Minggu, Juli 14, 2024

Cara Mengatasi Bad Mood dengan Benar

Setiap orang pasti pernah merasakan bad mood. Penyebab bad mood bisa bermacam-macam, seperti contoh karena pekerjaan yang membuat stress, terlalu banyak pikiran, ada masalah yang belum terselesaikan ataupun rencana yang tidak berjalan mulus. Lalu bagaimana cara mengatasi bad mood agar kita bisa segera bangkit?

Ketika kamu merasa bad mood, kamu cenderung menunda pekerjaan dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur atau semacamnya. Bahkan ketika kamu tidak bisa mengendalikannya, hal ini akan mengakibatkan kamu jadi kehilangan semangat. Jika terus dibiarkan, perasaan bad mood ini akan membuat hari-harimu menjadi suram dan membuat produktivitasmu menurun.

6 Cara Mengatasi Bad Mood

  • Identifikasi penyebab bad mood

Perubahan suasana hati yang dialami merupakan suatu reaksi yang diakibatkan karena suatu hal. Namun kebanyakan orang berpikir bahwa bad mood itu datang secara tiba-tiba. Padahal seperti yang kita tahu, tidak akan ada akibat kalau tidak ada penyebabnya.

Bisa jadi perasaan bad mood itu muncul akibat akumulasi permasalahan-permasalahan kecil yang kamu hadapi atau karena memang kamu terlalu berpikir secara mendalam.

Cobalah cari tahu apa yang menyebabkan suasana hatimu berubah menjadi buruk. Setelah tahu penyebabnya, kamu harus bisa melawan dan menyelesaikannya sesegera mungkin.

  • Lakukan aktivitas positif yang menyenangkan

Untuk mengubah suasana hati menjadi baik, maka kamu perlu melakukan aktivitas positif yang menyenangkan. Misalnya saja dengan berolahraga, melukis atau membuat kreasi makanan. Intinya perasaan bad mood harus dilawan dengan memberikan stimulus yang positif agar perasaan tersebut tidak berlarut-larut.

  • Berpikir tentang orang yang lebih sulit

Ketika kamu mempunyai masalah yang bisa merubah suasana hatimu menjadi buruk, pikirkanlah sejenak mengenai kondisi orang-orang yang lebih buruk darimu namun mereka tetap bisa bertahan dan tidak menyerah dengan keadaan seperti itu. Dengan cara seperti ini, kamu akan lebih mensyukuri keadaan dan termotivasi untuk bangkit kembali.

  • Luangkan waktu untuk diri sendiri

Ketika kamu mempunyai banyak masalah, maka luangkanlah sedikit waktu untuk dirimu sendiri. Berhentilah sejenak dari rutinitasmu. Pergilah ke tempat yang bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih nyaman, misalnya saja pergi ke daerah pegunungan atau ke taman bermain.

Baca juga : Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kalut
  • Carilah teman untuk sharing

Jika kamu merasa masalah yang kamu hadapi terlalu besar, maka tak ada salahnya kalau kamu mencari teman untuk sharing. Atau jika memang kamu bukan tipe orang yang bisa menceritakan masalah pada orang lain, maka kamu bisa menulisnya dalam buku diarymu.

  • Mendekatkan diri pada Allah SWT

Hal paling penting yang harus kamu lakukan ketika suasana hatimu buruk adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan giat beribadah, membaca doa, berdzikir, dan melakukan amalan lainnya itu akan mampu mengubah suasana hatimu menjadi lebih baik.

Selain itu, obat bad mood yang mujarab lainnya adalah dengan mendengarkan tilawah Al-Quran. Al-Quran akan memberikan ketenangan hati bagi siapa saja yang membaca maupun mendengarkannya.

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya