Senin, Oktober 25, 2021

7 Tanaman Bunga Indoor yang Mampu Menyaring Udara

Tanaman bunga indoor atau yang diletakkan di dalam rumah, selain bisa memperindah ruangan juga bisa membuat ruangan terasa nyaman. Bahkan diantaranya bisa menyerap senyawa mikro berbahaya sehingga membuat udara menjadi lebih bersih.

Yang perlu diperhatikan adalah selain cukup mendapatkan cahaya, tanaman dalam rumah juga harus ditempatkan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan harus disiram secara teratur. Lalu apa saja tanaman bunga indoor yang mampu menyerap zat berbahaya di dalam rumah? Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Tiga Tanaman Hias Rambat Indoor, Bikin Suasana Rumah Jadi Sejuk

Bunga Anggrek

Tanaman bunga indoor yang pertama adalah bunga Anggrek. Bunga anggrek merupakan bunga favorit bagi semua kalangan. Jenisnya pun ada beberapa macam, yaitu anggrek dendrobium, anggrek yanda dan juga anggrek bulan. Jika diletakkan di dalam rumah, anggrek bisa digantung atau ditanam dalam pot kecil.

Ternyata, selain memperindah ruangan anggrek juga berfungsi sebagai tanaman penyaring udara. Anggrek mampu menyaring polusi zat xylene yang dihasilkan oleh cat dinding di dalam rumah. Bahkan, pada malam hari anggrek juga mampu menghasilkan oksigen.

Bunga Anthurium

Tanaman bunga indoor yang kedua adalah bunga Anthurium. Bunga Anthurium merupakan tanaman hias eksotis yang bisa ditanam di dalam rumah. Ternyata tanaman ini mampu menyaring zat-zat berbahaya seperti toluene, formalin, ammonia dan juga xylene sehingga membuat udara di dalam rumah menjadi lebih bersih.

Selain bisa menyaring udara, bunganya yang berwarna merah terang bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik.

Bunga Azalea

Tanaman bunga indoor yang ketiga adalah bunga Azalea. Selain cantik, bunga Azalea juga mampu menyaring polutan udara di dalam rumah dan memberikan oksigen yang segar. Bunga ini juga mampu memberikan nuansa yang sejuk dan damai.  

Namun yang perlu diperhatikan, jangan meletakan bunga azalea di meja makan atau di dekat dapur, sebab nectar bunga ini bersifat racun sehingga dikhawatirkan hinggap di masakanmu.

Bunga Gerbera Daisy

Tanaman bunga indoor yang keempat adalah bunga Gerbera Daisy. Selain membuat suasana dalam rumah menjadi lebih asri, bunga Daisy juga mampu menyaring udara. Tanaman hias ini mampu menyerap zat trichloroethylene yang dihasilkan dari sabun cucian yang biasa kamu pakai sehari-hari.

Bunga Krisan

Tanaman bunga indoor yang kelima adalah bunga Krisan. Bunga Krisan yang cantik juga bisa menjadi tanaman pembersih udara di dalam ruangan. Bunga krisan mampu menyerap zat ammonia, benzena hingga formalin.

Tanaman hias ini juga memiliki warna-warna cerah yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Bunga Lavender

Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, bunga Lavender juga bisa mengeluarkan zat yang bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Bunga berwarna ungu ini juga bersifat sebagai pembersih udara sehingga membuat udara dalam rumah menjadi lebih bersih.

Bunga Melati

Bunga Melati memiliki wangi khas yang bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks. Cukup letakan bunga Melati di dalam ruangan ber-AC sehingga wanginya lebih semerbak dan bisa bertahan hingga dua hari. Keharumannya mampu mengusir bau tidak sedap dan juga berfungsi sebagai penyaring udara. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU