Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

7 Cara Membangun Rumah Tangga yang Harmonis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mengambil keputusan untuk menikah dan membina rumah tangga menjadi salah satu pilihan terpenting dalam hidup seseorang. Bagaimanapun keadaannya nanti, kamu bersama pasangan akan selalu berusaha untuk selalu menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis dan terhindar dari konflik.

Pertengkaran dalam kehidupan rumah tangga adalah sesuatu yang wajar terjadi. Kamu tidak boleh terlalu khawatir memikirkan hal seperti ini. Asalkan bisa saling kompromi satu sama lain dan tidak membiarkan masalah terlalu berlarut, semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Berikut ada beberapa hal yang harus dipahami agar rumah tanggamu terasa menentramkan dan kian harmonis, diantaranya :

Saling menghormati

Hubungan yang berkualitas ditandai dengan adanya rasa keterbukaan dan sikap jujur terhadap pasangan. Untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis, kamu seharusnya bisa menghormati pendapat pasangan dan menghargai segala kebutuhannya.

Meski terdengar sepele, namun dengan cara menghormati perasaan dan pendapat pasangan yang berbeda dapat memberikan efek yang besar di kemudian hari. Saling menghormati juga merupakan salah satu cara sederhana agar kehidupan rumah tanggamu terhindar dari berbagai macam konflik.

Pentingnya komunikasi

Setelah menikah, sebaiknya kita tidak boleh menutup-nutupi sesuatu atau bersikap tidak jujur terhadap pasangan kita. Hal ini akan menimbulkan kecurigaan yang bisa merusak kepercayaan satu sama lain.

Pada dasarnya sebuah konflik selalu berakar dari miss communication antar sesama. Oleh karena itu demi terciptanya hubungan pernikahan yang sehat, maka dibutuhkan komunikasi yang sehat pula.

Komunikasi yang sehat disini maksudnya komunikasi yang baik dan bersifat terbuka terhadap pasangan. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka masalah yang hadir bisa cepat diatasi.

Baca juga : 12 Karakter Pria yang Harus Dipahami Oleh Wanita

Luangkan waktu bersama pasangan

Jika ada waktu libur, maka ajaklah pasanganmu untuk bepergian ke luar. Buatlah kencan yang romantis atau sekedar jalan-jalan berdua, terlebih jika kamu sudah memiliki banyak anak dengan usia pernikahan yang cukup lama.

Biasakan untuk memiliki quality time bersama pasangan, karena hal ini akan menjadikan kehidupan rumah tangga yang harmonis dan langgeng hingga usia senja.

Saling mendukung satu sama lain

Dukungan dari orang yang dicintai akan berpengaruh besar pada kondisi psikis seseorang. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri, terlebih jika dukungan itu diberikan pada fase tersulit.

Berilah ruang kepada pasanganmu agar ia bisa menjadi dirinya sendiri dan memberikan dukungan penuh atas semua impiannya selama ini.

Saling percaya

Pondasi utama dalam membina kehidupan rumah tangga adalah saling percaya satu sama lain. Jangan sampai merusak kepercayaan yang selama ini telah diberikan oleh pasangan kita, karena rumah tangga yang harmonis sejatinya dibangun atas dasar kepercayaan yang kuat.

Baca juga : 13 Karakter Wanita yang Harus Dipahami Oleh Pria

Biasakan untuk bersikap jujur

Untuk membangun kepercayaan tentunya harus ada kejujuran. Biasakanlah untuk berkata jujur walaupun dalam hal yang kurang enak dibicarakan, misalnya terkait kebiasaan buruk pasangan yang kurang disukai atau semacamnya.

Kejujuran seseorang dapat menentukan sikap lawan bicaranya. Dengan begitu, setiap pasangan akan berusaha memahami keadaan satu sama lain dan berusaha membuatnya nyaman dengan melakukan sesuatu yang diinginkan oleh pasangannya.

Hubungan seks

Keinginan dan kepuasan dalam berhubungan seks mungkin akan menjadi hal yang tabu untuk diperbincangkan. Namun jangan salah, ternyata hal ini perlu didiskusikan agar kita semakin memahami karakter dan keinginan masing-masing. (Willy/Djavatoday)

5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi kulit kusam bisa juga kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan alami, loh. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang tak luput dari perhatian...

Cara Menenangkan Bayi yang Menangis, Moms Harus Tahu!

Bayi yang menangis bisa saja disebabkan oleh faktor lapar, haus, popok terasa penuh, mengantuk, atau suasana yang membuat ia merasa takut. Penting bagi Moms...

6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pacar Kamu Tiba-tiba Ilfeel

Pacar kamu tiba-tiba ilfeel bisa jadi karena kamu telah memperlihatkan sesuatu yang buruk tanpa disadari. Seiring berjalannya waktu, ada kebiasaan-kebiasaan yang tak lagi bisa...

5 Rekomendasi Kado Valentine, Beri Kesan untuk Orang Tersayang

Rekomendasi kado valentine harus banget nih mulai kamu persiapkan. Pasalnya tanggal 14 Februari atau hari valentine sudah tinggal hitungan hari. Jangan sampai kamu melewatkan...

Terpopuler

Lainnya