Rabu, Juni 19, 2024

5 Cara Mengatasi Flu dan Batuk Pada Anak Saat Mudik

Tahun ini Pemerintah akhirnya memperbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik. Mama sekeluarga pasti sudah tidak sabar untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman. Tetapi akhir-akhir ini cuaca sering tidak menentu. Akibatnya si Kecil mudah terserang flu dan batuk.

Perjalanan yang jauh juga bisa membuat anak kelelahan lho. Hal ini juga bisa menyebabkan si Kecil terserang batuk dan flu akibat sistem imun yang menurun. Tetap tenang dan jangan panic ya! Berikut cara yang bisa Mama lakukan saat si Kecil terserang batuk dan flu saat mudik, antara lain :

Baca juga : 5 Tips yang Bisa Dilakukan Agar Anak Kuat Puasa Seharian, Yuk Coba Perlahan!

Penuhi asupan makanan dan minuman

Jika si Kecil terserang flu dan batuk, mereka butuh makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jadi sebelum mudik, Mama bisa mengantisipasinya dengan memberikan makanan bergizi untuk menjaganya agar tetap sehat, salah satunya dengan memberikan sup ayam kesukaannya.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu mencukupi kebutuhan air dalam tubuhnya agar ia tidak dehidrasi. Selain dengan memberikan air putih, Mama juga bisa membuatkannya jus buah segar setiap hari.

Berikan waktu istirahat yang cukup

Saat mudik, Mama dan keluarga akan menempuh jarak yang cukup panjang. Ketika si Kecil sakit, berikan ia waktu istirahat yang cukup. Jika menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk sesekali berhenti di tempat peristirahatan agar si Kecil bisa menghirup udara segar.

Sedia obat batuk dan flu khusus anak

Pertolongan pertama saat si Kecil terserang batuk dan flu adalah dengan menyediakan obat batuk dan flu khusus anak agar penyakitnya tidak semakin parah.

Jadi sebelum mudik, siapkan perlengkapan obat-obatan untuk antisipasi selama perjalanan.

Usapkan minyak angin atau balsam khusus anak

Saat sedang flu, biasanya si Kecil akan kesulitan bernafas melalui hidung. Untuk itu Mama bisa mengusapkan minyak angin atau balsam khusus anak agar tubuhnya tetap hangat.

Mama juga bisa menyuruhnya untuk menghirup uap dari minyak angin atau balsam untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Berikan suplemen atau vitamin

Pemberian suplemen atau vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar tidak drop. Daya tahan tubuh yang baik mampu mempercepat penyembuhan penyakit dan juga mencegah penularan penyakit. (Willy/Djavatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya