Jumat, Mei 31, 2024

7 Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Permasalahan bibir kering dan pecah-pecah sering dialami banyak orang saat puasa. Hal ini disebabkan karena faktor dehidrasi akibat kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh selama kurang lebih 13 jam berpuasa. Lalu bagaimana tips untuk mengatasi bibir kering saat puasa?

Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah juga dapat membuat penampilanmu terlihat pucat dan kurang bersemangat.

Baca juga : 5 Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Perbanyak konsumsi air putih dan buah yang mengandung banyak air

Agar tubuhmu terhidrasi kembali setelah kehilangan banyak cairan selama berpuasa, maka kamu perlu menggantinya dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

Gunakan metode 2-4-2, yakni dua gelas saat berbuka, empat gelas sepanjang malam dan dua gelas lagi saat sahur.

Kamu juga bisa mengembalikan cairan tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, pir, jeruk dan juga buah yang lainnya.

Hindari minuman berkafein

Selama berpuasa, kamu perlu menghindari minum kopi saat sahur maupun berbuka, karena selain bisa membuat kondisi perut menjadi tidak nyaman, kopi juga dapat membuat kelembapan kulitmu menjadi berkurang.

Jika memang tidak bisa menghindari kopi dengan alasan agar tidak mengantuk saat bekerja, maka batasi konsumsinya sebanyak satu cangkir per hari.

Gunakan madu sebelum tidur

Madu memang memiliki khasiat untuk melembapkan kulit, termasuk bibir. Kamu bisa mengoleskan madu sebelum tidur agar bibirmu terasa halus dan lembut.

Selain bisa mengurangi kondisi bibir kering dan pecah-pecah, madu bisa membuat bibirmu menjadi lebih segar dan merah alami.

Eksfoliasi bibir secara rutin

Kondisi bibir yang kering juga pertanda bahwa sel kulit mati di sekitar area bibir sudah menumpuk dan harus segera dihilangkan. Untuk itu lakukanlah eksfoliasi bibir secara rutin untuk mengatasi bibir kering saat puasa.

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan madu yang dicampur gula. Caranya, oleskan campuran madu dan gula tersebut pada bibir dengan gerakan memutar untuk melakukan scrubbing.

Hindari makanan asin dan pedas

Makanan yang mengandung garam yang tinggi dapat mengikat cairan yang ada di dalam tubuh, sedangkan makanan pedas bisa membuatmu merasa haus sepanjang hari. Untuk itu hindari kedua jenis makanan ini saat berbuka ataupun saat sahur.

Menggunakan lip balm

Cara praktis untuk mengatasi bibir kering saat puasa adalah dengan menggunakan lip balm. Lip balm mengandung vitamin E dan jojoba oil yang berguna untuk melembapkan bibir. Usahakan untuk menggunakan lipbalm yang netral atau yang tidak menggunakan aroma dan rasa buah disaat kamu berpuasa.

Hindari menjilat bibir

Jika selama ini kamu beranggapan bahwa menjilati bibir akan membuatnya terasa semakin halus dan lembap, ternyata itu tidak benar. Air liur akan membuat kondisi bibirmu menjadi semakin kering, karena di dalam air liur terdapat enzim amylase dan maltase yang bisa menipiskan kulit di permukaan bibir. (Willy/Djavatoday)

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol!

Manfaat bawang putih ada banyak loh. Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki...

5 Tips Menjadi Perempuan Mandiri, Tertarik untuk Menerapkannya? 

Menjadi perempuan mandiri di era yang selalu mengedepankan keahlian hingga kapabilitas merupakan satu hal yang patut dibanggakan. Setiap perempuan memerlukan kontrol atas dirinya sendiri,...

4 Style Selebgram Hijabers yang Bisa Jadi Kiblat OOTD

Style selebgram hijabers emang gak pernah gagal memanjakan mata. Di Indonesia ada banyak nih selebgram berhijab yang stylenya gak kaleng-kaleng. Bikin adem dan tetap...

Dampak Terlalu Banyak Memakai Pelembab yang Dapat Merugikan Kulit

Terlalu banyak memakai pelembab dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit wajah. Berbagai masalah kulit dapat disebabkan oleh skin barrier yang rusak akibat over moisturizing....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya