Senin, Juni 17, 2024

Suka Makanan Pedas? Hati-Hati! Ini Dia Bahaya Makanan Pedas

Bagi pecinta makanan pedas mungkin menyantap makanan tanpa adanya sensasi pedas rasanya hambar. Semakin pedas rasa makanan justru semakin di gemari. Tapi tahukah kamu bahaya makanan pedas? Kira-kira apa saja? Yuk simak ulasannya.

Sakit Perut

Dibalik enaknya mengonsumsi makanan pedas jika dikonsumsi terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan salah satunya dapat menyebabkan sakit perut. Hal itu disebabkan karena organ pencernaan di perut tidak kuat menahan sensasi pedas dari makanan tersebut. Jika di biarkan hal itu bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih berbahaya.

Maag Akut

Makanan pedas merupakan salah satu pemicu penyakit maag. Mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak dan sering dapat menyebabkan lambung menjadi mudah terluka sehingga rentan terserang penyakit maag. Gejala penyakit maag adalah mual, muntah, dan perut kembung.

Gangguan Usus

Selain lambung, usus merupakan salah satu organ yang rentan terhadap efek makanan pedas. Efek yang di timbukan biasanya seperti nyeri, mual, muntah, diare, bahkan peradangan usus.

Mengurangi Nafsu Makan

Banyak orang beranggapan bahwa makan tanpa makanan pedas rasanya hambar. bahkan makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan dua kali lipat. Namun nyatanya penelitian mengungkapkan sebaliknya. bahwa zat yang terkandung pada cabai dapat menahan rasa lapar.

Sariawan

Bahaya makanan pedas yang satu ini merupakan hal yang sering terjadi jika mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak. Rasa pedas yang berlebihan saat mengunyah dapat mengganggu kesehatan rongga mulut. Hal ini dapat menyebabkan munculnya sariawan di area sekitar mulut yang membuat tidak nyaman saat makan.

Nah, itulah beberapa bahaya makanan pedas. Bagi anda pecinta makanan pedas jangan khawatir. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan saat memakan makanan pedas.

Tips Menjaga Kesehatan Dari Bahaya Makanan Pedas

Hindari Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Jangan berpikir bahwa perut yang kosong berarti perut anda tidak bekerja. Walaupun perut kosong perut anda tetap bekerja dengan menghasilkan cairan asam lambung terus menerus walaupun ada atau tidak adanya makanan yang di konsumsi.

Maka dari itu disarankan bagi anda untuk tidak mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong. Karena menyantap makanan pedas saat perut kosong dapat menyebabkan asam lambung naik yang menyebabkan perut anda sakit.

Perhatikan Porsi Makan

Tips selanjutnya adalah mengatur porsi makan. Bagi anda yang memiliki gangguan pencernaan mengatur porsi makan merupakan hal yang perlu di perhatikan.

Tak hanya bagi yang memiliki gangguan pencernaan bagi orang sehat pun mengatur porsi makan sangat penting. Karena, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Itu dia sedikit tips menjaga kesehatan dari bahaya makanan pedas yang bisa anda lakukan. (Pe/Djavatoday)

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...

Patut diwaspadai! Ini Dia Efek Samping Mengonsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur mentah yang disimpan dengan tidak higienis mempunyai sejumlah risiko berbahaya. Bagi sebagian orang, makan telur mentah sudah menjadi hal yang biasa, pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya