spot_img
Selasa, Agustus 16, 2022
spot_img

16 Alat yang Harus Dibawa Saat Hiking Untuk Pemula

Bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung, menyiapkan peralatan hiking tentu bukanlah hal yang sulit beda bagi para pemula. Terkadang mereka akan bingung harus membawa peralatan apa saja.

Hiking pada umumnya merupakan kegiatan rekreasi outdoor berjalan kaki di rute yang sudah tersedia. Umumnya hiking berdurasi 3 sampai 8 jam. Hiking tidak harus selalu naik gunung. Menyusuri taman nasional, hutan raya, perbukitan, atau menyusuri rute ke air terjun juga bisa disebut hiking.

Berikut peralatan yang harus dibawa saat hiking antara lain :

Ransel hiking atau daypack untuk Pemula

Gunakan ransel hiking atau daypack untuk membawa barang bawaan hiking. Jika tidak sambil berkemah, kamu tidak perlu bawa ransel camping atau carrier yang besar. Biasanya, ransel ukuran 30-40 liter juga sudah cukup. Pastikan juga agar ranselmu kuat dan tidak mudah sobek

Rain cover bag

Rain cover bag, atau cover ransel anti air wajib kamu bawa. Cover ransel sangat berguna untuk menjaga ransel agar tetap kering ketika cuaca sedang hujan.

Dry bag

Alat untuk dibawa bagi pemula untuk hiking adalah menyimpan baju cadangan, peralatan elektronik, atau alat lainnya yang dirasa perlu dimasukan ke dalam dry bag. Setelahnya itu baru s ke dalam ransel. Tujuannya agar tidak basah, jika sewaktu-waktu air merembes ke dalam ransel.

Pakaian yang sesuai untuk hiking

Idealnya kamu memakai baju dengan bahan quick dry, agar lebih mudah kering saat berkeringat nanti. Kamu bisa pakai model kaos/t shirt, ataupun kemeja/flanel.

Baju cadangan

Untuk berjaga-jaga, ada baiknya jika kamu membawa satu baju cadangan. Jika nanti baju basah, kotor, atau sobek, ada baju cadangan yang bisa kamu pakai.

Jaket

Bawa jenis jaket yang ringan dan mudah dilipat namun tetap bisa melindungi saat cuaca dingin atau hembusan angin yang kencang. Idealnya pilih jaket jenis windbreaker saat ingin naik gunung.

Ponco

Selalu sisipkan ponco di dalam ransel. Kamu bisa pilih raincoat atau ponco yang ringan, yang penting kedap air.

Sepatu hiking

Gunakan sepatu yang cocok untuk hiking atau naik gunung. Biasanya sepatu yang cocok untuk hiking memiliki ciri – ciri seperti menutupi mata kaki, memiliki sol yang menggigit, tidak terlalu berat dan tahan gores serta tidak mudah rusak.

Perlengkapan pribadi dan P3K

Bawa juga perlengkapan P3K yang penting. Jika kamu punya obat pribadi yang harus diminum, pastikan untuk membawanya juga. Misalnya inhaler untuk penderita asma.Beberapa perlengkapan P3K dasar yang wajib kamu bawa antara lain : antiseptik atau betadine ukuran kecil, plester luka, kayu putih atau balsam ukuran kecil, tisu dan pembalut (khusus wanita).

Topi hiking, bandana atau buff

Topi berguna untuk melindungimu dari panas teriknya matahari, juga berfungsi untuk menahan angin agar kepalamu tetap hangat.

Pisau lipat dan korek api

Selalu sedia pisau lipat atau multitool semacam Swiss Army. Korek api juga bisa berguna dalam kondisi tertentu.

Flysheet

Flysheet bisa digunakan saat terjebak hujan untuk membuat tenda atau cover darurat. Selain itu bisa dipakai jadi alas istirahat juga.

Botol minum

Bawa botol minum ukuran cukup besar, minimal ukuran 600 ml. Bisa berupa botol palstik biasa, ataupun tumbler.

Snack cadangan

Bawa juga snack cadangan untuk menahan lapar. Sebisa mungkin bawa snack yang jadi asupan energi juga. Misalnya saja coklat bar, cracker, roti, dan sejenisnya.

Lotion anti nyamuk dan sunblock

Jika anda tidak mau kulit hitam atau terbakar sepulang hiking, jangan lupa pakai sunblock. Lotion anti nyamuk juga wajib di bawa.

Powerbank

Ini salah satu item opsional. Jika Smartphone anda memiliki kapasitas batere kecil ada baiknya bawa Powerbank. Powerbank juga berguna kalau gadget yang lain (kamera, gopro, dll) habis baterai ditengah perjalanan. (Willy/Djavatoday)

Mengenal Tipe Kepribadian Manusia, Kamu Tipe yang Mana?

Dalam dunia psikologi, ada 4 tipe kepribadian manusia. Setiap orang pasti memiliki karakternya masing-masing dan inilah yang kita sebut sebagai kepribadian. Kepribadian manusia merupakan...

Tips Merawat Rambut Keriting, Anti Kusut dan Kering!

Tips merawat rambut keriting sebenarnya tak jauh berbeda dengan rambut lurus yang biasanya. Namun, memang ada beberapa poin khusus yang harus lebih Anda perhatikan....

Manfaat Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Jenis-jenisnya

Manfaat tanaman hias indoor ternyata tidak hanya bisa kita lihat dari sisi keindahannya saja. Ada beragam jenis tanaman yang indah dengan manfaat berbeda-beda yang...

Cara Self Healing ala Artis Korea, Ampuh Hilangkan Stres!

Cara self healing setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang menyesuaikan dengan hobinya dan ada pula yang ingin mencoba hal baru atau bereksperimen. Yang paling...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya