif itu sendiri.

Selain memahami makna, perhatikan juga siapa yang memberikan komentar. Orang yang menyerangmu dengan komentar negatif mungkin saja bermaksud untuk mencuri perhatian atau hanya ingin terlihat cerdas dimata orang lain. Atau bisa juga ia memang merasa terganggu dengan keberadaan kita.

Kita bisa mengatur strategi untuk menghadapi semua komentar negatif yang ditujukkan kepada kita, asalkan kita tidak terburu-buru dalam bertindak dengan memahami maksud kenapa komentar tersebut dilontarkan.

5 Cara Menghadapi Kritikan dan Komentar Negatif

  • Jangan terlalu membela diri

Kita tidak boleh terlalu membela diri jika memang ada komentar buruk yang ditunjukkan pada kita. Namun buktikanlah bahwa semua komentar itu tidak benar. Jika kamu terus meladeninya, tenaga dan pikiranmu bisa terkuras habis oleh sesuatu hal yang sebenarnya tidak penting.

  • Pahami kekuranganmu dan perbaikilah segera

Terkadang orang lain lebih pandai menilai kekuranganmu daripada dirimu sendiri. Oleh karena itu, ia tidak akan segan memberikan kritikan.

Jika kritikan itu memang dirasa benar, cobalah untuk pahami kembali apa saja kekurangan yang ada pada dirimu. Dengan memahaminya, berarti secara tidak langsung kamu telah membuka jalan untuk bisa lebih memperbaiki diri. (Willy/Djavatoday)

5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi kulit kusam bisa juga kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan alami, loh. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang tak luput dari perhatian...

Cara Menenangkan Bayi yang Menangis, Moms Harus Tahu!

Bayi yang menangis bisa saja disebabkan oleh faktor lapar, haus, popok terasa penuh, mengantuk, atau suasana yang membuat ia merasa takut. Penting bagi Moms...

6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pacar Kamu Tiba-tiba Ilfeel

Pacar kamu tiba-tiba ilfeel bisa jadi karena kamu telah memperlihatkan sesuatu yang buruk tanpa disadari. Seiring berjalannya waktu, ada kebiasaan-kebiasaan yang tak lagi bisa...

5 Rekomendasi Kado Valentine, Beri Kesan untuk Orang Tersayang

Rekomendasi kado valentine harus banget nih mulai kamu persiapkan. Pasalnya tanggal 14 Februari atau hari valentine sudah tinggal hitungan hari. Jangan sampai kamu melewatkan...

Terpopuler

Lainnya