Jumat, Mei 31, 2024

Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing Saat Puasa

Apa jadinya jika kamu sedang berpuasa namun tiba-tiba merasa pusing? Tentu kamu tidak akan langsung meminum obat paracetamol seperti biasanya. Pusing pada saat berpuasa bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain mencari tahu penyebabnya agar tidak terjadi lagi di lain waktu, kamu juga harus tahu cara mengatasi pusing saat dalam kondisi berpuasa.

Penyebab pusing saat berpuasa bisa diakibatkan dari faktor dalam maupun luar tubuh. Ternyata kamu bisa mengatasi dan mencegah rasa pusing itu dengan cara yang sederhana. Berikut ulasannya

Baca juga : Bahaya Es Teh untuk Buka Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Perhatikan asupan gizi

Tubuh memerlukan asupan gizi yang seimbang walaupun kamu sedang berpuasa. Oleh karena itu, perhatikanlah asupan makanan saat kamu berbuka atau saat sahur. Pastikan kamu memakan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin.

Maka dari itu, cara mengatasi pusing yang pertama adalah dengan memperhatikan asupan gizi ke dalam tubuh seperti protein, karbohidrat, garam, serat dan juga cairan.

Jangan lewatkan makan sahur

Kamu yang sering melewatkan makan sahur tentunya akan selalu merasakan lemas dan lapar, bahkan juga bisa merasakan pusing yang dapat menghambat aktivitasmu.

Jadi usahakan untuk selalu makan sahur dan pilihlah makanan yang sehat serta cukup untuk mendukung kebutuhan gizi harianmu.

Bahkan menurut hadist, dikatakan bahwa sahur itu sepenuhnya mengandung berkah. Jadi jangan sampai kamu meninggalkannya meski hanya dengan meminum seteguk air.

Penuhi cairan tubuh

Selain mudah merasa haus, dehidrasi juga bisa menyebabkan kamu merasa pusing. Hal ini mudah ditangani jika kamu sedang tidak berpuasa. Cukup dengan meminum beberapa teguk air putih, rasa pusing akan mulai mereda.

Namun lain ceritanya jika kamu sedang berpuasa. Kamu tidak bisa langsung minum sampai waktu berbuka tiba. Oleh karena itu pastikan agar cairan dalam tubuhmu tercukupi setiap harinya.

Waktu tidur yang cukup

Cara mengatasi pusing selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup. Meski sedang tidak berpuasa pun, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh mengalami kelelahan dan juga rasa pusing.

Untuk itu biasakan untuk tidur di awal waktu dan hindari aktivitas begadang jika tidak ada kepentingan. Waktu tidur yang cukup akan membuat badanmu lebih sehat dan bugar.

Hindari kafein

Orang yang terbiasa meminum kopi setiap hari akan merasakan pusing pada saat awal puasa. Hal ini merupakan reaksi dari tubuh akibat konsumsi kafein menjadi terputus. Minum kopi saat sahur juga menyebabkan kamu lebih mudah haus dan dapat memicu rasa pusing. (Willy/Djavatoday)

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol!

Manfaat bawang putih ada banyak loh. Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki...

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk...

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya