spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

7 Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, Unik dan Juga Lezat!

Saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya orang-orang membuat aneka macam kue dan juga hidangan khas Lebaran. Di Indonesia sendiri, orang-orang biasanya membuat ketupat, opor ayam, rendang dan olahan kue-kue kering.

Selain Indonesia, negara lain pun ternyata mempunyai hidangan khas Lebaran lho! Biasanya hidangan ini disajikan pada saat Idul Fitri atau hari besar Islam yang lainnya. Berikut ulasannya.

- Advertisement -

Baca juga : Resep Pisang Gulung Roti, Chicken Salted Egg dan Es Serut Leci

Kue Kleicha dari Arab Saudi

Kue ini merupakan salah satu olahan kue khas Lebaran dari Negara Arab Saudi. Kleicha memiliki isian kurma dan kacang serta beraroma khas bunga mawar

Kue Lebaran yang satu ini mempunyai cita rasa yang manis dan bertekstur lembut sehingga banyak di gemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga para orang tua.

Kue Kahk dari Mesir

Masyarakat Mesir sering membuat kue ini saat perayaan Idul Fitri. Kahk merupakan kue kering yang dibuat dari campuran terigu, gula dan mentega yang diberi isian madu, kurma serta kacang-kacangan. Kue ini di sajikan dengan taburan gula halus pada tahap akhirnya.

Laasida dan Tangine dari Maroko

Masyarakat muslim di Maroko sering menyantap Laasida dan Tangine setelah melaksanakan salat Idul Fitri. Laasida merupakan sejenis makanan yang mirip seperti pudding beras, sedangkan Tangine adalah rebusan daging dan sayuran yang di masak cukup lama.

Tangine umumnya terbuat dari daging ayam. Namun pada saat Lebaran, orang-orang Maroko lebih suka memasaknya dengan menggunakan daging domba.

Sheer Kurma dari India

Sheer Kurma merupakan hidangan khas Lebaran di Negara India, Pakistan dan juga Bangladesh. Hidangan ini  terbuat dari bihun, susu dan campuran kacang-kacangan. Sheer Kurma biasa disantap ketika semua orang telah selesai melaksanakan salat Idul Fitri.

Bolani dari Afghanistan

Bolani merupakan hidangan khas Lebaran yang berasal dari Negara Afghanistan. Hidangan ini merupakan sajian roti tipis yang di beri isian bayam, labu, kentang dan lentil hijau. Bolani biasa dikonsumsi dengan saus yang terbuat dari yoghurt.

Manti dari Rusia

Sekilas, Manti mirip seperti hidangan pangsit isi dari Tiongkok. Bedanya, Manti tersedia dalam berbagai pilihan topping. Umumnya setiap keluarga di Rusia memiliki resep turun-temurun dalam membuat Manti, sehingga memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. (Willy/Djavatoday)

Resep Cumi Hitam Pedas, Kangkung Belacan, dan Es Kiwi Peach Soda

Bagi kamu pecinta seafood, bagaimana kalau hari ini kita membuat menu Cumi Hitam Pedas? Sebagai pendampingnya, kamu bisa menambahkan Kangkung Belacan dan Es Kiwi...

Resep Ayam Geprek, Tumis Kembang Tahu Pedas, dan Es Timun Lemon

Bagi kamu pecinta makanan pedas, pasti kamu bakalan suka menu makanan yang satu ini. Yap, kali ini kita akan membuat Ayam Geprek. Akan lebih...

Resep Kerang Kuah Pedas, Oseng Tempe Buncis dan Ginger Mint Lemonade

Bosan dengan menu makan ayam atau yang lainnya? Kalau begitu, bagaimana kalau kita hari ini coba membuat menu kerang kuah pedas? Akan lebih nikmat...

Resep Ikan Bawal Bakar, Sup Ayam Pedas, dan Es Soda Gembira

Ikan bawal bakar adalah salah satu menu makanan yang banyak disukai orang. Lebih enak lagi kalau ditambah dengan menu sup ayam yang pedas, serta...
spot_img

Terpopuler

Lainnya