Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mengantuk saat bekerja memanglah hal yang wajar dan sering dialami oleh banyak orang. Biasanya hal ini terjadi karena aktivitas begadang di hari sebelumnya atau disebabkan karena melewatkan waktu sarapan akibat terburu-buru saat hendak pergi ke tempat kerja. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa kantuk?

Rasa mengantuk di kantor dapat menurunkan produktivitas dan mengganggu konsentrasi saat bekerja, terutama jika kamu berencana untuk melakukan meeting dengan klien atau mengejar deadline yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa kantuk di kantor yang bisa kamu coba diantaranya :

5 Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor

  1. Mendengarkan murrotal dan kajian ustadz favorit

Dibandingkan dengan mendengarkan musik, akan lebih baik jika kita mendengarkan murrotal. Karena selain berpahala, kita juga bisa ikut memperbaiki hafalan bacaan Al-Quran kita. Mendengarkan bacaan Al-Quran menurut beberapa penelitian juga dapat menenangkan pikiran dan memperkuat ingatan.

Selain mendengarkan murrotal, hal lainnya yang bisa dilakukan untuk melawan rasa kantuk di kantor adalah dengan mendengarkan kajian ustadz favorit. Hal ini berguna untuk menambah pengetahuan kita terhadap suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Mendengarkan kajian juga ternyata dapat mengasah daya ingat dan konsentrasi.

2. Tidur sejenak saat istirahat kantor

Ketika waktu istirahat tiba, setelah menunaikan shalat Dzuhur lebih baik dilanjutkan dengan kegiatan tidur siang sekitar 10-20 menit. Tidur sejenak saat istirahat kantor dapat mengembalikan kesegaran tubuh sehingga kita bisa bersemangat lagi dalam bekerja.

Saat istirahat kita juga disarankan untuk tidak melewatkan makan siang, karena tubuh kita memerlukan banyak energi untuk bekerja.

3. Minum kopi dan mencuci muka

Salah satu cara praktis untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja adalah dengan meminum kopi. Kopi mengandung kafein yang dapat menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, kamu juga bisa pergi ke toilet untuk mencuci muka. Suhu dingin air dapat melawan rasa kantuk dan membuat wajahmu terasa lebih segar.

Tetapi jika kamu tidak terbiasa meminum kopi, sebaiknya kamu minum air putih yang cukup. Selain lebih sehat, air putih juga dapat mencegah dehidrasi.

Mengatasi Rasa Kantuk

4. Hindari menatap layar komputer terlalu lama

Menatap layar komputer terlalu lama akan membuat matamu menjadi terasa berat. Sesekali kamu bisa berjalan-jalan di kantor atau sekedar mengobrol dengan rekan kerjamu sejenak.

Mengambil istirahat beberapa menit di sela-sela pekerjaan dapat menghilangkan rasa kantuk dan membuatmu kembali produktif.

5. Melakukan olahraga ringan

Jika jarak antara rumah dan kantormu tidak terlalu jauh, biasakanlah untuk berjalan kaki atau bersepeda saat hendak pergi ke kantor. Pemanasan yang cukup sebelum bekerja dapat mengurangi rasa kantuk.

Namun jika kamu sudah mulai mengantuk saat bekerja, kamu bisa melakukan olahraga ringan saat di kantor. Kamu bisa melakukan triceps stretch, hamstring stretch, chair squats, dan gerakan olahraga ringan lainnya agar tubuhmu kembali bugar.

Baca juga : Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

Itulah beberapa cara mengatasi rasa kantuk di kantor yang bisa kamu coba. Selain beberapa tips di atas, pastikan kamu juga memiliki waktu tidur yang cukup dan jadwal tidur yang teratur. (Willy/Djavatoday)

5 Tips Memilih Pasangan di Usia Dewasa, Jangan Asal Pilih!

Tips memilih pasangan ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Di usia dewasa tentunya kita menginginkan pasangan yang serius dan bisa diajak menua bersama. Memilih...

4 Keutamaan Idul Fitri; Hari Suci Umat Islam

Keutamaan Idul Fitri menjadi salah satu hal ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di hari yang suci ini menjadi perayaan setelah satu bulan berpuasa. Maka tak...

4 Jenis Parfum Tubuh, Punya Tingkat Ketahanan Masing-masing

Jenis parfum tubuh rupanya ada banyak loh. Seringkali kita mengira semua parfum adalah sama. Padahal mereka memiliki karakternya masing-masing. Beda jenis parfum juga memengaruhi...

5 Jenis Zakat dalam Islam, Gak Hanya Zakat Fitrah!

Jenis zakat dalam Islam ini ada banyak, loh, dan sebagai umat muslim sudah seharusnya kita memahaminya. Dalam agama Islam, zakat adalah salah satu dari...

Terpopuler

Lainnya