Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis.

Penipu tersebut menyervis timbangan dan meminta imbalan Rp 200 ribu dengan garansi seumur hidup.

Seperti yang terjadi di Dusun Pari, Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Pelaku mengaku sebagai petugas tera timbangan mendatangi sebuah warung. Kemudian menyervis timbangan dengan meminta imbalan Rp 200 ribu.

Korban, seorang pedagang warung merasa percaya dengan petugas tersebut dan membayar Rp 200 ribu. Korban percaya karena melihat logo Pemda Ciamis pada surat yang bertuliskan GRT (Gabungan Reparatir Timbangan).

Diskominfo Ciamis pun telah menginformasikan aksi penipuan itu melalui media sosial Instagram. Diharapkan warga waspada dan tidak jadi korban selanjutnya.

Kepala Bidang Perdagangan DKUKMP Ciamis, Asep Sulaeman menyatakan Pemkab Ciamis tidak mengeluarkan surat tersebut, apalagi berlaku seumur hidup.

Menurutnya, berdasarkan Permendagri nomor 68 tahun 20218, tera ulang harus dilaksanakan setahun sekali. Apabila tidak melakukan tera ulang timbangan maka bisa dijerat pidana.

“Jadi itu penipuan, yang mengatasnamakan reparatir. Memang reparatir merupakan pihak ketiga yang bekerja sama dengan kita, tapi sudah dibekali diklat dan bersertifikat. Kalau itu penipuan bukan anggota kita,” tegas Asep, Kamis (22/2/2024).

Asep menyebut kejadian penipuan yang mengatasnamakan petugas tera ulang bulan terjadi kali ini saja. Menurutnya, tahun-tahun sebelumnya juga pernah terjadi.

“Kejadiannya hampir setiap tahun ada. Makanya kami sudah membuat edaran disampaikan ke desa untuk diteruskan ke masyarakat untuk hati-hati supaya tidak ada korban selanjutnya. Bila ditemukan pelakunya secepatnya lapor ke kepolisian,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya