Rabu, Oktober 27, 2021

Kopi Sufi Panjalu, Tempat Ngopi yang Islami

Hallo good people. Kopi sufi panjalu menjadi salah satu tempat ngopi yang wajib dikunjungi. Berada di Kabupaten Ciamis tepatnya di Jl. Raya Simpar, Panjalu sekitar 15 menit perjalanan dari Situ Lengkong.

Kopi sufi disebut sebagai tempat ngopi yang islami. Mengapa demikian? Dapat dilihat dari penamaan tempat ini. Sufi berarti seseorang yang mendalami ilmu tasawwuf. Ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa sudi berasal dari kata “Shafa” yang berarti kemurnian Sehingga kata sufi memiliki makna yang dalam.

Baca juga:

Maka dari sebutan tempat ngopi yang islami ini melekat pada tempat ini. Bukan hanya tempat nongkrong dan ngopi biasa tapu juga untuk berkumpul dan berpikir kritis.

Area Indoor dan Outdoor Kopi Sufi Panjalu

Interior yang nyaman dengan berbagai macam kursi yang disediakan membuat pengunjung dapat memilih tempat mana yang paling nyaman untuk mengobrol.

Selain dari penamaan yang istimewa. Tempat ngopi yang satu ini pun sangat nyaman dan luas. Terdapat tempat indoor dan outdoor untuk dipilih. Bahkan memiliki area bermain yang tentu dapat digunakan oleh pengunjung diantaranya ayunan dan jungkat-jungkit.

Bukan hanga sekedar nongkrong, Kopi Sufi Panjalu ini juga cocok untuk makan malam keluarga. Di area outdoor terdapat beberapa saung yang cukup untuk 4-6 orang. Apabila siang hari pemandangan yang tampak adalah rawa luas dipenuhi rumput hijau. Namun, pada malam hari tidak akan terlihat karena sekitar rawa yang gelap.

Tapi, suasana malam hari di Kopi Sufi Panjalu akan terasa hangat. Bukan hanya kehangatan dari canda tawa orang-orang terdekat. Namun, eksterior yang indah dengan lampu lampu akan menambah kehangatannya.

Area outdoor pun di penuhi dengan beberapa kursi dan meja. Bahkan disana terdapat kursi yang mengarah langsung ke kolam ikan.

Daftar Menu di Kopi Sufi Panjalu.

Memiliki tempat yang nyaman dan indah tidak lengkap tanpa hidangannya. Kopi Sufi menyediakan aneka makanan dan minuman, dari yang ringan seperti cemilan sampai yang berat.

Datang ke tempat ngopi tentu tidak lengkap jika tidak menikmati secangkir kopi. Tersedia hot coffee dan ice coffe dengan varian jenis. Di antaranya kopi sufi lemon, kopi sufi americano robusta, kopi sufi signature, kopi sufi hazelnut, kopi sufi caramel, kopi sufi butterscotch, dll. Harga varian kopi ini dari mulai Rp. 11 ribu sampai Rp. 21 ribu.

Eits, tapi tenang, untuk yang kurang menyukai kopi di sini tentunya disediakan pilihan lain. Di antaranya ada powder based seperti choco royal, choco milo, choco hazelnut, red velvet. Harganya berkisar antara Rp. 12 ribu sampai Rp. 17 ribu.

Di Kopi Sufi Panjalu juga tersalay Tea Based seperti lemon tea, strawberry tea, mango tea, green tea dan Thai tea. Adapula Mojito dengan berapa varian. Harganya dari kedua jenis minuman tadi yaitu Rp. 11 ribu sampai Rp. 14 ribu. Adapula varian yakult dengan harga Rp. 16 ribu.

Selain beragam minuman tadi, tentu ada makanan ringan untuk menemaninya. Diantaranya kentang goreng, sosis goreng, pisang keju, otak-otak, cireng, jagung susu mozarella, dll. Snack tersebut berkisar sekitar Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu.

Untuk makanan lainnya tersedia pasta, roti panggang, roti canai dan ketan susu. Harga berkisar antara Rp. 11 ribu sampai Rp. 15 ribu.

Namun, untuk good people yang ingin makan berat tentu ada beberapa jenis paket yang dipilih. Di antaranya paket Sop Kaki Sapi, paket ayam goreng, chicken katsu+nasi/kentang, nasi ayam kada hitam, dll. Harga berkisar antara Rp. 17 ribu sampai Rp. 25 ribu.

Baca juga : Ciamis Kopi Bis, Cara Lain Menikmati Kopi Sambil Jalan-jalan

Fasilitas di Kopi Sufi Panjalu

Selain pemandangan yang indah, di sini juga tentu sudah disediakan tempat cuci tangan, toilet, mushola dan tempat parkir. Untuk tempat parkir sendiri kalian dapat memilih di depan pintu utama atau di atas dekat area bermain.

Tidak sampai disitu, menurut pemilik dari Kopo Sufi Panjalu ini, tanah yang berada dj belakang Caffe akan dibangun untuk taman baca masyarakat. Sehingga nanti akan semakin ramai orang yang berdatangan. Bukan hanya untuk nongkrong tapi juga untuk belajar.

Nah, gimana good people ? Tertarik gak untuk berkunjung ke Kopi Sufi Panjalu ini? Tapi jangan lupa untuk selalu jaga protokol kesehatan. Stay safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU