Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Suka Makanan Pedas? Hati-Hati! Ini Dia Bahaya Makanan Pedas

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bagi pecinta makanan pedas mungkin menyantap makanan tanpa adanya sensasi pedas rasanya hambar. Semakin pedas rasa makanan justru semakin di gemari. Tapi tahukah kamu bahaya makanan pedas? Kira-kira apa saja? Yuk simak ulasannya.

Sakit Perut

Dibalik enaknya mengonsumsi makanan pedas jika dikonsumsi terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan salah satunya dapat menyebabkan sakit perut. Hal itu disebabkan karena organ pencernaan di perut tidak kuat menahan sensasi pedas dari makanan tersebut. Jika di biarkan hal itu bisa menimbulkan penyakit lain yang lebih berbahaya.

Maag Akut

Makanan pedas merupakan salah satu pemicu penyakit maag. Mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak dan sering dapat menyebabkan lambung menjadi mudah terluka sehingga rentan terserang penyakit maag. Gejala penyakit maag adalah mual, muntah, dan perut kembung.

Gangguan Usus

Selain lambung, usus merupakan salah satu organ yang rentan terhadap efek makanan pedas. Efek yang di timbukan biasanya seperti nyeri, mual, muntah, diare, bahkan peradangan usus.

Mengurangi Nafsu Makan

Banyak orang beranggapan bahwa makan tanpa makanan pedas rasanya hambar. bahkan makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan dua kali lipat. Namun nyatanya penelitian mengungkapkan sebaliknya. bahwa zat yang terkandung pada cabai dapat menahan rasa lapar.

Sariawan

Bahaya makanan pedas yang satu ini merupakan hal yang sering terjadi jika mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak. Rasa pedas yang berlebihan saat mengunyah dapat mengganggu kesehatan rongga mulut. Hal ini dapat menyebabkan munculnya sariawan di area sekitar mulut yang membuat tidak nyaman saat makan.

Nah, itulah beberapa bahaya makanan pedas. Bagi anda pecinta makanan pedas jangan khawatir. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan saat memakan makanan pedas.

Tips Menjaga Kesehatan Dari Bahaya Makanan Pedas

Hindari Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Jangan berpikir bahwa perut yang kosong berarti perut anda tidak bekerja. Walaupun perut kosong perut anda tetap bekerja dengan menghasilkan cairan asam lambung terus menerus walaupun ada atau tidak adanya makanan yang di konsumsi.

Maka dari itu disarankan bagi anda untuk tidak mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong. Karena menyantap makanan pedas saat perut kosong dapat menyebabkan asam lambung naik yang menyebabkan perut anda sakit.

Perhatikan Porsi Makan

Tips selanjutnya adalah mengatur porsi makan. Bagi anda yang memiliki gangguan pencernaan mengatur porsi makan merupakan hal yang perlu di perhatikan.

Tak hanya bagi yang memiliki gangguan pencernaan bagi orang sehat pun mengatur porsi makan sangat penting. Karena, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Itu dia sedikit tips menjaga kesehatan dari bahaya makanan pedas yang bisa anda lakukan. (Pe/Djavatoday)

5 Penyebab Kulit Kering, Jangan Sepelekan!

Penyebab kulit kering ada beragam dan kamu harus memahaminya untuk dapat mengatasinya. Kulit kering memang menjadi salah satu kondisi yang sering terjadi pada sebagian...

5 Rekomendasi Obat Nyeri Haid: Datang Bulan Lancar, Perut Aman!

Rekomendasi obat nyeri haid berikut ini dapat kamu temukan di apotik atau toko obat lainnya. Datang bulan yang disertai dengan rasa nyeri memang menyerang...

6 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dengan Cepat

Cara mengobati sariawan dengan melakukan pengobatan menggunakan bahan alami ini bisa kamu lakukan di rumah. Umumnya, sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu...

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya