Minggu, Mei 26, 2024

Resep Mango Sticky Rice dan Tom Yam Goong Khas Thailand

Thailand adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Selain keindahan alamnya, Thailand juga memiliki beraneka macam kuliner yang sudah terkenal hingga mancanegara. Salah satu yang paling sering kita dengar adalah Mango Sticky Rice dan Tom Yam Goong. Ternyata membuat dua hidangan khas Thailand ini tidak susah lho! Berikut resepnya.

Mango Sticky Rice

Bahan :
250 gram beras ketan
200 ml santan
2 lembar daun pandan
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir

Bahan untuk saus santan :
200 ml santan
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 lembar daun pandan
1 sdm maizena, larutkan dengan 3 sdm air

Pelengkap:
2 buah mangga harum manis
2 sdm wijen

Cara membuat :

Cuci bersih beras ketan lalu rendam dalam air selama 2 jam atau lebih. Kemudian panaskan panci dan kukus beras ketan selama 15 menit.
Sambil menunggu, rebus santan dan tambahkan gula pasir, garam dan daun pandan. Masak sampai mendidih dan wangi.

Setelah 15 menit, pindahkan ketan ke dalam mangkok. Setelah itu, siram dengan santan secara bertahap sambil terus diaduk.

Tunggu selama kurang lebih 10 menit hingga santan menyerap, lalu kukus kembali ketan selama 20 menit.

Sambil menunggu ketan matang, siapkan saus santannya. Masukan santan, gula garam, daun pandan dan juga larutan maizena ke dalam panci. Masak sambil diaduk hingga saus santan mengental.

Untuk penyajiannya, cetak ketan dengan mangkok kecil lalu letakan di atas piring. Sajikan dengan potongan buah mangga harum manis. Terakhir, siram dengan saus santan dan taburi dengan wijen yang sudah disangrai.

Baca juga : Resep Tumis Jamur Tiram, Menu Lezat Mudah Dibuat

Tom Yam Goong

Bahan-bahan :

250 gr udang

100 gr jamur enoki

1 batang jamur tiram

2 batang serai

1 ruas lengkuas

2 lembar daun jeruk

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

3 sdm saos ikan

1 sdm pasta cabai

2 batang seledri

3 sdm susu cair

1 buah jeruk nipis

Garam dan cabai secukupnya

Cara membuat :

Cuci bersih semua bahan dan jangan lupa buang kotoran udang di bagian punggungnya.

Iris cabai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, serai, seledri dan juga jamur tiram. Peras air jeruk nipis lalu sisihkan.

Masak air hingga mendidih lalu masukan irisan bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas dan daun jeruk. Tunggu beberapa menit hingga mengeluarkan aroma wangi lalu masukan jamur tiram dan tunngu sampai sampai agak matang.

Masukkan pasta cabai, saos ikan, dan garam secukupnya. Setelah itu masukkan udang dan juga cabai yang telah diiris. Tunggu sampai udang matang lalu masukan seledri.

Matikan api kemudian masukkan susu cair dan perasan air jeruk nipis lalu koreksi rasa. Tomyam Goong yang gurih dan segar sudah siap di hidangkan dengan nasi putih hangat. (Willy/Djavatoday)

Resep Chicken Teriyaki Rice Bowl, Pilihan Menu yang Mengenyangkan

Chicken teriyaki rice bowl merupakan salah satu menu yang direkomendasikan untuk menemani aktivitasmu. Seperti namanya, menu makanan ini menjadikan daging ayam sebagai komposisi utama...

5 Kombinasi Makanan Sehat untuk Menemani Hari-harimu

Kombinasi makanan sehat ini dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih maksimal, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Perpaduan makanan yang menyehatkan ini bisa menjadi...

Resep Olahan Bakso untuk Lauk di Rumah, Bikin Nafsu Makan Bertambah

Resep olahan bakso ini kerap menjadi kreasi para Ibu di rumah. Kalau bicara mengenai bakso, macam-macam ide masakan seketika muncul di pikiran. Sebab bola...

5 Rekomendasi Kafe Bertema Buku, Bookworm Mari Kumpul!

Rekomendasi kafe bertema buku bisa menjadi referensi untuk kamu para pecinta buku yang ingin mencari suasana baru. Nongkrong ternyata tak harus ngopi-ngopi saja sambil...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya