Kamis, Juli 18, 2024

Bahaya Kerja di Akhir Pekan, Berikut Dampaknya Bagi Hidup

Bahaya kerja di akhir pekan perlu diperhatikan. Sebab tubuh kita memerlukan istirahat dan recharge. Tubuh anda perlu refreshing setelah 5 hari bekerja di kantor. Agar pada hari senin awal kerja,sudah  bisa beraktivitas dengan normal dan maksimal.

Tapi tidak sedikit yang terpaksa harus bekerja di akhir pekan karena kebutuhan perusahaan tempat bekerja. Dimana yang lain melakukan aktivitas bersama keluarga dengan berliburan. Tapi ternyata perusahaan membutuhkan untuk bekerja.

Baca Juga: Perilaku yang Rentan Menghambat Karier

Bahaya Kerja di Akhir Pekan Dapat Mempengaruhi Kesehatan

Berikut adalah dampak apabila seseorang kerja di akhir pekan tanpa ada libur dalam satu minggu. Terkecuali memang perusahaan memberikan libur di luar akhir pekan secara bergiliran. Karena sejatinya tubuh memerlukan istirahat minimal 1 hari tanpa bekerja.

Rentan stress dan sakit

Bekerja di akhir pekan rentan dapat memicu stress akibat terlalu banyaknya tuntutan dan akumulasi beban dalam bekerja. Selain berpengaruh pada kejiwaan, bekerja di akhir pekan juga dapat menurunkan imun tubuh akibat terlalu lelah dalam bekerja.

Sehingga badan mudah terserang flu, pegal-pegal, dan sakit kepala. Memaksa untuk bekerja di akhir pekan tidak akan benar-benar membuahkan hasil yang maksimal malah akan membuat pikiran dan badan menjadi tumbang.

Menjadi workaholic

Seorang workaholic tak kenal batasan mengenai kapan ia harus beristirahat dan kapan ia harus bekerja. Seorang workaholic beranggapan bahwa dunianya hanya berisi tentang pekerjaan. Workaholic berbeda dengan istilah seseorang yang mencintai pekerjaan. Jadi Ini juga masuk dalam bahaya kerja di akhir pekan.

Orang yang mencintai pekerjaan akan bekerja sama seperti seorang workaholic, namun ia menyadari bahwa kehidupannya bukan cuman tergantung permasalahan dunia kerja saja.

Produktivitas menurun

Bahaya kerja dengan memaksakan diri untuk bekerja di akhir pekan malah akan menurunkan produktivitas. Hal ini disebabkan karena tubuh memberikan sinyal yang berbeda akibat rasa kelelahan dalam bekerja. Jadi lebih baik, isilah weekendmu dengan bersantai seperti yang orang lain lakukan.

Kehilangan me time dan family time

Tubuh seseorang memerlukan waktu untuk dirinya sendiri agar kembali rileks. Untuk itulah kamu memerlukan me time setidaknya seminggu sekali.Waktu me time atau family time akan membuat dirimu bahagia.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Kantuk di Kantor

Rasa bahagia akan memberikan semangat sehingga akan meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja.

Itulah beberapa bahaya jika kamu tetap memaksakan diri bekerja di akhir pekan. Sebagai seorang manusia, alangkah lebih baiknya jika kita tidak terlalu berlebihan dalam suatu hal. Bekerjalah sesuai dengan porsinya dan berikan waktu istirahat terbaik untuk dirimu agar kamu senantiasa bahagia. (Willy/CN/Djavatoday)

7 Jenis Aksesoris Wanita yang Bisa Bikin Kamu Curi Perhatian Banyak Orang

Jenis aksesoris wanita di bawah ini cocok banget buat menunjang penampilan kamu karena mampu mempercantik dengan menyelaraskan busana yang kamu kenakan. Dari ujung kaki...

Tips Memadukan Warna Baju dan Celana Supaya Kelihatan Matching dan Lebih Kece

Warna baju dan celana menjadi poin utama dalam penampilan seseorang. Setiap individu memiliki fashion yang berbeda, style yang beragam, atau cara berpakaian masing-masing. Salah...

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya