Senin, Oktober 25, 2021

6 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Kurangi Stres

Di masa pandemi Covid-19 ini tak sedikit orang yang merasa lebih stres dari biasanya. Menurut penelitian American Psychological Association, sebanyak 78% orang Amerika merasa bahwa kondisi pandemi seperti sekarang menjadi sumber stres yang signifikan dalam hidup mereka. Lalu apa saja makanan yang bisa bantu kurangi stres?

Meskipun ada banyak faktor yang bisa memicu stres, kamu bisa melakukan beberapa cara agar emosimu lebih stabil sehingga bisa menghalau stres. Selain melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berolahraga, beberapa makanan  di bawah ini juga dapat mengurangi stres yang kamu alami, berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Makanan Penambah Berat Badan yang Bagus Dikonsumsi

Pisang

Pisang merupakan salahmemiliki kandungan gula dan serat alami untuk menghasilkan energi. Pisang juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang dapat mengurangi stres.  Buah pisang juga kaya akan kalium dan magnesium yang berguna untuk melemaskan otot. Otot yang rileks akan membuat tubuh menjadi rileks.

Bayam

Bayam adalah rajanya sayuran hijau. Bayam memiliki kandungan vitamin B, vitamin C dan magnesium dalam jumlah yang tinggi. Bahan makanan seperti sayuran hijau seperti bayam ternyata bisa membantu kurangi stres. Selain itu bayam juga memiliki tekstur dan rasa yang ringan sehingga cocok dicampurkan ke dalam smoothie, tumis dan juga sup.

Telur

Telur merupakan salah satu sumber vitamin B, vitamin D, kolin dan selenium yang baik bagi tubuh. Selain berguna untuk kesehatan otak, selenium dan kolin juga bisa mengurangi stres.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya olah telur dengan cara direbus. Telur rebus bisa langsung dimakan atau dicampur ke dalam salad sebagai penambah protein.

Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung vitamin B yang bisa mengurangi stres. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga mampu meningkatkan serotonin untuk meningkatkan mood (suasana hati).

Stroberi

Stroberi merupakan buah yang kaya akan vitamin C, antioksidan dan juga serat. Dalam sebuah penelitian, vitamin C terbukti dapat menurunkan kadar kortisol (hormon stress). Kandungan antioksidan yang ada dalam buah stroberi juga mampu meningkatkan daya kognitif otak dan memelihara kesehatan jantung.

Kacang Kenari (Walnut)

Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3, vitamin B dan uridine yang dikenal sebagai antidepresan alami dan bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Kacang kenari juga bahan makanan yang kaya akan protein, selenium dan antioksidan yang membantu kurangi stres.(Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU