spot_img
Selasa, Agustus 16, 2022
spot_img

6 Tanda Seseorang Memiliki Kondisi Mental yang Sehat

Memiliki kondisi mental yang sehat sangat penting bagi kehidupan seseorang. Namun nyatanya, sebagian orang mengalami masalah kesehatan mental seperti stres, frustasi, depresi, atau bahkan perasaan tidak aman.

Orang yang bermental sehat mampu mengelola stres dan juga emosinya. Di rangkum dalam acara webinar “Mental Health Matters: It’s Ok Not To Be Ok. Let’s Talk!” berikut ini adalah tanda bahwa kamu memiliki kondisi mental yang sehat, antara lain :

Baca juga : 7 Penyebab Komedo Putih Sering Muncul di Wajah

Memiliki rasa aman dan mampu berinteraksi dengan siapapun

Menurut Dosen Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, Sayang Ajeng Mardhiyah, S.P.Si., M.Si, orang yang mempunyai kondisi mental yang sehat memiliki ciri perasaan aman serta mampu berinteraksi dengan dengan orang lain sehingga mampu menjalin relasi dengan siapapun tanpa adanya rasa was-was, kekhawatiran, dan juga rasa takut

Mampu mengatasi permasalahannya

Tanda yang kedua adalah dirinya mampu berpikir realistis dalam mengatasi semua permasalahannya. Hal ini menandakan bahwa mental kamu dalam keadaan stabil.

Belajar dari pengalaman

Ciri yang ketiga adalah mampu belajar dari pengalamannya, sehingga ia bisa mencari solusi atas semua permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya. Dengan belajar dari pengalaman di masa lalu, ia bisa memanfaatkan pengetahuan yang ia dapat dengan cara mempraktikkannya.

Mengetahui apa yang diinginkannya

Seseorang yang mempunyai kondisi mental yang sehat mampu mengetahui apa tujuan atau ambisi yang ingin ia capai dalam hidup. Ia juga mampu menangani segala hambatan yang terjadi.

Memiliki tujuan hidup

Memiliki tujuan hidup adalah tanda kalau seseorang punya mental yang sehat. Dia akan berusaha sungguh-sungguh untuk mencapai tujuannya, baik itu untuk dirinya sendiri maupun masyarakat.

Memiliki perasaan berguna

Berbeda dengan orang yang punya perasaan rendah diri, orang yang sehat mental justru memiliki perasaan yang berguna. Ia mampu mengenali dirinya sendiri serta kelebihan yang ia punya.

Dengan kelebihan tersebut, ia mampu memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan yang ia punya agar berguna bagi banyak orang. (Willy/Djavatoday)

Mengenal Jenis Gangguan Tidur yang Mungkin Sering Kamu Alami

Jenis gangguan tidur merupakan pengelompokan mengenai gangguan-gangguan yang terjadi ketika kamu tidur. Sementara itu, gangguan tidur dapat kita artikan sebagai kelainan pada pola tidur...

Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berbicara Depan Umum

Menghilangkan rasa gugup ketika berada di depan banyak umum memang tidaklah mudah. Terlebih untuk kamu yang memiliki sifat pemalu dan tidak percaya diri, berbicara...

Penuhi Gizi, Ini 6 Makanan Pencegah Stunting pada Anak

Berikut ada beberapa makanan pencegah Stunting yang mudah dan murah. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis yang dapat...

Tips Memilih Hewan Kurban saat Merebaknya Wabah PMK

Tips memilih hewan kurban sebenarnya sederhana, cukup pastikan sehat dan sesuai dengan syariat. Namun, di masa wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) ini, memilih...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya