Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Mengatasi Bad Mood dengan Benar

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Setiap orang pasti pernah merasakan bad mood. Penyebab bad mood bisa bermacam-macam, seperti contoh karena pekerjaan yang membuat stress, terlalu banyak pikiran, ada masalah yang belum terselesaikan ataupun rencana yang tidak berjalan mulus. Lalu bagaimana cara mengatasi bad mood agar kita bisa segera bangkit?

Ketika kamu merasa bad mood, kamu cenderung menunda pekerjaan dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur atau semacamnya. Bahkan ketika kamu tidak bisa mengendalikannya, hal ini akan mengakibatkan kamu jadi kehilangan semangat. Jika terus dibiarkan, perasaan bad mood ini akan membuat hari-harimu menjadi suram dan membuat produktivitasmu menurun.

6 Cara Mengatasi Bad Mood

  • Identifikasi penyebab bad mood

Perubahan suasana hati yang dialami merupakan suatu reaksi yang diakibatkan karena suatu hal. Namun kebanyakan orang berpikir bahwa bad mood itu datang secara tiba-tiba. Padahal seperti yang kita tahu, tidak akan ada akibat kalau tidak ada penyebabnya.

Bisa jadi perasaan bad mood itu muncul akibat akumulasi permasalahan-permasalahan kecil yang kamu hadapi atau karena memang kamu terlalu berpikir secara mendalam.

Cobalah cari tahu apa yang menyebabkan suasana hatimu berubah menjadi buruk. Setelah tahu penyebabnya, kamu harus bisa melawan dan menyelesaikannya sesegera mungkin.

  • Lakukan aktivitas positif yang menyenangkan

Untuk mengubah suasana hati menjadi baik, maka kamu perlu melakukan aktivitas positif yang menyenangkan. Misalnya saja dengan berolahraga, melukis atau membuat kreasi makanan. Intinya perasaan bad mood harus dilawan dengan memberikan stimulus yang positif agar perasaan tersebut tidak berlarut-larut.

  • Berpikir tentang orang yang lebih sulit

Ketika kamu mempunyai masalah yang bisa merubah suasana hatimu menjadi buruk, pikirkanlah sejenak mengenai kondisi orang-orang yang lebih buruk darimu namun mereka tetap bisa bertahan dan tidak menyerah dengan keadaan seperti itu. Dengan cara seperti ini, kamu akan lebih mensyukuri keadaan dan termotivasi untuk bangkit kembali.

  • Luangkan waktu untuk diri sendiri

Ketika kamu mempunyai banyak masalah, maka luangkanlah sedikit waktu untuk dirimu sendiri. Berhentilah sejenak dari rutinitasmu. Pergilah ke tempat yang bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih nyaman, misalnya saja pergi ke daerah pegunungan atau ke taman bermain.

Baca juga : Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kalut
  • Carilah teman untuk sharing

Jika kamu merasa masalah yang kamu hadapi terlalu besar, maka tak ada salahnya kalau kamu mencari teman untuk sharing. Atau jika memang kamu bukan tipe orang yang bisa menceritakan masalah pada orang lain, maka kamu bisa menulisnya dalam buku diarymu.

  • Mendekatkan diri pada Allah SWT

Hal paling penting yang harus kamu lakukan ketika suasana hatimu buruk adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan giat beribadah, membaca doa, berdzikir, dan melakukan amalan lainnya itu akan mampu mengubah suasana hatimu menjadi lebih baik.

Selain itu, obat bad mood yang mujarab lainnya adalah dengan mendengarkan tilawah Al-Quran. Al-Quran akan memberikan ketenangan hati bagi siapa saja yang membaca maupun mendengarkannya.

Urutan Pemakaian Skincare Pagi yang Wajib Kamu Ketahui!

Urutan pemakaian skincare harus dilakukan dengan benar sebagai upaya menjaga kesehatan sekaligus kecantikan kulit wajah. Memakai skincare secara rutin adalah satu hal yang tak...

Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Rekomendasi warna lipstik ini cocok banget buat kamu yang punya kulit sawo matang. Lipstik memang paling penting untuk membuat tampilan make up kamu jadi...

6 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan agar Ibadah Lebih Maksimal

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim. Menjalani puasa di bulan Ramadhan ialah ibadah yang memiliki keistimewaan yang besar....

Tips Membuat Taman Rumah yang Sederhana dan Minimalis

Tips membuat taman rumah pada artikel ini cocok banget nih buat kamu yang lagi kepingin membangun suasana tempat tinggal yang adem. Jika kamu memiliki...
spot_img

Terpopuler

Lainnya