Selasa, Juli 23, 2024

10 Pantangan Makanan dan Minuman Saat Promil

Ketika seorang perempuan melakukan program kehamilan, ia harus memperhatikan asupan makanan bagi kesehatan pribadi maupun untuk kesehatan calon anaknya. Calon mama harus mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari beberapa pantangan makanan dan minuman saat promil.

Ternyata, bagi kamu yang sedang mencoba untuk menjadi seorang mama, ada beberapa makanan sehat yang justru bisa menurunkan peluang untuk mendapatkan keturunan. Jika sekarang masih kamu konsumsi, tentunya dengan berat hati kamu harus meninggalkan makanan tersebut mulai dari sekarang. Berikut ulasannya :

Protein hewani yang masih mentah

Makanan pertama yang harus kamu hindari adalah daging mentah dan juga seafood yang tidak dimasak terlebih dahulu. Bakteri salmonella yang ditemukan dalam makanan ini dapat menyebabkan diare, kram perut, muntah hingga demam.

Selain itu ada juga bakteri coliform yang bisa menyebabkan infeksi pada usus hingga pembengkakan kelenjar limfa. Semua elemen bakteri ini sangat membahayakan bagi janin karena dapat menginfeksi area plasenta.

Kafein, Alkohol dan Rokok

Konsumsi kopi yang berlebihan pada laki-laki bisa berdampak negatif pada DNA air mani. Sedangkan pada perempuan, konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan infertilitas karena dapat mengganggu kontraksi otot tuba fallopi sehingga menyulitkan sel telur untuk pindah ke tempat yang tepat untuk pembuahan.

Sementara itu, alkohol sudah dikenal sebagai minuman yang bisa merusak kesehatan tubuh. Alkohol mampu menyerap semua vitamin B dalam tubuh sehingga bisa menurunkan peluang bagi seorang perempuan untuk hamil.

Rokok juga jelas berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, hindari lingkungan yang penuh dengan asap rokok agar kamu tidak menjadi perokok pasif.

Donat

Pantangan makanan saat promil selanjutnya adalah donut. Kandungan gula dalam donat dapat menyebabkan diabetes. Diabetes bisa menyebabkan perkembangan janin yang buruk.

Makanan manis ini juga tinggi karbohidrat dan lemak trans yang bisa meningkatkan tekanan darah dan juga menyebabkan ketidakstabilan hormon. Hormon yang tidak stabil akan mengganggu proses ovulasi pada tubuh wanita.

Popcorn

Walaupun enak, ternyata popcorn termasuk makanan yang harus dihindari saat kamu menjalankan promil. Lapisan kemasan popcorn mengandung unsur kimia sintetis yang disebut asam perfluorooctanoic atau yang dikenal sebagai PFOA.

PFOA ini bisa meningkatkan risiko infertilitas hingga 70% pada perempuan. Kandungan garam yang tinggi dalam popcorn juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Junk Food

Junk food adalah pantangan makanan saat kamu sedang promil. Mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Obesitas itu sendiri juga dapat mengakibatkan efek tekanan darah tiggi yang dapat mengganggu perkembangan janin dan bisa menyebabkan infertilitas.

Nasi putih

Nasi putih memiliki indeks glikemik tinggi sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan juga bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang promil ada baiknya untuk beralih ke nasi merah yang memiliki indeks glikemik rendah serta mengandung banyak serat dan nutrisi.

Keju yang tidak dipasteurisasi

Di dalam keju yang tidak dipasteurisasi masih terdapat bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit dan sangat buruk bagi perkembangan janin hingga meningkatkan risiko keguguran.

Selain itu keju seperti ini mengandung listeria yang bisa menyebabkan sakit kepala, kejang bahkan kehilangan keseimbangan. Contoh keju yang tidak dipasteurisasi adalah keju kambing, feta, keju biru, Brie, Roquefort, Camembert, dan Gorgonzola.

Produk susu tertentu

Produk susu rendah lemak kemungkinan mengandung hormon androgen. Ketika seorang perempuan mengonsumsi produk susu rendah lemak, dia akan lebih banyak memasok hormone androgen ke dalam tubuhnya. Kelebihan hormon androgen dalam tubuh dapat menganggu keseimbangan hormon estrogen.

Hentikan makan karbohidrat secara berlebihan

Makan mie dengan nasi, makan nasi dengan bihun atau makan nasi dengan kentang adalah contoh makanan karbo yang dikonsumsi secara berlebihan. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi akan meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga memicu diabetes, kegemukan dan juga serangan jantung. Risiko-risiko kesehatan seperti ini dapat mempengaruhi pada tingkat kesuburan.

Kacang polong kemasan

Kacang polong pada dasarnya membawa banyak manfaat bagi kesehatan, namun ternyata  didalamnya terkandung bahan kimia alami yang disebut m-xylohydroquinone yang bertindak sebagai kontrasepsi alami. Untuk itu jangan konsumsi kacang polong secara berlebihan apalagi kacang polong yang dikemas dalam kaleng. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 9 Pilihan Buah untuk Balita yang Bagus Dikonsumsi

Tips Melancarkan Haid, No Sakit-sakit Lagi!

Tips melancarkan haid bisa bermanfaat untuk kamu yang baru saja mengalami fase menstruasi atau sering mengalami sakit saat menstruasi.

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya