Rabu, Oktober 27, 2021

Penyebab Wajah Keriput dan Penuaan Dini, Bikin Gagal Awet Muda!

Penyebab wajah keriput ternyata tidak melulu karena faktor usia yang menuju senja. Mereka yang masih berusia muda terkadang memiliki masalah terhadap wajahnya yang keriput. Ini menandakan bahwa ia mengalami penuaan dini. Hal ini tentu menjadi masalah serius, terutama bagi perempuan, bukan?

Bagi perempuan, wajah adalah aset yang senantiasa dijaga dan dirawat. Anda tentunya ingin memiliki wajah yang terkesan awet muda. Dengan kriteria kulit wajah yang bersinar, kencang, dan tak ada tanda penuaan dini. Namun, waspadalah karena terdapat beberapa kebiasaan sepele yang membuat wajahmu keriput sejak dini sehingga gagal awet muda.

Baca juga:

Ciri-ciri orang yang mengalami penuaan dini di antaranya adalah kulit wajah yang keriput. Ciri lainnya adalah muncul bintik hitam, kulit mengendur, rambut rontok, peradangan pada dada, dan lainnya.

Penyebab Wajah Keriput dan Penuaan Dini

Penasaran apa saja kebiassan yang menjadi penyebab wajah keriput dan penuaan dini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Kurang Asupan Air Putih

Seperti yang telah banyak digaungkan bahwa sekitar 80 persen tubuh kita merupakan air. Oleh karena itu, asupan air dan mineral begitu penting bagi tubuh. Manfaat air putih yang dikonsumsi bisa meregenerasi sel-sel kulit yang mati, terutama pada wajah. Kulit wajah pun akan terlihat kencang dan awet muda.

Sebaliknya, jika Anda jarang meminum air putih, kulit Anda akan kering karena tidak terhidrasi. Akibatnya, kulit akan mudah keriput, tidak berkilau, dan tidak segar. Itulah mengapa kurang minum air menjadi penyebab wajah keriput dan penuaan dini.

Tidur dengan Posisi Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap mungkin dianggap sebagai kebiasaan yang wajar. Padahal kebiasaan yang sepele tersebut bisa mempercepat penuaan dini. Mengapa demikian? Saat tidur dengan posisi tengkurap, otot wajah akan tertarik karena tertindih. Otot wajah yang terlalu lama tertarik akan mengurangi elastisitas kulit wajah.

Sering Minum Menggunakan Sedotan

Penyebab wajah keriput dan penuaan dini yang selanjutnya adalah sering minum menggunakan sedotan. Terlihat sepele, tetapi kebiasaan itu bisa menyebabkan otot mengendur. Ini terjadi karena otot-otot di sekitar bibir dan pipi mengalami pengenjangan. Akibatnya, otot sekitar pipi dan bibir akan mengendur, wajahmu akan terlihat tidak kencang lagi.

Kurang Asupan Antioksidan

Zat antioksidan yang terkandung dalam makanan tak hanya bermanfaat untuk mencegah kanker. Antioksidan juga ternyata bermanfaat penting bagi kulit. Zat penangkal radiasi ini mampu menghambat kotoran yang bisa merusak kulit. Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan, seperti plume, anggur, apel, stroberi, mangga, ceri, jeruk, bluberi, cokelat hitam, dan lainnya.

Masturbasi

Penyebab wajah keriput dan penuaan dini yang berikutnya adalah onani atau masturbasi. Hal yang tabu dan kontroversial ini bisa menyebabkan penuaan dini. Hal tersebut terjadi karena otot di sekitar kemaluan, pipi, dan leher mengalami kontraksi. Bahkan tak jarang mengalami kejang yang bisa membuat Anda terlihat tua, sebaiknya masturbasi memang harus dihindari.

Penyebab Lainnya

Terdapat penyebab lain yang bisa membuat Anda mengalami penuaan dini. Seperti merokok, paparan sinar matahari dan tanning, stress, pola makan dan tidur yang buruk, serta mengonsumsi alkohol. 

Nah, itulah beberapa penyebab wajah keriput dan penuaan dini. Anda bisa mencegah dan mengatasinya dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. Juga gunakanlah tabir surya, hapus riasan sebelum tidur, rutin berolahraga, dan konsumsilah makanan yang bergizi. Perhatikan juga asupan cairan dalam tubuh.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU