Sabtu, April 20, 2024

Resep Martabak Manis Mini, Cocok untuk Camilan Keluarga!

Resep martabak manis mini berikut ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang gemar memasak camilan untuk keluarga. Martabak merupakan makanan yang populer se-Indonesia dengan bahan dasar tepung terigu dan telur. Terdapat dua varian rasa martabak yang biasanya menjadi menu jualan para pedagang gerobakan. Ada varian martabak telur dan ada martabak manis dengan topping yang beragam.

Namun, martabak ternyata tak hanya populer sebagai hidangan untuk kaum dewasa. Makanan yang satu ini juga santer menjadi jajanan yang anak-anak gemari. Mereka menyebutnya sebagai martabak mini.

3 Resep Martabak Mini yang Praktis

Nah, bagi Sobat Djava yang ingin mencoba membuat martabak mini dengan varian manis, kami memiliki rekomendasinya. Berikut adalah 3 resep martabak manis mini yang praktis untuk Anda.

Martabak Mini by @tiara_bumar

Resep martabak manis mini yang pertama datang dari Tiara Bumar. Yuk, siapkan bahan-bahannya seperti berikut ini.

1 butir telur (suhu ruang)

7 sendok makan tepung terigu

1 sendok makan susu kental manis

3-5 sendok makan gula pasir (sesuai selera)

1 sendok teh baking soda

200 mili air

2 sendok makan minyak atau margarin cair

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan wadah dan masukkan gula pasir serta telur, lalu aduk hingga berbusa. Setelah itu, tambahkan tepung terigu, setengah sendok teh baking soda, susu kental manis, dan minyak. Kemudian, masukkan air perlahan hingga adonan halus dan tidak terlalu kental juga tidak terlalu cair. Diamkan adonan dan tutup atasnya dengan plastik selama 15 menit.

Setelah muncul buih-buih, tambahkan lagi setengah sendok teh baking soda dan aduk hingga merata. Panaskan cetakan martabak, kemudian tuangkan adonan secukupnya dan tekan menggunakan sendok hingga terbentuk pinggiran martabak. Jangan lupa untuk olesi cetakan martabak dengan margarin agar tidak lengket. Setelah adonan bersarang dan matang, olesi atasnya dengan margarin dan angkat, lalu tambahkan topping, bisa keju, meses, dll.

Ulangi langkah tersebut hingga adonan martabak habis. Resep martabak manis mini yang pertama pun selesai. Anda bisa langsung menikmatinya bersama keluarga.

Martabak Mini Lipat 

Resep martabak manis mini yang selanjutnya mirip seperti dorayaki, nih, Sobat Djava. Mari siapkan bahan-bahannya seperti berikut ini.

1 butir telur

50 gram gula pasir

150 gram tepung terigu (saring terlebih dahulu)

Vanili bubuk secukupnya

25 gram susu bubuk

1/2 sendok teh soda kue

1/2 sendok teh baking powder

250 mili susu UHT

1/4 sendok teh garam

Pasta pandan secukupnya

Cara membuat martabak yang satu ini juga tak kalah praktis. Siapkan wadah, kemudian masukkan telur, gula pasir, dan vanili. Aduk atau kocok hingga merata dan sedikit berbusa, Anda bisa mengaduk manual menggunakan kocokan telur. 

Selanjutnya, masukkan tepung terigu, soda kue, baking powder, garam, dan susu UHT. Campur dan aduk hingga merata, kemudian teteskan pasta pandan secukupnya hingga adonan berwarna hijau muda. Panaskan teflon atau frypan dan oleskan dengan margarin atau minyak.

Setelah panas, tuangkan adonan martabak satu centong dan biarkan berbentuk bulat seperti pancake. Tunggu hingga berpori, kemudian olesi dengan margarin dan taburkan topping keju atau meses sesuai selera. Berikutnya, lipat martabak dan sajikan di atas piring. Resep martabak manis mini pun selesai.

Martabak Mini ala Jerry MCI 7

Resep martabak manis mini yang satu ini datang dari pemenang MasterChef Indonesia Season 7, yakni Jerry Andrean. Berikut bahan yang harus Anda siapkan.

6 sendok tepung terigu

1 butir telur

1/3 sendok teh baking powder

15 sendok makan susu cair

Vanilla essence

1/3 sendok teh baking soda

1 sendok makan gula pasir

1 sendok makan margarin cair

Cara membuatnya pun tidak sulit. Campurkan semua bahannya perlahan-lahan dan aduk hingga merata menjadi adonan. Setelah itu, siapkan wajan cetakan martabak mini dan panaskan. Tuang adonan ke atas wajan secukupnya kemudian tutup hingga terlihat bersarang. Taburkan gula pasir secukupnya, kemudian tutup kembali hingga mengembung. 

Taburi topping sesuai selera, seperti coklat, meses, kacang, ataupun keju. Setelah matang, angkat dan ulangi hingga adonan martabak habis. 

Itulah 3 resep martabak manis mini yang bisa Anda coba. Jangan lupa masak dengan api kecil, ya. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Resep Nasi Liwet Khas Sunda, Gurih dan Bikin Nagih

Nasi liwet khas Sunda adalah pilihan menu yang tepat untuk disantap, apalagi pada saat berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Nasi yang rasanya gurih-gurih...

Resep Topokki Korea, Bisa disesuaikan dengan Lidah Orang Indonesia

Resep topokki Korea memang tidak pernah ada habisnya. Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan Korea yang paling terkenal. Apalagi untuk kalian para...

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Terpopuler

Lainnya