Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Saat Puasa

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Apa jadinya jika kamu sedang berpuasa namun tiba-tiba merasa pusing? Tentu kamu tidak akan langsung meminum obat paracetamol seperti biasanya. Pusing pada saat berpuasa bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain mencari tahu penyebabnya agar tidak terjadi lagi di lain waktu, kamu juga harus tahu cara mengatasi pusing saat dalam kondisi berpuasa.

Penyebab pusing saat berpuasa bisa diakibatkan dari faktor dalam maupun luar tubuh. Ternyata kamu bisa mengatasi dan mencegah rasa pusing itu dengan cara yang sederhana. Berikut ulasannya

Baca juga : Bahaya Es Teh untuk Buka Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Perhatikan asupan gizi

Tubuh memerlukan asupan gizi yang seimbang walaupun kamu sedang berpuasa. Oleh karena itu, perhatikanlah asupan makanan saat kamu berbuka atau saat sahur. Pastikan kamu memakan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin.

Maka dari itu, cara mengatasi pusing yang pertama adalah dengan memperhatikan asupan gizi ke dalam tubuh seperti protein, karbohidrat, garam, serat dan juga cairan.

Jangan lewatkan makan sahur

Kamu yang sering melewatkan makan sahur tentunya akan selalu merasakan lemas dan lapar, bahkan juga bisa merasakan pusing yang dapat menghambat aktivitasmu.

Jadi usahakan untuk selalu makan sahur dan pilihlah makanan yang sehat serta cukup untuk mendukung kebutuhan gizi harianmu.

Bahkan menurut hadist, dikatakan bahwa sahur itu sepenuhnya mengandung berkah. Jadi jangan sampai kamu meninggalkannya meski hanya dengan meminum seteguk air.

Penuhi cairan tubuh

Selain mudah merasa haus, dehidrasi juga bisa menyebabkan kamu merasa pusing. Hal ini mudah ditangani jika kamu sedang tidak berpuasa. Cukup dengan meminum beberapa teguk air putih, rasa pusing akan mulai mereda.

Namun lain ceritanya jika kamu sedang berpuasa. Kamu tidak bisa langsung minum sampai waktu berbuka tiba. Oleh karena itu pastikan agar cairan dalam tubuhmu tercukupi setiap harinya.

Waktu tidur yang cukup

Cara mengatasi pusing selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup. Meski sedang tidak berpuasa pun, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh mengalami kelelahan dan juga rasa pusing.

Untuk itu biasakan untuk tidur di awal waktu dan hindari aktivitas begadang jika tidak ada kepentingan. Waktu tidur yang cukup akan membuat badanmu lebih sehat dan bugar.

Hindari kafein

Orang yang terbiasa meminum kopi setiap hari akan merasakan pusing pada saat awal puasa. Hal ini merupakan reaksi dari tubuh akibat konsumsi kafein menjadi terputus. Minum kopi saat sahur juga menyebabkan kamu lebih mudah haus dan dapat memicu rasa pusing. (Willy/Djavatoday)

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...

Manfaat Minum Air Kelapa secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minum air kelapa cukup banyak dan beragam. Dalam segi kesehatan, air kelapa dipercaya mampu menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Air...

8 Manfaat Mengonsumsi Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi singkong rebus dapat meningkatkan stamina karena kandungan karbohidratnya yang melimpah. Selain rasanya yang enak, singkong merupakan sumber serat yang bisa menjadi pengganti nasi....

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah, dijamin Ampuh!

Menurunkan berat badan sudah sering kali dicari, apalagi di kalangan wanita yang sungguh apik akan penampilan. Pasalnya, memiliki berat badan berlebih mempunyai dampak yang...

Terpopuler

Lainnya