Minggu, Oktober 17, 2021

5 Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

Di situasi pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit sangat penting dilakukan. Apalagi bagi kamu yang masih harus bekerja dan beraktifitas di luar rumah. Salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah sakit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

dr. Dion Heryadi selaku Certified Sport Nutritionist membagikan beberapa tips agar kita bisa menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Vitamin D Mampu Cegah Covid-19, Benarkah?

Mulailah menjauhi kebiasaan yang tidak sehat

Kamu tentunya menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang biasa kamu lakukan sehingga membuat kondisi badanmu kurang fit. Misalnya saja sering begadang, minum kopi berbihan, atau terbiasa makan junk food. Kamu tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini sekaligus dalam waktu yang singkat. Tetapi kamu bisa melakukannya secara perlahan.

Misalnya kamu adalah penggemar minuman bersoda. Kamu pasti bakal kesulitan untuk berhenti mengonsumsi minuman bersoda dalam waktu yang dekat. Daripada menyiksa seperti itu, lebih baik ubah pola pikirmu untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda.

Jika sebelumnya kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda setiap hari, cobalah untuk menguranginya sedikit demi sedikit menjadi 2 hari sekali, dan seterusnya. Hingga pada akhirnya kamu jarang meminum minuman bersoda.

Lakukan kebiasaan sehat yang paling mudah

Dalam menerapkan pola hidup sehat, kita tidak bisa terburu-buru melakukannya. Butuh waktu untuk beradaptasi sehingga kebiasaan itu bisa dilakukan secara konsisten dan pada akhirnya dikembangkan menjadi kebiasaan yang lebih baik lagi.

Mulailah dari kebiasaan sehat yang paling mudah, seperti membiasakan untuk berjalan kaki. Jika kantor tempat kamu bekerja jaraknya lumayan dekat, lebih baik biasakan pergi ke kantor dengan bersepeda atau jalan kaki. Tubuhmu harus dibiasakan untuk selalu bergerak agar lebih sehat.

Pilihlah makanan yang tepat

Meskipun pekerjaanmu termasuk pekerjaan yang berat, bukan berarti kamu harus banyak makan. Saat kamu menerapkan pola hidup sehat, tentunya menu makananmu harus mempunyai gizi yang seimbang. Usahakan untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur setiap hari agar kebutuhan serat dan vitamin harianmu terpenuhi.

Beri penilaian untuk setiap kebiasaan

Salah satu hal penting dalam menerapkan pola hidup sehat adalah pencapaian target. Untuk itu kita harus tahu jelas apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target itu. Mulailah mengkategorikan beragam kebiasaan sehat yang ingin kamu lakukan dan berilah nilai untuk setiap kebiasaan.

Kamu bisa memberi nilai 1 untuk kebiasaan sehat yang paling mudah dan nilai 10 untuk kebiasaan sehat yang paling susah dilakukan. kemudian berilah target untuk diri sendiri agar bisa melakukan kebiasaan sehat hingga di atas nilai 8. Dengan begitu, diharapkan setiap orang dapat memulai kebiasaan baru yang lebih sehat dengan semangat. (Willy/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU