Kamis, April 25, 2024

7 Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, Unik dan Juga Lezat!

Saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya orang-orang membuat aneka macam kue dan juga hidangan khas Lebaran. Di Indonesia sendiri, orang-orang biasanya membuat ketupat, opor ayam, rendang dan olahan kue-kue kering.

Selain Indonesia, negara lain pun ternyata mempunyai hidangan khas Lebaran lho! Biasanya hidangan ini disajikan pada saat Idul Fitri atau hari besar Islam yang lainnya. Berikut ulasannya.

Baca juga : Resep Pisang Gulung Roti, Chicken Salted Egg dan Es Serut Leci

Kue Kleicha dari Arab Saudi

Kue ini merupakan salah satu olahan kue khas Lebaran dari Negara Arab Saudi. Kleicha memiliki isian kurma dan kacang serta beraroma khas bunga mawar

Kue Lebaran yang satu ini mempunyai cita rasa yang manis dan bertekstur lembut sehingga banyak di gemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga para orang tua.

Kue Kahk dari Mesir

Masyarakat Mesir sering membuat kue ini saat perayaan Idul Fitri. Kahk merupakan kue kering yang dibuat dari campuran terigu, gula dan mentega yang diberi isian madu, kurma serta kacang-kacangan. Kue ini di sajikan dengan taburan gula halus pada tahap akhirnya.

Laasida dan Tangine dari Maroko

Masyarakat muslim di Maroko sering menyantap Laasida dan Tangine setelah melaksanakan salat Idul Fitri. Laasida merupakan sejenis makanan yang mirip seperti pudding beras, sedangkan Tangine adalah rebusan daging dan sayuran yang di masak cukup lama.

Tangine umumnya terbuat dari daging ayam. Namun pada saat Lebaran, orang-orang Maroko lebih suka memasaknya dengan menggunakan daging domba.

Sheer Kurma dari India

Sheer Kurma merupakan hidangan khas Lebaran di Negara India, Pakistan dan juga Bangladesh. Hidangan ini  terbuat dari bihun, susu dan campuran kacang-kacangan. Sheer Kurma biasa disantap ketika semua orang telah selesai melaksanakan salat Idul Fitri.

Bolani dari Afghanistan

Bolani merupakan hidangan khas Lebaran yang berasal dari Negara Afghanistan. Hidangan ini merupakan sajian roti tipis yang di beri isian bayam, labu, kentang dan lentil hijau. Bolani biasa dikonsumsi dengan saus yang terbuat dari yoghurt.

Manti dari Rusia

Sekilas, Manti mirip seperti hidangan pangsit isi dari Tiongkok. Bedanya, Manti tersedia dalam berbagai pilihan topping. Umumnya setiap keluarga di Rusia memiliki resep turun-temurun dalam membuat Manti, sehingga memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. (Willy/Djavatoday)

Resep Nasi Liwet Khas Sunda, Gurih dan Bikin Nagih

Nasi liwet khas Sunda adalah pilihan menu yang tepat untuk disantap, apalagi pada saat berkumpul bersama keluarga di akhir pekan. Nasi yang rasanya gurih-gurih...

Resep Topokki Korea, Bisa disesuaikan dengan Lidah Orang Indonesia

Resep topokki Korea memang tidak pernah ada habisnya. Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan Korea yang paling terkenal. Apalagi untuk kalian para...

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Terpopuler

Lainnya